Jinsa dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jinsa dari Baekje (?-392, bertahta tahun 385-392) adalah raja keenam belas kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia memerintah dari tahun 385 hingga tahun 392.

Jinsa dari Baekje
Hangeul진사왕
Hanja辰斯王
Alih Aksara yang DisempurnakanJinsa-wang
McCune–ReischauerChinsa-wang

Ia merupakan adik dari raja sebelumnya, Raja Chimnyu. Menurut riwayat Samguk Sagi, ia naik keatas tahta karena pewaris, yang kemudian Raja Asin, masih terlalu muda. Namun, menurut riwayat Jepang Nihon Shoki ia merebut tahta secara paksa.

Ia memerintahkan beberapa serangan melawan Goguryeo, yang berkembang di wilayah Baekje dari utara. Pada tahun 386, ia memerintahkan semua pria yang tinggal di Cheongmongnyeong (yang sekarang Kaesong), di atas usia 15, untuk pindah ke utara dan timur untuk mempertahankan perbatasan. Ia mengirim bangsawan Jin Gamo untuk menyerang Goguryeo Kastil Dogon, yang dikuasai. Namun, pada tahun 392 Raja Gwanggaeto dari Goguryeo membalas serangan tersebut dan merampas hampir seluruh wilayah Baekje di bagian timur Sungai Han. Pada bulan kesepuluh tahun itu, pasukan Goguryeo merebut Kastil Gwanmi dan mengancam istana Baekje.

Menurut riwayat Samguk Sagi, Jinsa wafat ketika berburu di istana satelit di Guwon. Menurut Nihon Shoki, ia dibunuh oleh pendukung Asin.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]