Thyra Dannebod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Interpretasi Agustus Carl Vilhelm Thomsen Thyra mengabarkan suaminya Gorm Tua berita kematian putra mereka, Knud
Gambaran Thyra Dannebod oleh Lorenz Frølich dari Dannevirke.

Thyra, juga dikenal sebagai Thorvi atau Thyre,[1] merupakan istri Raja Gorm Tua dari Denmark, Raja Denmark pertama yang diakui secara historis, yang memerintah dari sekitar tahun 936 sampai kematiannya pada sekitar tahun 958.

Fakta sejarah dan ketidakpastian[sunting | sunting sumber]

Dia diyakini memimpin pasukan melawan tentara Jerman. Gorm dan Thyra adalah orang tua dari Raja Harald Bluetooth.

Sementara Gorm Tua telah meremehkan julukannya, istrinya Thyra disebut sebagai wanita yang sangat berhati-hati. Saxo Grammaticus menulis bahwa Thyra terutama bertanggung jawab untuk membangun Danevirke di perbatasan selatan, tetapi arkeologi telah membuktikannya jauh lebih tua, dan peran Thyra adalah untuk memperpanjangnya.[2]

Thyra meninggal sebelum Gorm, yang mendirikan sebuah batu peringatan untuk Thyra di Jelling, yang menyebut dia sebagai "Kebanggaan Denmark" atau "Hiasan dari Denmark" (bahasa Denamrk kuno: tanmarka tapi, Modern Denmark: Dannebod). Gorm dan Thyra dimakamkan di bawah salah satu dari dua gundukan besar di Jelling, dan kemudian pindah ke gereja Kristen pertama di sana. Hal ini dikonfirmasi ketika sebuah makam yang berisi jenazah mereka digali pada tahun 1978 di bawah ujung timur gereja ini.

Batu runic untuk Thyra, sisi belakang

Beberapa catatan Thyra terlambat, kontradiktif dan kronologis meragukan. Saxo menamai ayahandanya sebagai Ethelred, Raja Inggris (biasanya diidentikkan dengan Æthelred dari Wessex), tetapi keterangan tentang saudaranya sebagai Æthelstan menunjukkan bahwa yang dia maksud adalah Edward Tua, meskipun tidak ada anak perempuan semacam itu yang masuk dalam daftar rinci anak-anak Edward yang bertahan. Jómsvíkinga saga dan Heimskringla Snorri mengatakan ayahandanya adalah seorang raja atau jarl dari Jutlandia atau Holstein disebut Harald Klak.

Tradisi juga mengatakan bahwa sebelum Thyra menyetujui untuk menikahi Gorm, dia berkeras agar dia membangun rumah baru dan tidur di dalamnya selama tiga malam pertama musim dingin dan memberinya cerita tentang mimpinya pada malam-malam itu. Mimpi-mimpi itu diceritakan pada perjamuan kawin dan tercatat, meniru mimpi Firaun yang telah ditafsirkan oleh Yusuf dalam Kejadian. Dalam mimpi pertama, tiga ekor babi hutan putih keluar dari laut, makan di rumput, dan kembali ke laut. Pada kedua, tiga babi hutan merah keluar dari laut, dan melakukan hal yang sama. Dalam mimpi ketiga, tiga ekor babi hutan dengan taring besar melakukan hal yang sama, tapi ketika mereka kembali ke laut, terdengar gelombang ombak yang deras yang kembali ke tanah sehingga suara bising terdengar di seluruh Denmark.

Batu runic untuk Thyra, sisi depan

Penafsiran Thyra adalah bahwa ketiga babi hutan putih itu mewakili tiga musim dingin yang sangat dingin dan bersalju yang akan membunuh "semua buah tanah." Babi hutan merah berarti akan ada tiga musim dingin yang ringan, sedangkan babi hutan dengan gading menunjukkan bahwa akan ada perang di darat. Suara nyaring saat ombak laut berguling kembali ke tepian Denmark berarti "orang-orang hebat akan datang ke tanah dengan peperangan hebat, dan banyak hubungannya pasti akan ikut andil." Dia mengatakan bahwa seandainya dia memimpikan babi hutan dan ombak yang terburu-buru malam pertama, dia tidak akan menikahinya, tapi sekarang, karena dia bersedia memberikan saran, akan ada sedikit luka dari perang tersebut.[3]

Asteroid 115 Thyra dinamai untuk menghormatinya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Kapal batu Jelling

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Saxo Grammaticus: The History of the Danes Vol II. Davidson, Hilda Ellis and Fisher, Peter. (1980) D. S. Brewer: Cambridge
  • Salmonson, Jessica Amanda. (1991) The Encyclopedia of Amazons. Paragon House. Page 251. ISBN 1-55778-420-5

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sawyer, Birgit.
  2. ^ National Museum of Denmark (Nationalmuseet).
  3. ^ Rason, Ernest (1913–1914). "Thyra, the Wife of Gorm the Old: Was She English or Danish?" (PDF). Saga-Book of the Viking Society. 8: 288. Diakses tanggal 22 November 2016. 
Thyra Dannebod
Lahir: abad ke-10
Didahului oleh:
tdk diketahui
(Permaisuri)
Permaisuri Denmark
(Permaisuri)
900–935
Diteruskan oleh:
Gyrid Olavsdatter
(Permaisuri)