Edward Lachman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Edward Lachman
Edward Lachman.png
Lachman pada September 2009
Lahir 31 Maret 1948 (umur 70)
Morristown, New Jersey, AS
Suku Yahudi
Pekerjaan Sinematografer, sutradara

Edward Lachman, A.S.C. (lahir 31 Maret 1948; umur 70 tahun) adalah seorang sinematografer dan sutradara Amerika. Lachman banyak dikaitkan dengan gerakan film independen Amerika, dan telah menjabat sebagai sutradara fotografi pada film-film karya Todd Haynes (termasuk Far From Heaven pada 2002, dimana Lachman meraih nominasi Academy Award[1]), Ulrich Seidl, Wim Wenders, Steven Soderbergh dan Paul Schrader. Karya lainnya meliputi La Soufrière (1977) karya Werner Herzog, Desperately Seeking Susan (1985), debut penyutradaraan Sofia Coppola, The Virgin Suicides (1999), film terakhir Robert Altman A Prairie Home Companion (2006), dan Life During Wartime (2009) karya Todd Solondz. Ia adalah anggota American Society of Cinematographers.

Pada 1989, Lachman menjadi salah satu sutradara dari sebuah segmen dari film antologi Imagining America.[2] Pada 2002, Lachman menjadi salah satu sutradara dari film kontroversial Ken Park bersama dengan Larry Clark. Pada 2013, Lachman memproduksi serangkaian video dalam kolaborasi dengan duo elektronik Perancis Daft Punk, untuk album duo tersebut Random Access Memories.

Kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lachman lahir dari sebuah keluarga Yahudi[3] di Morristown, New Jersey, sebagai putra dari pasangan Rosabel (Roth) dan Edward Lachman, seorang distributor dan pemilik teater film.[4][5][6] Ia masuk Harvard University dan belajar bahasa Perancis di Universitas Tours sebelum meraih gelar BFA dalam bidang melukis di Ohio University.[5] Ia memiliki seorang putri, Bella Lachman, yang tinggal di Amsterdam.

Kredit terpilih[sunting | sunting sumber]

Sebagai sinematografer

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]