Gereja Kepulauan Faroe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Kepulauan Faroe
Fólkakirkjan
Gereja kayu tua Gøta.
PenggolonganProtestan
OrientasiLutheran
Kitab suciAlkitab
TeologiLutheranisme Pengakuan
Bentuk
pemerintahan
Episkopal
BishopJógvan Fríðriksson
ProvostUni Næs
WilayahKepulauan Faroe
KemerdekaanJuli 29, 2007
Terpisah dariGereja Denmark
Umat40,891[1]
Situs web resmiwww.folkakirkjan.fo

Gereja Kepulauan Faroe (bahasa Faroe: Fólkakirkjan ; bahasa Denmark: Færøernes folkekirke) adalah salah satu gereja negara terkecil di dunia.[2] Sebelum merdeka pada 29 Juli 2007, daerah itu bagian keuskupan Gereja Denmark berupa sebuah gereja Lutheran. Pada 2019, 79,7% penduduk Kepulauan Faroe adalah anggota gereja negara.[1]

Gereja-gereja lain di Kepulauan Faroe diantaranya Plymouth Brethren dan Gereja Katolik Roma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kristenisasi[sunting | sunting sumber]

Kedatangan Kekristenan sekitar tahun 1000: kepala suku Tróndur í Gøtu membela agama tradisional, agama Nordik

Menurut kisah Færeyinga saga, kepala Viking agama Kristen dibawa oleh Sigmundur Brestisson ke Kepulauan Faroe. Atas perintah raja Norwegia, Olaf Tryggvason, Sigmundur memaksa, penduduk pulau itu untuk memeluk agama Kristen pada tahun 999. Perlawanan terhadap agama baru yang dipimpin oleh Tróndur í Gøtu yang terkenal kejam dengan cepat ditekan, dan meskipun Sigmundur sendiri kehilangan nyawanya, agama Kristen memperoleh pijakan.

Era Katolik[sunting | sunting sumber]

Beberapa tahun setelah pengenalan agama Kristen, gereja Faroe didirikan sebagai keuskupan dengan kediaman episkopal di Kirkjubøur, dan suffragan ke beberapa tahta metropolitik berturut-turut. Tetapi akhirnya tunduk pada Keuskupan Agung Nidaros (Tróndheim) setelah 1152. Mungkin ada 33 uskup di Kepulauan Faroe antara waktu Kekristenan diperkenalkan ke pulau-pulau itu dan Reformasi.

Periode ini tidak selalu damai. Saga Kepulauan Faroe berisi dua kisah tentang cara gereja mengambil alih sebagian besar tanah, membebani rakyat dengan sangat keras sehingga menyebabkan pemberontakan terbuka. Kisah pertempuran Mannafallsdal menceritakan bahwa uskup (mungkin Uskup Erlend, diangkat pada 1269) dibunuh di luar gerejanya oleh para pemberontak. Nilai sejarah dari saga ini sangat bisa diperdebatkan - tetapi ini berfungsi untuk menggambarkan konflik antara gereja teokratis dan penduduk miskin. Namun, ada dokumentasi yang masuk akal tentang fakta bahwa kediaman uskup di Kirkjub dibakar habis oleh para pemberontak, dan Erlend dipindahkan dari pulau-pulau itu atas perintah Raja. Erlend meninggal di Bergen pada tahun 1308.

Reformasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1538, uskup Katolik terakhir di Kepulauan Faroe dicopot dari posisinya. Penggantinya yang Protestan hanya berlangsung beberapa tahun dan kemudian dia meninggalkan pulau-pulau itu juga. Seorang dekan mengambil alih sebagai perwakilan gereja di bawah Uskup Selandia di Denmark.

Gereja Lutheran[sunting | sunting sumber]

Bentuk Kekristenan Lutheran ortodoks yang dikemukakan oleh uskup Selandia, Jesper Brochmand, memperoleh pijakan yang kuat di Kepulauan Faroe dan bertahan lebih lama di sana daripada di seluruh Kerajaan Denmark. Buku renungan Brochmand, yang berasal dari sekitar tahun 1650 dan himne Thomas Kingo dari tahun 1699 merupakan bagian penting dari kehidupan spiritual pulau-pulau itu sampai abad kedua puluh. Memang, ungkapan Brochmandslestur masih digunakan untuk menggambarkan teks dan pidato yang panjang dan seperti yang mungkin dirasakan beberapa orang, membosankan.

Kebangkitan Nasionalis[sunting | sunting sumber]

Pendeta Faroe memainkan peran utama dalam Kebangkitan Nasional dan konflik bahasa, yang merupakan konflik utama dalam masyarakat Faroe dari pada dengan Denmark.

Ketika monopoli perdagangan Denmark dicabut pada tahun 1856, masyarakat Faroe mulai berkembang baik secara ekonomi maupun budaya. Pemulihan budaya Faroe yang telah lama tertindas juga menyebabkan perubahan dalam agama Kristen di pulau-pulau tersebut. Setelah perdebatan sengit, bahasa Faroe diberi status yang sama dengan bahasa Denmark dalam himne dan khotbah pada tahun 1924–25. Ritual gerejawi (pembaptisan, penguburan, pernikahan, dll) diperkenalkan dalam bahasa Faroe pada tahun 1930, dan pada tahun 1961, edisi bahasa Faroe resmi dari Alkitab diterbitkan. Selama paruh pertama abad ke-20, dekan Jákup Dahl telah menerjemahkan Perjanjian Baru dari bahasa Yunani dan menerbitkannya pada tahun 1937. Dahl juga menerjemahkan mazmur dari Perjanjian Lama dan setelah kematiannya pada tahun 1944, seorang pendeta bernama Kristian Osvald Viderø melanjutkan untuk menerjemahkan sisa Alkitab dari bahasa Ibrani. Pada tahun 1963, buku himne Faroe pertama diterbitkan dan pada tahun yang sama, gelar lama dekan ditingkatkan menjadi wakil uskup. Pada tahun 1977, vikaris wanita pertama ditahbiskan, dan pada tahun 1990, Kepulauan Faroe menjadi keuskupan independen dengan uskupnya sendiri di dalam Gereja Denmark.

Pada tahun 2005, Faroes menandatangani perjanjian dengan Denmark yang memungkinkan untuk mengambil alih sebagian besar lembaga publik, termasuk Bandar Udara Vágar dan Gereja Rakyat. Pada tanggal 29 Juli 2007, pada tanggal hari libur nasional - Ólavsøka, Gereja Faroe secara total independen dari Gereja Denmark.

Kepemimpinan saat ini[sunting | sunting sumber]

Uskup (Biskupur) Kepulauan Faroe adalah Pendeta Kanan Jógvan Fríðriksson,[3] yang menjadi kepala pendeta gereja. Lahir pada 19 Februari 1957, ia ditahbiskan pada 1985 dan bekerja sebagai pastor paroki di pulau Faroe, Eysturoy. Dia ditahbiskan sebagai uskup pada tahun 2007, dan merupakan uskup pertama dari Gereja independen Kepulauan Faroe, setelah kemerdekaannya dari Gereja Denmark. Kursi Uskup berada di Katedral Tórshavn.

Dekan Katedral (Dómpróstur) dari Katedral Tórshavn adalah Yang Sangat Terhormat Uni Næs. Dekan adalah klerus paling senior kedua, yang mewakili Uskup dalam ketidakhadirannya, dan duduk ex officio di dewan menteri Gereja Kepulauan Faroe.

Ada sekitar dua puluh lima imam yang ditahbiskan yang melayani gereja dan kapelan di Gereja Kepulauan Faroe. Sekitar 60 gereja dan kapel dikelompokkan menjadi 14 paroki di seluruh negeri. Direktori klerus Gereja Kepulauan Faroe mencantumkan 25 imam paroki (Sóknarprestur), di antaranya satu juga melayani sebagai kapelan rumah sakit dan satu sebagai pengusir setan diosesan.[3]

Uskup[sunting | sunting sumber]

  • 1540-1556, Jens Riber, Uskup Lutheran pertama di Kepulauan Faroe
  • 1556-1990, Kepulauan Faroe tergabung dalam Keuskupan Kopenhagen
  • 1990-2007, Hans Jacob Joensen,[4] sebagai keuskupan Gereja Denmark
  • 2007-sekarang, Jógvan Fríðriksson, sebagai keuskupan gereja Lutheran tunggal yang otonom

Pendeta terkemuka[sunting | sunting sumber]

Katedral Tórshavn

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Gereja-gereja Lutheran nasional Nordik lainnya:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Parishes, 1st January (2000-2019)". Statistics Faroe Islands. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-27. Diakses tanggal September 20, 2019. 
  2. ^ Referenced at the Encyclopedia of Global Religion, edited by Mark Juergensmeyer, published 2012 by Sage publications, ISBN 978-0-7619-2729-7, page 390. (Page available on-line here Diarsipkan 2023-08-02 di Wayback Machine.).
  3. ^ a b "Directory of priests". Church of the Faroe Islands. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2017. Diakses tanggal 7 April 2018. 
  4. ^ "Guds ord fra hebraisk til færøsk" (dalam bahasa Danish). Kristeligt Dagblad. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-01. Diakses tanggal 8 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]