Traffic (film 2000)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Traffic
Traffic2000Poster.jpg
Poster film Traffic
Sutradara Steven Soderbergh
Produser Edward Zwick
Marshall Herskovitz
Laura Bickford
Skenario Stephen Gaghan
Berdasarkan Traffik 
oleh Simon Moore
Pemeran Michael Douglas
Don Cheadle
Benicio Del Toro
Dennis Quaid
Catherine Zeta-Jones
Musik Cliff Martinez
Sinematografi Peter Andrews
Penyunting Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
Bedford Falls Productions
Laura Bickford Productions
Initial Entertainment Group
Distributor USA Films
Tanggal rilis
  • 6 Desember 2000 (2000-12-6) (Los Angeles)
  • 27 Desember 2000 (2000-12-27) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 5 Januari 2001 (2001-1-5) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
147 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Spanyol
Anggaran $48 juta[2]
Pendapatan kotor $207,515,725[3]

Traffic adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh dan diproduseri oleh Edward Zwick, Marshall Herskovitz dan Laura Bickford. Naskah film ini ditulis oleh Stephen Gaghan berdasarkan miniseri Traffik karya Simon Moore. Film ini dibintangi oleh Michael Douglas, Don Cheadle, Benicio Del Toro, Dennis Quaid dan Catherine Zeta-Jones.

Film Traffic ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 6 Desember 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 27 Desember 2000 secara terbatas dan 5 Januari 2001 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Meksiko

Di Meksiko, petugas kepolisian Javier Rodriguez (Benicio Del Toro) dan rekannya, Manolo Sanchez (Jacob Vargas), menghentikan kendaraan yang berisi narkotika dan menangkap para kurirnya. Penangkapan mereka dicegah oleh Jenderal Arturo Salazar (Tomas Milian), pejabat tinggi Meksiko yang memutuskan untuk mempekerjakan Javier. Jenderal Arturo memerintahkan Javier untuk menangkap Francisco Flores (Clifton Collins Jr.), seorang pembunuh bayaran Kartel Tijuana, yang dipimpin oleh Obregón bersaudara, Juan (Benjamin Bratt) dan Pablo (Jsu Garcia).

Kembali di Tijuana, Flores, di bawah penyiksaan, Javier memberikan Jenderal Arturo nama-nama anggota penting dari kartel Obregón bersaudara yang telah ditangkap. Upaya Javier dan Jenderal Arturo mulai melumpuhkan perlengkapan kokain Obregón bersaudara, namun Javier segera mengetahui bahwa Jenderal Arturo adalah pion Kartel Juárez, saingan dari kartel Obregón bersaudara. Seluruh bagian kampanye anti-narkoba Meksiko itu adalah penipuan ketika Jenderal Arturo menghapus satu kartel karena ia telah menyelaraskannya dengan yang lain demi keuntungan.

Manolo mencoba untuk menjual informasi hubungan Jenderal Arturo yang sebenarnya kepada DEA, namun ia dibunuh karena pengkhianatannya. Javier, yang tidak dapat bekerja lagi untuk Jenderal Arturo, memutuskan untuk membuat kesepakatan dengan DEA. Sebagai ganti kesaksiannya, Javier meminta listrik di lingkungannya agar anak-anak dapat bermain bisbol di malam hari daripada tergoda oleh geng jalanan dan kejahatan. Rahasia Jenderal Arturo terungkap hingga ke publik, lalu ia ditangkap dan terbukti menderita kemungkinan penyiksaan di penjara.

Javier menjelaskan kepada media tentang meluasnya korupsi di wilayah kepolisian dan militer. Kemudian, Javier melihat anak-anak bermain bisbol pada malam hari di stadion baru mereka.

Wakefield

Robert Wakefield (Michael Douglas), seorang hakim Ohio yang konservatif, ditunjuk oleh Presiden Amerika Serikat sebagai kepala Kantor Kebijakan Pengawasan Obat Nasional dan dijuluki "drug czar". Robert diperingatkan oleh pendahulunya, Ralph Landry (James Brolin), dan beberapa politisi berpengaruh bahwa perang narkotika tidak dapat dimenangkan. Putri Robert, Caroline (Erika Christensen), seorang siswa teladan, telah menggunakan kokain, metamfetamin dan heroin yang cepat berkembang menjadi pecandu narkotika setelah kekasihnya, Seth (Topher Grace), memperkenalkan Caroline pada free base. Caroline, Seth dan Vanessa (Majandra Delfino) ditangkap ketika salah satu temannya yang sesama siswa mengalami overdosis narkotika, lalu mereka mencoba membuangnya di depan pintu rumah sakit. Ketika Robert dan istrinya, Barbara (Amy Irving), berusaha mengatasi masalah ini, Robert menemukan bahwa Barbara telah mengetahui tentang keterlibatan putrinya dengan narkotika selama lebih dari enam bulan.

Robert menyadari putrinya adalah pecandu narkoba dan terjebak antara tuntutan posisi barunya dan kehidupan keluarga yang sulit. Ketika ia berkunjung ke Meksiko, ia terinspirasi oleh upaya sukses Jenderal Arturo dalam menyingkirkan Obregón bersaudara. Ketika ia kembali ke Ohio, Robert mengetahui usahanya untuk melihat Caroline direhabilitasi gagal. Caroline telah melarikan diri ke Cincinnati dan tidak ada yang mengetahui pasti lokasinya. Caroline mencuri uang dari orang tuanya untuk membeli narkotika.

Robert menyeret Seth ketika ia mulai mencari putrinya di Cincinnati. Setelah seorang pengedar narkoba yang menggunakan Caroline sebagai pekerja seks komersial menolak untuk mengungkapkan keberadaan Caroline, Robert menerobos masuk ke kamar hotel kumuh dan menemukan Caroline yang setengah sadar dengan seorang kakek tua. Robert menangis saat Seth pergi diam-diam. Robert kembali ke Washington, D.C., untuk memberikan pidato yang dipersiapkan dengan "sepuluh rencana utama" untuk memenangkan perang melawan narkotika. Di tengah-tengah pidato, Robert terputus-putus saat menyadari betapa sia-sia semuanya ini, kemudian memberitahu kepada pers bahwa perang terhadap narkotika menunjukkan perang bahkan pada anggota keluarga sendiri yang tidak dapat disetujuinya. Robert kemudian berjalan keluar dari konferensi pers dan naik taksi ke bandara. Robert dan Barbara pergi ke Narcotics Anonymous dan bertemu dengan putri mereka untuk mendukungnya dan yang lain.

Ayala / DEA

Penyelidikan DEA terjadi di San Diego dan dipimpin oleh Montel Gordon (Don Cheadle) dan Ray Castro (Luis Guzmán). Penyelidikan ini dilakukan dengan penyamaran untuk menangkap Eduardo Ruiz (Miguel Ferrer), seorang bandar narkotika yang menyamar sebagai nelayan. Eduardo memutuskan untuk mengambil jalan berbahaya menuju kekebalan dengan menyerahkan bosnya, raja narkotika Carlos Ayala (Steven Bauer), seorang distributor terbesar kartel Obregón bersaudara di Amerika Serikat. Carlos didakwa oleh jaksa yang keras, yang dipilih secara khusus oleh Robert Wakefield untuk mengirimkan pesan ke organisasi narkotika Meksiko.

Ketika persidangan melawan Carlos dimulai, istrinya yang sedang hamil, Helena (Catherine Zeta-Jones), mengetahui profesi suaminya yang sebenarnya dari rekan suaminya, Arnie Metzger (Dennis Quaid). Mengetahui kemungkinan dihukum penjara seumur hidup terhadap suaminya dan ancaman kematian terhadap anak tunggalnya, Helena memutuskan untuk mempekerjakan Francisco Flores untuk membunuh Eduardo karena Helena mengetahui bahwa membunuh Eduardo efektif mengakhiri persidangan nolle prosequi. Francisco memasang bom mobil di mobil DEA dalam upaya pembunuhan terhadap Eduardo. Tak lama setelah memasang bom, Francisco dibunuh oleh penembak jity sebagai pembalasan atas kerja samanya dengan Jenderal Arturo. Bom mobil yang dimaksudkan untuk membunuh Eduardo malah membunuh Ray, namun Montel dan Eduardo selamat.

Helena, mengetahui bahwa Eduardo akan segera dijadwalkan untuk bersaksi, membuat kesepakatan dengan Juan Obregón, penguasa kartel narkotika, yang mengikhlaskan utang keluarga Carlos dan telah meracuni Eduardo. Carlos dibebaskan, membuat Montel tidak puas dan marah atas kematian Ray. Selama percakapan telepon antara Carlos dan Arnie, Carlos menyimpulkan bahwa Arnie yang melakukannya karena Arnie awalnya memberitahu informasi tentang Eduardo. Terbukti berupaya mendapatkan kekuasaan dengan kartel narkoba lain di Meksiko, Arnie menerima $3 juta untuk memberitahu informasi Eduardo kepada FBI dan memfasilitasi kejatuhan organisasi Carlos. Carlos memberitahu Arnie berencana mengambil alih kekuasaan Carlos sepenuhnya. Ketika Carlos menutup telepon, Arnie melihat dua orang pembunuh bayaran memasuki kantornya. Segera setelah pembebasan Carlos, Montel menerobos masuk ke rumah Carlos ketika perayaan kepulangan Carlos diadakan. Para pengawal menahannya, namun Montel mampu memasang penyadap diam-diam di bawah meja Carlos. Montel dipaksa keluar rumah dengan rasa puas mengetahui bahwa sekarang ada kesempatan baru untuk menjebak Carlos.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Benicio Del Toro sebagai Javier Rodriguez
  • Jacob Vargas sebagai Manolo Sanchez
  • Marisol Padilla Sánchez sebagai Ana Sanchez
  • Tomas Milian sebagai Jenderal Arturo Salazar
  • Michael Douglas sebagai Robert Wakefield
  • Amy Irving sebagai Barbara Wakefield
  • Erika Christensen sebagai Caroline Wakefield
  • Topher Grace sebagai Seth Abrahams
  • D. W. Moffett sebagai Jeff Sheridan
  • James Brolin sebagai Jenderal Ralph Landry
  • Albert Finney sebagai Kepala Staf Gedung Putih
  • Majandra Delfino sebagai Vanessa
  • Steven Bauer sebagai Carlos Ayala
  • Catherine Zeta-Jones sebagai Helena Ayala
  • Dennis Quaid sebagai Arnie Metzger
  • Clifton Collins Jr. sebagai Francisco Flores
  • Don Cheadle sebagai Montel Gordon
  • Luis Guzmán sebagai Ray Castro
  • Miguel Ferrer sebagai Eduardo Ruiz
  • Peter Riegert sebagai Michael Adler
  • Benjamin Bratt sebagai Juan Obregón
  • Jsu Garcia sebagai Pablo Obregón
  • Viola Davis sebagai pekerja sosial

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Traffic mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 156 ulasan, dengan rating rata-rata 8.1/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 86 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Traffic mendapatkan $124,115,725 di Amerika Utara dan $83,400,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $207,515,725, melebihi anggaran produksi film $48 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $184,725, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $15,517,549, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Cast Away dan What Women Want.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Traffic (18)". British Board of Film Classification. December 15, 2000. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  2. ^ "Traffic (2000)". The Numbers. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  3. ^ a b c "Traffic (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  4. ^ "Traffic (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Traffic reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]