Ólavsøka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ólavsøka
Føroysk fløgg á Ólavsøku.jpg
Dirayakan olehKepulauan Faroe
Perayaan
Tanggal29 Juli
SelanjutnyaParameter salah (harus 1 — 12) 2020-07-29 (2020-07-29-29 Juli 2020)
Kekerapantahunan
Ólavsøka – Kuda dan olahragawan dalam pawai pada 28 Juli
Ólavsøka – Pendeta dan ahli politik dalam pawai pada 29 Juli

Ólavsøka ialah festival musim panas terbesar di Kepulauan Faroe, dan dianggap oleh kebanyakan orang Faroe sebagai hari libur nasional bersama dengan hari bendera pada 25 April. Ólavsøka dirayakan selama beberapa hari, tetapi hari itu sendiri dirayakan pada 29 Juli. Ini hari ketika Parlemen Kepulauan Faroe (Løgting), membuka sidang.[1]

Ólavsøka adalah festival kebudayaan dan olahraga dengan lomba perahu, pertandingan sepak bola, dan acara lainnya. Setengah hari kerja bagi anggota beberapa serikat buruh adalah 28 Juli, yang merupakan hari ketika pertandingan akhir mendayung berlangsung, sedangkan hari libur penuh bagi anggota sebagian besar serikat buruh adalah Hari Santo Olaf (Ólavsøkudagur) pada 29 Juli.[2][3]

Makna harfiahnya adalah "Bangun Santo Olaf" (vigilia sancti Olavi dalam bahasa Latin), dari kematian Santo Olaf pada Pertempuran Stiklestad pada tahun 1030 (lihat Olsok). Seperti beberapa liburan orang Faroe yang lain, vøka dimulai pada malam sebelumnya, Ólavsøka selalu dimulai pada 28 Juli dengan upacara pembukaan. Beberapa acara dimulai bahkan sebelum itu. Telah ada Konser Ólavsøka yang diadakan pada 27 Juli selama beberapa tahun.

Ólavsøka ialah hari ketika ramai orang Faroe memasuki ibu kota Tórshavn. Di sana diadakan lomba akhir dayung kebangsaan, yang merupakan salah satu yang terpenting dalam olahraga orang Faroe. Selain itu, terdapat pameran seni, musik rakyat, dan tarian rantai orang Faroe. Tarian rantai ini untuk semua orang dan biasanya diadakan di Sjónleikarhúsið, yang merupakan teater di Tórshavn.

Hormat untuk ólavsøka dalam bahasa Faroe adalah Góða ólavsøku! (Selamat bangun Olaf!).

Prangko yang ditunjukkan di sebelah kanan dikeluarkan oleh Postverk Føroya pada 18 Mei 1998, dan karya seni tersebut dihasilkan oleh Edward Fuglø.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Ólavsøka?". faroeislands.fo. Juli 7, 2016. Diakses tanggal September 1, 2017. 
  2. ^ Industry.fo, Frídagar um ólavsøkuna Diarsipkan 2014-05-05 di Wayback Machine.
  3. ^ Nordlysid.fo Diarsipkan 2014-12-23 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Kepulauan Faroe