Fokker Spin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fokker in zijn Spin Dutch aviation pioneer Fokker in his first aircraft.jpg
Fokker Spin.jpg

Fokker Spin adalah pesawat pertama yang dibangun oleh pelopor penerbangan Belanda Anthony Fokker. Banyak kabel bracing membuat pesawat menyerupai laba-laba raksasa, maka nya nama spin (Belanda untuk "spider").

Fokker, selama belajar di Jerman, membangun Spin pada tahun 1910 bersama-sama dengan Jacob Goedecker dan mitra bisnis Franz von Daum, yang memproduksi mesin. Pesawat dimulai sebagai desain eksperimental untuk memberikan Fokker sarana untuk mengeksplorasi minatnya dalam terbang. Sementara Spin pertama hancur ketika von Daum terbang ke pohon, mesin itu masih diselamatkan dan digunakan dalam versi kedua.

Sebuah versi Spin kedua dibangun segera setelah itu, di mana Fokker belajar sendiri untuk terbang dan mendapatkan lisensi pilot nya. Pesawat rusak ini juga diperbaiki lagi oleh von Daum.

Dalam model ketiga Fokker, dia mendapatkan ketenaran di negara asalnya Belanda dengan terbang di sekitar menara Sint-Bavokerk di Haarlem pada tanggal 31 Agustus 1911. Lebih lanjut ia menambahkan ketenaran dengan terbang pada tanggal ini karena itu adalah hari ulang tahun Ratu Wilhelmina. Setelah keberhasilan ini, ia mendirikan sebuah pabrik dan sekolah penerbangan pesawat dekat Berlin. Di sana, M.1 melalui M.4 dikembangkan untuk Angkatan Darat Jerman yang berbasis di Spin.

M.1 ini adalah monoplane dua kursi dibangun dalam jumlah kecil sebagai M.3 tersebut. Ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1911 dan pada tahun 1913 telah ditransfer ke sekolah terbang militer. M.2 adalah versi militer sejati Spin. Pesawat memiliki mesin 75 kW (100 hp) Argus atau Mercedes dan mampu 97 km/h (60 mph). Sepuluh M.2 dipesan untuk 299.880 Marks termasuk 10 truk Daimler untuk memindahkan pesawat dengan Angkatan Darat, per rencana Jerman Staf Umum pada saat itu. M.2 itu pesawat jarak jauh dengan pesawat efisien pertama kali terbang pada tahun 1912. M.4 ini dikembangkan dari M.3, dan termasuk roda hidung. Itu tidak mendapatkan penjualan lebih lanjut.

Dari 1912-1913, total 25 Fokker Spins dibangun (termasuk beberapa varian dua kursi), digunakan terutama untuk pelatihan pilot.

Salah satu Spins lalu dibawa oleh Fokker ke Belanda setelah Perang Dunia I. Itu tidak lengkap dan dibangun kembali pada awal 1920-an. Selama Perang Dunia II, pesawat itu dibawa ke sebuah museum penerbangan di Berlin sebagai piala perang oleh Jerman menduduki Belanda. Setelah perang itu dibawa ke Polandia. Tidak sampai 1986 ini itu kembali ke Belanda di mana ia dipulihkan. Sebuah spin yang masih hidup kedua dibangun oleh personel Fokker pada tahun 1936 untuk memperingati ulang tahun dua puluh lima penerbangan pertama Anthony Fokker. Kedua pesawat ini yang diawetkan di museum penerbangan Aviodrome di Bandara Lelystad, Belanda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]