Alvin and the Chipmunks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alvin and the Chipmunks
AsalFresno, California, Amerika Serikat
GenreCountry, Pop, Rock, musik dance, Hip-hop, lagu natal, lagu anak-anak, jazz
Tahun aktif1958 – sekarang
LabelLiberty Records
RCA Records
Sony Wonder
Quality Records
Chipmunk Records
Situs webchipmunks.com
AnggotaRoss Bagdasarian, Jr.
Janice Karman
Steve Vining
Randy Miller
Ali Dee Theodore
Mantan anggotaRoss Bagdasarian, Sr. (deceased)
Jai Winding
Johnny Mann
Randy Edelman
Joe Reisman

Alvin and the Chipmunks merupakan kisah tiga bersaudara chipmunk (bajing tanah) adalah penyanyi yang selalu bernyanyi dengan penuh semangat. Alvin yang paling tertua menjadi pemimpin adik-adiknya yang nakal, suka membuat keonaran namun justru yang paling cepat menjadi terkenal dibanding kedua adiknya. Simon adalah si jenius dan berkacamata. Terakhir adalah Theodore yang paling gemuk dan baik hati namun mudah dipengaruhi. Ketiga nama chipmunk diambil dari nama eksekutif perusahaan rekaman Liberty yaitu Alvin Bennett, pemimpin perusahaan, Simon Waronker, pendiri dan pemilik, Theodore Keep, chief engineer.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ross Bagdasarian, Sr adalah pembuat Alvin and the Chipmunks pada tahun 1958. Dia membuat animasi tentang sebuah kelompok band musik. Banyak yang mengira, Alvin and the Chipmunks dari film kartun kemudian berkembang ke musik. Justru sebaliknya. Para chipmunks diisi suara oleh Ross Bagdasarian, Sr. Dia sendiri yang membuat suara chipmunk seperti itu dengan cara mempercepat dan mengulang-ulang suara hingga menjadi suara yang tinggi dan nyaring. Ketika Ross Bagdasarian, Sr wafat tahun 1972, suara chipmunk digantikan oleh Ross Bagdasarian, Jr dan istrinya, Janice Karman.

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Serial kartun televisi Alvin and the Chipmunks pernah ditayangkan di RCTI pada tahun 1989 hingga pertengahan 1990-an. Versi terbaru dari serial kartun televisi Alvin and the Chipmunks kemudian ditayangkan di MNCTV pada tahun 2015-2016 yang lalu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]