Jeonji dari Baekje

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jeonji dari Baekje (?-420, bertakhta tahun 405-420) adalah raja kedelapan belas kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea.

Jeonji dari Baekje
Hangeul전지왕, 직지왕, 진지왕
Hanja, ,
Alih Aksara yang DisempurnakanJeonji-wang, Jikji-wang, Jinji-wang
McCune–ReischauerChǒnji-wang, Chikchi-wang, Chinji-wang
Nama lahir
Hangeul여영
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanYeo Yeong
McCune–ReischauerYŏ Yŏng

Sebagai putra sulung, ia dikonfirmasikan sebagai pewaris King Asin, pada tahun 394. Ratunya adalah Lady Palsu dari klan Hae.

Jeonji menghabiskan masa mudanya di Kerajaan Wa dari Yamato Jepang sebagai seorang tawanan, ia pergi ke sana pada tahun 397. Setelah kematian ayahnya, ia kembali pulang dan menemukan bahwa pamannya, Seollye, telah membunuh Hunhae, saudara Asin yang lain, dan merebut takhta. Hae Chung, seseorang dari Hanseong, memperingatinya untuk tidak memasuki ibu kota. Tak lama setelah itu, Seollye terbunuh dan Jeonji ditunjuk menjadi raja. Barangkali karena rasa berterima kasih akan hal ini, Jeonji menunjuk beberapa anggota dari klan Hae sebagai menteri, dan juga menikahi Lady Palso yang berasal dari klan Hae. Hal ini mengakhiri hubungan dekatnya dengan keluarga kerajaan, klan Jin.

Tanggal tradisional masa pemerintahan Jeonji berdasarkan riwayat Samguk Sagi. Atas dasar catatan Cina yang lebih kontemporer, Yang terbaik (1979) mengusulkan bahwa tahun 405–414 lebih masuk di akal.

Menurut riwayat Samguk Sagi, pada tahun 406 Baekje mengirimkan misi upeti ke istana Cina Jin Timur. Misi yang dikatakan untuk yang pertama kalinya disebutkan di dalam lebih dari 20 tahun, dan yang dapat diindikasikan bahwa negara tersebut lebih terlindungi dalam melawan Goguryeo. Ini adalah suatu hal yang khas untuk mengirim seperti seorang duta besar untuk menginformasikan istana Cina bahwa seorang raja baru saja mengambil alih kekuasaan. Namun, kunjungan tersebut tidak dikonfirmasikan oleh sumber dari Cina. Pada tahun 416 Jin mengirimkan seorang utusan untuk menjamin gelar "Jenderal stabilisasi Timur" kepada Jeonji (Yeo Yeong).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Best, J.W. (1979). "Notes and questions concerning the Samguk sagi's chronology of Paekche's kings Chonji, Guishin, and Piyu". Korean Studies 3, 125–134.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]