Erin Brockovich (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Erin Brockovich
Erin Brockovich.jpg
Poster film Erin Brockovich
Sutradara Steven Soderbergh
Produser Danny DeVito
Michael Shamberg
Stacey Sher
Skenario Susannah Grant
Pemeran Julia Roberts
Albert Finney
Aaron Eckhart
Musik Thomas Newman
Sinematografi Edward Lachman
Penyunting Anne V. Coates
Perusahaan
produksi
Jersey Films
Distributor Universal Pictures
(Amerika Serikat)
Columbia Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 14 Maret 2000 (2000-3-14) (Los Angeles)
  • 17 Maret 2000 (2000-3-17) (Amerika Serikat)
Durasi
131 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $52 juta[2]
Pendapatan kotor $256,271,286[2]

Erin Brockovich adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh dan diproduseri oleh Danny DeVito, Michael Shamberg dan Stacey Sher. Naskah film ini ditulis oleh Susannah Grant. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts, Albert Finney dan Aaron Eckhart.

Film Erin Brockovich ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 14 Maret 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 Maret 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, Erin Brockovich (Julia Roberts) adalah ibu tunggal yang tidak bekerja dari tiga anak yang baru saja terluka dalam kecelakaan lalu lintas dengan seorang dokter dan menggugatnya. Pengacaranya, Edward L. Masry (Albert Finney), berharap untuk menang, namun perilaku dan emosi Erin di ruang sidang dalam pemeriksaan ulang membuat Erin kehilangan kasusnya dan Edward tidak akan mengembalikan panggilan teleponnya setelah itu. Suatu hari, Edward tiba di ruang kerjanya untuk menemukan Erin di kantor, tampaknya bekerja. Erin memberitahu tentang Edward yang mengatakan kepadanya bahwa hal-hal itu akan berhasil dan kenyataannya mereka gagal, dan bahwa Erin membutuhkan pekerjaan. Edward merasa iba kepada Erin dan ia mendapat pekerjaan yang dibayar di kantor.

Erin diberikan berkas untuk kasus perumahan di mana Pacific Gas and Electric Company (PG&E) menawarkan untuk membeli rumah Donna Jensen (Marg Helgenberger), seorang penduduk di Hinkley, California. Erin terkejut melihat catatan medis dalam arsip itu dan mengunjungi Donna, yang menjelaskan bahwa ia hanya menyimpan semua kesepakatan PG&E-nya bersama. Donna menghargai bantuan PG&E bahwa ia telah memiliki beberapa tumor dan suaminya (Michael Harney) memiliki limfoma Hodgkin, namun PG&E selalu menyediakan dokter dengan biaya perusahaan tersebut. Erin bertanya mengapa mereka melakukan itu dan Donna menjawab, "karena kromium". Erin mulai menggali kasus tersebut dan menemukan bukti bahwa air tanah di Hinkley terkontaminasi kromium heksavalen karsinogenik serius, namun PG&E telah memberitahu penduduk Hinkley bahwa mereka menggunakan bentuk kromium yang lebih aman. Setelah beberapa hari jauh dari kantor melakukan penelitian ini, Erin dipecat oleh Edward hingga Edward menyadari bahwa Erin bekerja sepanjang waktu dan melihat apa yang ditemukan Erin.

Dipekerjakan kembali, Erin melanjutkan penelitiannya dan seiring berjalannya waktu, Erin mengunjungi banyak penduduk Hinkley dan meminta kepercayaan mereka. Erin menemukan banyak kasus tumor dan masalah medis lainnya di Hinkley. Semua orang telah dirawat oleh dokter PG&E dan menganggap sekelompok kasus tersebut hanyalah kebetulan dan tidak terkait dengan kromium "aman". Pengakuan keluarga Jensen atas kompensasi PG&E berubah menjadi gugatan tindakan kelas utama, namun bukti-bukti langsung itu hanya berhubungan dengan pabrik Hinkley PG&E, tidak kepada manajemen senior.

Mengetahui bahwa PG&E dapat memperlambat penyelesaian apa pun selama bertahun-tahun melalui penundaan dan banding, Edward mengambil kesempatan untuk mengatur penempatannya dengan mengikat arbitrasi, namun sebagian besar penggugat harus menyetujui hal ini. Erin kembali ke Hinkley dan membujuk semua 634 penggugat untuk ikut serta. Ketika Erin berada di sana, seorang pria bernama Charles Embry (Tracey Walter) mendekati Erin untuk memberitahu bahwa ia dan sepupunya adalah karyawan PG&E, namun sepupunya baru-baru ini meninggal karena racun. Charles memberitahu bahwa ia diperintahkan untuk menghancurkan semua dokumen di PG&E, namun ternyata, Charles dianggap sebagai karyawan yang tidak baik.

Charles memberikan dokumen tersebut kepada Erin, yang mencakup catatan tahun 1966 yang membuktikan bahwa kantor pusat perusahaan mengetahui bahwa air itu terkontaminasi dengan kromium heksavalen, tidak dapat melakukan apa-apa dan menyarankan operasi Hinkley untuk menjaga rahasia ini. Hakim memerintahkan PG&E untuk membayar jumlah penyelesaian $333 juta untuk dibayarkan kepada para penggugat.

Sebagai hasilnya, Edward memberikan Erin pembayaran bonus untuk kasus tersebut namun ia memperingatkan Erin bahwa Edward telah mengubah jumlah tersebut. Erin mengeluh sambil emosi bahwa ia layak mendapat pengakuan, namun ia terkejut menemukan bahwa Edward telah menaikannya menjadi $2 juta.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Julia Roberts sebagai Erin Brockovich
  • Albert Finney sebagai Edward L. Masry
  • Aaron Eckhart sebagai George
  • Marg Helgenberger sebagai Donna Jensen
  • Tracey Walter sebagai Charles Embry
  • Peter Coyote sebagai Kurt Potter
  • Cherry Jones sebagai Pamela Duncan
  • Scarlett Pomers sebagai Shanna Jensen
  • Conchata Ferrell sebagai Brenda
  • Edward L. Masry sebagai pendana restoran
  • Michael Harney sebagai Pete Jensen
  • Veanne Cox sebagai Theresa Dallavale
  • Scotty Leavenworth sebagai Matthew Brown
  • Gemmenne de la Peña sebagai Katie Brown
  • Gina Gallego sebagai Miss Sanchez
  • T. J. Thyne sebagai David Foil
  • Valente Rodriguez sebagai Donald

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Erin Brockovich mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 84%, berdasarkan 145 ulasan, dengan rating rata-rata 7.3/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Erin Brockovich mendapatkan $125,595,205 di Amerika Utara dan $130,676,081 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $256,271,286, melebihi anggaran produksi film $52 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $28,138,465, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Erin Brockovich (15)". British Board of Film Classification. February 29, 2000. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  2. ^ a b c d "Erin Brockovich (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  3. ^ "Erin Brockovich (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Erin Brockovich reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]