What Women Want

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

What Women Want
Theatrical release poster
SutradaraNancy Meyers
Produser
Ditulis oleh
Pemeran
Penata musikAlan Silvestri
SinematograferDean Cundey
PenyuntingThomas J. Nordberg
Stephen A. Rotter
Carol Littleton
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Desember 2000 (2000-12-15)
Durasi127 minutes
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Anggaran$70 million[1]
Pendapatan
kotor
$374,111,707[1]

What Women Want adalah film Amerika Serikat produksi tahun 2000 bergenre drama romantik komedi fantasi yang disutradarai oleh Nancy Meyers, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Josh Goldsmith, Cathy Yuspa, dan Diane Drake. Film yang menghabiskan anggaran sebesar $70 juta, ini dibintangi oleh Mel Gibson dan Helen Hunt. What Women Want dirilis secara serentak pada tanggal 15 Desember 2000 oleh Paramount Pictures, dan mengalami kesuksesan di ranah box office, dengan perolehan laba sebesar US$182,811,707 di dalam negeri dan $374,111,707 di seluruh dunia. Situs pengumpul ulasan Rotten Tomatoes memberikan skor film ini pada kisaran angka 54%, berdasarkan 121 ulasan, dengan rata-rata rating sebesar 5.7/10.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Melalui perannya sebagai Nick Marshall, Gibson dinominasikan dalam Golden Globe Award for Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy dan Blockbuster Entertainment Award for Favorite Actor - Comedy/Romance. Hunt kemudian memenangi penghargaan dalam Favorite Actress - Comedy/Romance category, sementara itu Mark Feuerstein dan Marisa Tomei masing-masing masuk nominasi dalam supporting categories. Film ini juga mengantarakan Tomei memenangi penghargaan dalam Satellite Award for Best Supporting Actress – Motion Picture, sedangkan Ashley Johnson dinominasikan dalam Young Artist Awards.

Untuk karya skor filmnya, komposer Alan Silvestri memenangi penghargaan ASCAP Award for Top Box Office Films, dinominasikan dalam Saturn Award nomination melalui kategori "Best Fantasy Film" dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA. Film ini juga memenangi penghargaan Bogey Award dalam Platin dariBogey Awards, Germany. Juga dinominasikan untuk kategori Best Casting, Comedy dari The Casting Society of America, USA. Golden Screen Award yang diselenggarakan di Jerman juga memberikan penghargaan kepada film ini.

Sequel[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009 website Pajiba memublikasikan sebuah artikel yang mengkliam bahwa produser dan penulis skenario Peter Chiarelli telah mempersiapkan penulisan untuk sequel lanjutan dari film What Men Want.[3] Mereka juga mengklaim bahwa Cameron Diaz akan menjadi pemeran utama.[4] Sampai dengan tahun 2015 belum ada kabar lagi mengenai kelanjutan rencana proyek film tersebut.

Daur ulang[sunting | sunting sumber]

Sebuah film daur ulang dari ini diproduksi di Tiongkok, disutradarai oleh Chen Daming, dibintangi oleh Andy Lau dan Gong Li dirilis pada tahun 2011.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "What Women Want (2000)". Box Office Mojo. IMDB. May 13, 2001. Diakses tanggal November 9, 2012. 
  2. ^ http://www.rottentomatoes.com/m/what_women_want/
  3. ^ Rowles, Dustin. "Pajiba Exclusive: The Second Biggest Rom-Com of All Time Gets a Sequel". Pajiba. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-22. Diakses tanggal 21 October 2015. 
  4. ^ Tyler, Josh. "Cameron Diaz Remaking Mel Gibson's What Women Want?". Cinema Blend. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-10. Diakses tanggal 21 October 2015. 
  5. ^ "What Women Want (我知女人心)". Film Business Asia. March 1, 2011. Diakses tanggal March 2, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]