Goi dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Goi dari Baekje (?-286, bertahta tahun 234-286) adalah raja kedelapan dari Kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia adalah putra kedua dari raja keempat Baekje, Gaeru dan saudara termuda dari raja kelima Chogo.

Goi dari Baekje
Hangeul 고이왕
Hanja 古爾王
Alih Aksara yang Disempurnakan Goi-wang
McCune–Reischauer Koi-wang

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian raja keenam Gusu, putra tertua Gusu Saban menjadi raja, namun terbukti terlalu muda untuk memerintah. Goi menggulingkan Saban dan menjadi raja.

Beberapa sarjana menterjemahkan catatan Korea, riwayat Samguk Sagi dan Samguk Yusa berarti bahwa Goi merupakan adik lelaki dari ibu Raja Chogo, mengandung arti ia berasal dari garis keturunan Utae - Biryu, dibandingkan daripada keturunan langsung secara tradisional pendiri yang diakui, Onjo.

Catatan Cina Buku Zhou (周書) dan Buku Sui (隋書) mengacu kepada "Gutae" sebagai pendiri Baekje, dan beberapa pelajar percaya bahwa "Gutae" sebenarnya mengacu pada Goi sebagai pendiri kerajaan.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Goi secara umum dikreditkan dengan pemusatan kerajaan Baekje, mengkonsentrasikan kekuatan kerajaan dan meletakkan dasar struktur negara.

Segera setelah merampas tahta, ia mendirikan sebuah pusat kantor militer untuk menahan kemerdekaan klan daerah. Di dalam riwayat Samguk Sagi juga mencatat bahwa pada tahun 260, ia mendirikan sebuah pusat birokrasi 6 menteri, 6 tingkatan rankingm dan kode gaun, meskipun sistem penuh tersebut sudah komplet setelah pemerintahannya (see, e.g., Best (2002)).

Pada tahun 262, ia dikabarkan telah membuat peraturan yang menentang penyuapan, membuat pejabay yang korup membayar 3 kali jumlah suapan. Ia juga memerintahkan penanaman lahan pertanian di bagian selatan ibukota.

Hubungan Luar negeri[sunting | sunting sumber]

Dibawah pemerintahan Goi, Baekje mengembangkan kontrol di wilayah Sungai Han dan memperoleh kekuasaan permanen atas sisa-sisa negara Mahan, sebuah konfederasi longgar di barat daya Semenanjung Korea. Ia juga menyerang perbatasan dari saingan Baekje di bagian timur, Silla.

Baekje juga mengubah posisi defensif terhadap rakyat China terhadap serangan. Goi menyerang kontrol Cina komander Lelang dan komander Daifang ketika Cina melancarkan serangan melawan wilayah Sungai Han untuk mengacaukan dan menghindari kekuatan Baekje yang muncul. Pada tahun 246 menurut baik riwayat Korea Samguk Sagi dan riwayat Cina Wei Zhi, Baekje pergi berperang melawan komanderi Daifang dan komanderi Gubernur, Gong Zun dibunuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]