Fokker S-11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fokker S-11 Instructor adalah sebuah pesawat baling-baling mesin satu dua seater dirancang dan diproduksi oleh mantan produsen pesawat Fokker Belanda.

Salah satu kegiatan pertama yang dilakukan oleh Fokker setelah Perang Dunia II adalah mendesain sebuah pesawat militer baru untuk pelatihan pilot awal, S-11 Instruktur. Seorang pedagang pesawat sudah menempatkan pesanan untuk 100 pesawat ini pada tahun 1946, bahkan sebelum konstruksi mulai. Prototipe pertama terbang di Schiphol pada tanggal 18 Desember 1947. Selama pengujian pada awal 1948 ditemukan bahwa beberapa perubahan aerodinamis harus dilakukan untuk meningkatkan penanganan pesawat. Kemudian pada tahun penerbangan demonstrasi diikuti beberapa angkatan udara dan akhirnya banyak S-11 dijual kepada Kerajaan Belanda Angkatan Udara, Angkatan Udara Israel, Italia Angkatan Udara, Angkatan Udara Brasil, Paraguay Angkatan Udara dan Angkatan Udara Bolivia. Beberapa 170 pesawat yang lisensi dibangun di Italia sebagai Macchi M.416.

Sebuah versi dari S-11 dilengkapi dengan landing gear roda tiga, S-12, dibangun oleh Fokker Industria Aeronautica di Brasil, dan digunakan oleh Angkatan Udara Brasil sebagai T-22 Instructor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]