Ekspedisi pengiriman barang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ekspedisi pengiriman barang atau ekspedisi pengangkutan barang merupakan kegiatan perjalanan yang bertujuan untuk mengirimkan barang, surat, tanaman[1] dan sebagainya. Bisnis ekspedisi pengiriman barang merupakan bisnis atau layanan yang termasuk di bidang logistik.[2] Jasa ekspedisi di Indonesia umumnya terdiri dari pengiriman ekspress, laut, udara, Full Truck Load (FTL), dan Less than Truck Load (LTL).[3]

Penyedia layanan[sunting | sunting sumber]

Secara umum terdapat beberapa penyedia layanan ekspedisi yang populer di Indonesia, berikut ini merupakan daftar penyedia layanan ekspedisi pengiriman barang populer berdasarkan jenis barang yang dikirim.

Pengiriman Paket[sunting | sunting sumber]

Pengiriman Kargo[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cahyono (2023-12-07). "Apakah JNE Bisa Kirim Tanaman? Ini Syarat dan Ketentuannya!". Tomorrowsuite.com. Diakses tanggal 2024-01-19. 
  2. ^ Ditamei, Stefani. "Cara Membuka Bisnis Ekspedisi dan Bedanya dengan Logistik". detikcom. Diakses tanggal 2022-10-20. 
  3. ^ "5 Jenis Usaha Pengiriman Barang dan Peluang Kemitraannya". 5 Jenis Usaha Pengiriman Barang dan Peluang Kemitraannya. Diakses tanggal 2022-10-20.