Samgeun dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Samgeun dari Baekje (465?-479, bertahta tahun 477-479) adalah raja kedua puluh tiga Kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Menurut riwayat Samguk Sagi, ia adalah putra tertua dari raja kedua puluh dua Munju.

Samgeun dari Baekje
Hangeul삼근왕, 삼걸왕, 임걸왕
Hanja三斤王, 三乞王, 壬乞王
Alih Aksara yang DisempurnakanSamgeun-wang, Samgeol-wang, Imgeol-wang
McCune–ReischauerSamgǔn-wang, Samgŏl-wang, Imgŏl-wang

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 475, kerajaan Korea di bagian utara, Goguryeo memaksa ibu kota Baekje yang sekarang adalah wilayah Seoul ke Ungjin (dekat yang sekarang Gongju), dan istana Baekje telah banyak kalah berkuasa dari aristokrasi. Di antara aristokrasi, klan-klan dari lokal konfederasi Mahan, yang dikuasai oleh Baekje dan direbut sebelumnya, mendapatkan kekuatan klan tradisional keturunan dari kerajaan utara negara Buyeo.

Di tengah-tengah ketidakstabilan ini, ketua jenderal Hae Gu mengambil kontrol militer dan setelah kematian putra Munju (adik Samgeun) Gonji pada tahun 477, menerapkan pemerintahan yang efektif di segala penjuru negara.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Samgeun hanya berusia 13 tahun ketika ia mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya. Karena ia tidak cocok untuk mengawasi militer, pasukan tetap diawasi oleh Jenderal Hae Gu, yang menjaga kontrol aktual politik.

Pada tahun 478, Hae Gu diganggu oleh kekacauan umum atas pemberontakan yang dipimpin oleh Yeon Sin, yang berbasis di Kastil Daedu. Samgeun pertama-tama mengirimkan bangsawan Jin Nam untuk merebut kastil tersebut dengan 2,000 orang pasukan, tetapi ia gagal. Ia kemudian mengutus Jin Ro untuk meredakan pemberontakan tersebut dengan 500 orang pasukan, kemudian Yeon Sin melarikan diri ke Goguryeo. Dengan kejadian ini, klan Jin mendapatkan kekuatan hebat di Baekje.

Pada tahun berikutnya, Samgeun wafat dan digantikan oleh putra Gonji.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]