Fokker S-13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Fokker S.13 Universal Trainer adalah sebuah pesawat mesin propeler ganda untuk tujuan pelatihan yang dirancang dan diproduksi oleh mantan produsen pesawat Belanda Fokker.

Pada tahun-tahun awal setelah Perang Dunia II, Fokker dibangkitkan dengan bantuan dari lembaga nasional untuk pengembangan pesawat, Nederlands Instituut voor Vliegtuigontwikkeling (NIV). Fokker diharapkan akan permintaan yang kuat untuk pesawat latih, dan oleh karena itu berbagai desain telah dikerjakan. Salah satu dari mereka menjadi yang dikenal sebagai S.13. Model ini, yang dijuluki Universal Trainer, dimaksudkan untuk menjadi trainer untuk pelatihan beberapa mesin, pelatihan navigasi, paradropping pelatihan dan pelatihan dalam telepon radio.

Meskipun angkatan bersenjata Belanda tidak pernah mengambil S.13 ke dalam layanan, Fokker mengoperasikan prototipe S.13 di livery militer. Oleh karena itu S.13 telah terbang sebagai D-101. Selama banjir Februari 1953, D-101 digunakan untuk photoreconnaissance dari stasiun udara angkatan lautValkenburg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bridgman, Leonard (ed.) (1953). Jane's All The World's Aircraft 1953-54. London: Jane's. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]