Disaster Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Disaster Movie adalah sebuah film parodi Amerika pada tahun 2008 yang ditulis dan disutradarai oleh Jason Friedberg dan Aaron Seltzer, dan dibintangi Matt Lanter, Vanessa Minnillo, Gary "G Thang" Johnson, Crista Flanagan, Nicole Parker, Ike Barinholtz, Carmen Electra, Tony Cox, dan Kim Kardashian. Film ini rilis pada 29 Agustus 2008. Film ini merupakan parodi dari genre film bencana dan kultur pop.

Film ini disorot kritikus dan audiens karena humor dewasa yang dipaksakan, referensi kultur pop yang berlebihan, serta penyutradaraan yang buruk. Film ini menerima enam nominasi untuk Golden Raspberry Awards ke-29.

Disaster Movie
Berkas:Disaster movie.jpg
Poster Film Disaster Movie
SutradaraJason Friedberg
Aaron Seltzer
ProduserJason Friedberg
Aaron Seltzer
Peter Safran
Ditulis olehJason Friedberg
Aaron Seltzer
PemeranMatt Lanter
Vanessa Minnillo
Penata musikChristopher Lennertz
SinematograferShawn Maurer
PenyuntingPeck Prior
Perusahaan
produksi
3 in the Box
DistributorLionsgate
Tanggal rilis
  • 29 Agustus 2008 (2008-08-29)
Durasi87 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$20 juta
Pendapatan
kotor
$34.816.824

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 10.001 SM, seorang manusia gua (Matt Lanter) melarikan diri dari predator melalui dataran dan seketika terlibat pertarungan dengan Wolf (Ike Barinholtz). Setelah mengalahkan Wolf, dia bertemu dengan pemangsa bertaring tajam, peminum bensin, Amy Winehouse (Nicole Parker), yang setelah memeriksa akun Facebook dirinya, menginformasikan kepadanya bahwa dunia akan berakhir pada tanggal 29 Agustus 2008 (tanggal rilis film), dan mengungkapkan bahwa nasib mereka terletak di Crystal Skull (Kristal Tengkorak).

Urutan kejadian sebelumnya kemudian terungkap merupakan mimpi dari everyman Will (Lanter) di masa sekarang. Dia kemudian mengetahui bahwa pacarnya, Amy (Vanessa Minnillo) berselingkuh dengan Flavor Flav (Abe Spigner), dan dia putus dengan Will karena dia tidak mengakui perasaan yang sebenarnya untuknya.

Kemudian, pada hari itu, Will mengadakan pesta "Super Duper Sweet Sixteen" di rumahnya, meskipun pada kenyataannya dia berusia 25 tahun. Para tamu yang datang adalah Juney (Crista Flanagan), Dr Phil (John Di Domenico), sahabat Will Calvin (Gary "G-Thang" Johnson), dan Anton Chigurh (Barinholtz). Saat pesta, Amy datang bersama pacar barunya, seorang model pakaian dalam Calvin Klein.

Pesta kemudian terhenti ketika ruangan bergetar dan lampu-lampu mati. Sebuah buletin di radio melaporkan adanya hujan meteor dan ini adalah akhir dunia. Will, Juney, Calvin dan Lisa pergi ke luar saat mandi dan menemukan Hannah Montana (Flanagan) hancur terkena meteor. Bahkan ketika dia terjebak di antara hidup dan mati, dia masih mempromosikan barang dagangan sampai wignya lepas, mengungkapkan dirinya sebagai Miley Cyrus sebelum akhirnya meninggal.

Segera setelahnya, kota mulai membeku, Will, Juney, Calvin, dan pacar Calvin, Lisa, mundur ke sebuah garasi untuk mencari perlindungan. Mereka memenuhi Sex and the City Gals, yang berkomentar mereka bersedia untuk memperjuangkan tempat itu. Kemudian, Juney dan Carrie Bradshaw (Jason Boegh) memulai bertarung, di mana Juney menang. Ketika dia menyebutkan bahwa bencana disebabkan oleh pemanasan global, Will menyadari bahwa mimpinya tentang Amy Winehouse mungkin terkait. Kemudian, Will ditegur yang lain karena tidak berkomitmen dalam hubungannya dengan Amy.

Geng tersebut meninggalkan garasi dan Will mendapat telepon dari Amy, di mana dia mengakui perasaannya padanya sebelum telepon dimatikan. Dia memutuskan untuk pergi menyelamatkan Amy. Lisa kemudian tewas karena meteor. Selagi yang lain menghibur Calvin yang putus asa, Giselle (Parker), seorang pelacur, keluar dari lubang got dan ditabrak taksi. Calvin menangkapnya dan mereka langsung jatuh cinta satu sama lain. Muncikari Giselle, Pangeran Edwin, menantang Calvin dalam pertandingan menari untuk memenangkan cinta Giselle, tetapi kemudian tornado muncul dan Pangeran Edwin lolos. Iron Man (Gerrard Fachinni), Hellboy (Barinholtz) dan Hulk (Roland Kickinger) mencoba untuk melawan tornado itu, tetapi semua pingsan karena sapi yang dilemparkan tornado. Ketika geng menemukan tempat berlindung, Calvin mendapat panggilan melalui ponsel sepatu dari ibu Lisa, yang memberitahu tentang kematian Lisa dan bagaimana Calvin telah menemukan seseorang yang lebih seksi dari Lisa. Setelah itu, Will, Juney, Calvin, dan Giselle bertemu rabies tiruan dari Alvin and the Chipmunks, yang mulai menyerang geng dan membunuh Juney. Chipmunks kemudian mengejar Will dan Calvin, tetapi mereka menjebak Chipmunks tersebut dalam sebuah tong sampah yang menyebabkan mereka mati lemas selagi mereka berusaha melarikan diri.

Dalam perjalanan mereka ke museum untuk menyelamatkan Amy yang menelepon untuk memberitahu Will bahwa dia terperangkap di bawah patung, mereka bertemu Batman (Barinholtz), yang memberitahu mereka bahwa mereka harus sampai ke bus evakuasi pukul 9 pagi (waktu sekarang 17.30) dan menyebutkan bahwa tidak akan ada kesempatan untuk bertahan hidup jika mereka pergi untuk menyelamatkan Amy. Giselle kemudian membunuh Speed Racer (Jared Eddo) sehingga mereka dapat membajak Mach 5-nya dan pergi ke museum. Akan tetapi, sebelum berangkat, mereka mendengar seseorang cekikikan di bagasi dan saat mereka melihat ke dalam mereka menemukan Michael Jackson (Christopher Johnson) meringkuk dengan Spritle dan Chim Chim. Setelah Jackson menutup bagasi, mereka berkendara ke museum dan mereka menyelamatkan Amy yang menyatakan Crystal Skull dari mimpi Will menjadi satu-satunya yang dapat menghentikan akhir dunia. Selagi Will dan Amy menuju altar, Calvin dan Giselle menyadari bahwa pintu museum ditutup dan semua artefak menjadi hidup, termasuk Po dari Kung Fu Panda (Yoshio Iizuka ), yang melawan Calvin tetapi dikalahkan. Saat Calvin bersenggama dengan Giselle setelah mengalahkan Kung Fu Panda, ia tidak sengaja menjatuhkan wignya dan menemukan bahwa Giselle sebenarnya adalah waria. Sementara ini terjadi, Po mengeluarkan sebuah katana dan membunuh Calvin dan Giselle.

Sementara itu, Will dan Amy bertemu Beowulf (Barinholtz) yang telanjang, yang bertarung dengan Will. Setelah Beowulf dikalahkan, Will dan Amy menemukan Indiana Jones (Tony Cox), yang ternyata adalah ayah Will. Indiana mencoba untuk menempatkan Crystal Skull di altar, tetapi ia berayun keluar ruangan melalui jendela kaca. Will melakukan itu sebagai gantinya, dan dia mencegah kerusakan lebih lanjut. Film berakhir dengan upacara pernikahan untuk Will dan Amy yang dilakukan oleh The Shitka Guru (Di Domenico), yang diakhiri dengan nomor musik tentang semua karakter dalam film yang berkencan satu sama lain (berhubungan seks dalam versi tanpa rating) memarodikan "I'm Fucking Matt Damon" oleh Sarah Silverman dan film ditutup dengan "Chipmunks" yang dihancurkan sampai mati oleh sapi yang jatuh sebelum kredit mulai bergulir.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Versi DVD dan Blu-ray dirilis pada tanggal 6 Januari 2009. Keduanya berisi edisi "Disaster" yang tidak diberi peringkat dan versi teater dengan tambahan yang sama. Versi DVD mendapatkan penghasilan $11,212,298 per Februari 2022.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Disaster Movie (2008) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal 2022-02-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]