Dolopo, Madiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dolopo
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Madiun
Pemerintahan
 • Camat Arik Krisdiananto S.STP
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 12.

Dolopo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terbagi menjadi 12 kelurahan/desa, 3 kelurahan yakni Dolopo, Bangunsari, dan Mlilir di daerah perkotaan, sembilan desa yakni Ketawang, Doho, Lembah, Glonggong, Candimulyo, Suluk, Bader, Belimbing, dan Kradenan tergolong daerah pedesaan. Dolopo merupakan kota satelit untuk Madiun di daerah selatan. Bupati Madiun sekarang Bapak Muhtarom berasal dari sini.

Dolopo merupakan daerah pertanian, baik pertanian sawah dengan irigasi teknis, sawah tadah hujan, tanah pekarangan dan hutan jati milik perum Perhutani. Pengairan taknis bersumber dari telaga Ngebel Ponorogo melalui bendungan Gombal di Mlilir.

Di desa Glonggong terdapat Taman Rekreasi Umbul. Di sini terdapat sumber air belerang, taman bermain anak-anak, pusat makanan dan kebun binatang mini. Di dukuh Ngurawan terdapat sebuah situs yang merupakan bagian dari Sejarah Kabupaten Madiun. Selain itu juga ada situs terkait kerajaan Glang Glang yang diperintah Prabu Jayakatwang.

Desa Ketawang terkenal dengan home industri krupuk nya serta merupakan salah satu lumbung padi yang dominan untuk daerah kabupaten Madiun. Suluk dan Bader penghasil buah-buahan antara lain manggis, durian dan menteng.

Dolopo terletak di perbatasan antara kabupaten Madiun dengan Ponorogo. Daerah ini telah menjadi salah satu pusat perdagangan daerah Madiun bagian selatan, karena letaknya yang strategis yakni pertemuan dari empat penjuru, di timur daerah wisata Ngebel, Ponorogo, di barat daerah pertanian kecamatan Kebonsari, di utara ke arah kota Madiun dan ke selatan ke arah kota Ponorogo, maka memiliki sebuah pasar yang cukup besar dan ramai. Juga terdapat rumah sakit umum daerah, RSUD Dolopo dan masjid besar Dolopo.

Daerah ini dikenal sebagai daerah santri karena terdapat banyak pesantren desa. Dolopo telah memiliki sebuah SMA Negeri di Dolopo, 1 Madrasah Aliyah Negeri, 2 SMK di dolopo, 3 SMP Negeri di Bangunsari, Suluk, dan Dolopo dan 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri di desa Doho.

Daerah ini dikenal sebagai pasar durian di Madiun dan sekitarnya, namun asal buah tersebut dari dari kecamatan Ngebel kabupaten Ponorogo.