Biryu dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Biryu dari Baekje (?-344, bertahta pada tahun 304-344) adalah raja kesebelas kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Menurut Samguk Sagi, ia adalah putra kedua raja keenam Baekje Gusu dan saudara termuda dari raja ketujuh Baekje, Saban. Namun sejak hal ini akan membuatnya memerintah paling sedikit sampai ia berusia 110 tahun, sejarawan modern umumnya menganggap bahwa Biryu sebenarnya adalah putra atau cucu adik lelaki Saban.

Biryu dari Baekje
Hangeul비류왕
Hanja比流王
Alih Aksara yang DisempurnakanBiryu-wang
McCune–ReischauerPiryu-wang

Setelah raja yang sebelumnya Bunseo dibunuh oleh agen Cina, Biryu mewarisi tahta karena putra-putra Bunseo masih terlalu muda untuk memerintah. Ini tampaknya menjadi bagian dari perselisihan kekuasaan antara 2 cabang dari keluarga kerajaan Baekje, keturunan raja kelima Chogo (leluhur Biryu) dan raja kedelapan Goi.

Pada tahun 312, ia menunjuk Hae Gu sebagai kepala militer. Pada tahun 327, ia menghentikan pemberontakan yang dilakukan oleh adik tirinya U Bok. Pada tahun 337, ia menerima sebuah misi dari tetangganya, Silla.

Sejarawan Jepang mencurigai Biryu, seperti Saban, sebagai nenek moyang dari bangsawan tertentu periode Yamato Jepang. Setiap catatan silsilah entah tidak ada atau telah hilang/musnah selama lebih dari seribu tahun.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]