Fokker F.XXIV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Fokker F.XXIV adalah sebuah desain pesawat penumpang sayap tinggi (high wing) sebelum perang oleh produsen pesawat Belanda, Fokker.

Karena keberhasilan Douglas DC-3, peran Fokker di pasar global untuk pesawat penumpang sangat berkurang. Sedangkan KLM secara historis pelanggan penting untuk Fokker, bahkan mereka beralih ke pemasok lain. Ketika pada tahun 1938 KLM memesan Douglas DC-5 di Amerika Serikat dan menunjukkan minat dalam DC-4C, Fokker menyadari itu harus datang untuk berdamai dengan era baru.

Dalam upaya untuk menghidupkan kembali kemuliaan hari, Fokker akhirnya mengadopsi pendekatan semua-metal dengan desain baru, dijuluki Model 193. Dimaksudkan untuk menggantikan F.XXII usang dan ketinggalan zaman dan model F.XXXVI, Fokker harus menggunakan teknologi baru, bukan desain berdasarkan sayap kayu dan beberapa bagian logam di badan pesawat. Kemudian, model ini dikenal sebagai F.XXIV.

Sedangkan KLM adalah milik negara, Fokker menggunakan pengaruh politiknya untuk memaksa penjualan dari KLM. Akhirnya pada bulan Oktober 1939, KLM memesan empat F.XXIVs. Penjualan ini merupakan bagian dari paket yang lebih luas yang juga termasuk Douglas DC-4C, Lockheed 44 Excalibur dan desain Fokker lain yang dikenal sebagai Model 180.

F24 seperti yang diusulkan, adalah pesawat penumpang bermesin ganda semua logam jarak pendek. Ini seharusnya didukung oleh dua mesin radial Wright Cyclone dari masing-masing 1.193 kW (1.600 hp). Pesawat dirancang untuk 26 penumpang. Tata letak kabin lorong tunggal memiliki delapan baris dari dua sejajar di sebelah kanan dan delapan baris tempat duduk tunggal di sebelah kiri. Sebuah kargo bay diletakkan antara kabin penumpang dan kokpit. Kokpit ini memiliki tata letak untuk awak empat. Di tengah kabin penumpang adalah sebuah dapur. Pada sisi belakang kabin adalah toilet dengan teluk kargo lain.

Meskipun KLM memesan empat pesawat, proyek tidak pernah terwujud karena Perang Dunia II pecah. Selama perang, pekerjaan desain dilanjutkan. Setelah perang, Fokker tidak bisa memberikan pesawat dalam waktu singkat sebagai pabrik yang sebagian besar hancur. Selanjutnya, KLM beralih ke pemasok Amerika seperti Convair dan Douglas. Desain F24 menarik tidak ada penerbangan lain dan proyek berakhir sebagai Fokker beralih ke desain yang lebih modern.

Dalam retrospeksi, F.XXIV adalah pendahulu langsung dari Friendship Fokker F27 dibangun dari tahun 1950. Tata letak desain dasar adalah serupa dengan tipe mesin sebagai perbedaan utama seperti F27 memiliki turboprop sedangkan F.XXIV dirancang untuk memiliki mesin radial. F27 juga adalah jauh lebih besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]