Edward Lachman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Edward Lachman
Lachman pada September 2009
Lahir31 Maret 1948 (umur 76)
Morristown, New Jersey, AS
PekerjaanSinematografer, sutradara

Edward Lachman, A.S.C. (lahir 31 Maret 1948) adalah seorang sinematografer dan sutradara Amerika. Lachman banyak dikaitkan dengan gerakan film independen Amerika, dan telah menjabat sebagai sutradara fotografi pada film-film karya Todd Haynes (termasuk Far From Heaven pada 2002, dimana Lachman meraih nominasi Academy Award[1]), Ulrich Seidl, Wim Wenders, Steven Soderbergh dan Paul Schrader. Karya lainnya meliputi La Soufrière (1977) karya Werner Herzog, Desperately Seeking Susan (1985), debut penyutradaraan Sofia Coppola, The Virgin Suicides (1999), film terakhir Robert Altman A Prairie Home Companion (2006), dan Life During Wartime (2009) karya Todd Solondz. Ia adalah anggota American Society of Cinematographers.

Pada 1989, Lachman menjadi salah satu sutradara dari sebuah segmen dari film antologi Imagining America.[2] Pada 2002, Lachman menjadi salah satu sutradara dari film kontroversial Ken Park bersama dengan Larry Clark. Pada 2013, Lachman memproduksi serangkaian video dalam kolaborasi dengan duo elektronik Prancis Daft Punk, untuk album duo tersebut Random Access Memories.

Kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lachman lahir dari sebuah keluarga Yahudi[3] di Morristown, New Jersey, sebagai putra dari pasangan Rosabel (Roth) dan Edward Lachman, seorang distributor dan pemilik teater film.[4][5][6] Ia masuk Harvard University dan belajar bahasa Prancis di Universitas Tours sebelum meraih gelar BFA dalam bidang melukis di Ohio University.[5] Ia memiliki seorang putri, Bella Lachman, yang tinggal di Amsterdam.

Kredit terpilih[sunting | sunting sumber]

Sebagai sinematografer

2
The unnamed parameter 2= is no longer supported. Please see the documentation for {{columns-list}}.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]