Samguk Yusa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Samguk Yusa
Hangeul 삼국유사
Hanja 三國遺事
Alih Aksara yang Disempurnakan Samguk Yusa
McCune–Reischauer Samguk Yusa

Samguk Yusa (三國遺事, Riwayat Tiga Kerajaan) adalah catatan mengenai legenda, cerita rakyat, dan sejarah dari Tiga Kerajaan Korea, yakni Goguryeo, Baekje, dan Silla. Cakupannya tidak hanya dari masa Tiga Kerajaan, namun juga dari masa sebelum Tiga Kerajaan.

Teks Samguk Yusa ditulis dalam bahasa Tionghoa Klasik, sebagian besar oleh biksu Iryeon (1206-1289) pada akhir abad ke-13, satu abad setelah penulisan Samguk Sagi.

Tidak seperti Samguk Sagi yang memberikan informasi sejarah secara faktual (nyata), Samguk Yusa berfokus pada banyak cerita rakyat, legenda dan biografi dari masa awal sejarah Korea. Banyak legenda pendirian dari berbagai kerajaan kuno Korea tercatat di buku ini seperti Gojoseon, Wiman Joseon, Buyeo, Goguryeo, Baekje, Silla dan Konfederasi Gaya.

Catatan ini juga menuliskan legenda tentang Dangun yang disebut sebagai pendiri Gojoseon atau kerajaan bangsa Korea yang pertama.

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • Ilyon (1972; 2006) Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea, translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Yonsei University Press: Seoul, Korea. ISBN 1-59654-348-5
  • 일연 (1996) 삼국 유사. Somun munhwasa: Seoul. ISBN 89-7004-002-1.
  • 일연 (2002) 삼국유사. Diterjemahkan oleh Kim Won-jung. Eulyu munhwasa: Seoul. ISBN 89-324-6083-3.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]