Juno (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Juno
Junoposter2007.jpg
Poster film Juno
Sutradara Jason Reitman
Produser John Malkovich
Lianne Halfon
Mason Novick
Russell Smith
Skenario Diablo Cody
Pemeran Ellen Page
Michael Cera
Jennifer Garner
Jason Bateman
Allison Janney
J. K. Simmons
Musik Mateo Messina
Sinematografi Eric Steelberg
Penyunting Dana E. Glauberman
Perusahaan
produksi
Mandate Pictures
Mr. Mudd
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 1 September 2007 (2007-9-1) (Festival Film Telluride)
  • 5 Desember 2007 (2007-12-5) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 25 Desember 2007 (2007-12-25) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
96 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $7.5 juta[2]
Pendapatan kotor $231,411,584[2]

Juno adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Jason Reitman dan diproduseri oleh John Malkovich, Lianne Halfon, Mason Novick dan Russell Smith. Naskah film ini ditulis oleh Diablo Cody. Film ini dibintangi oleh Ellen Page, Michael Cera, Jennifer Garner, Jason Bateman, Allison Janney dan J. K. Simmons.

Film Juno ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 1 September 2007[3][4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Desember 2007 secara terbatas dan 25 Desember 2007 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Siswa sekolah berusia enam belas tahun dari Minnesota, Juno MacGuff (Ellen Page), menemukan bahwa ia hamil oleh temannya dan pengagumnya sejak lama, Paulie Bleeker (Michael Cera). Awalnya Juno menginginkan aborsi. Pergi ke klinik lokal yang dikelola oleh komunitas wanita, Juno bertemu dengan seorang teman sekolah (Valerie Tian) di luar yang mengadakan demonstrasi satu orang untuk melakukan gerakan antiaborsi. Begitu masuk, bagaimanapun, berbagai faktor menyebabkan Juno meninggalkan gerakan tersebut. Juno memutuskan untuk tidak melakukan aborsi dan memberikan bayinya untuk diadopsi. Dengan bantuan temannya, Leah (Olivia Thirlby), Juno mencari iklan di Pennysaver dan menemukan pasangan yang ia pikir akan menyediakan rumah yang sesuai. Juno telah memberitahu ayahnya, Mac (J. K. Simmons), serta ibu tirinya, Bren (Allison Janney), dan mereka mendukungnya. Bersama Mac, Juno bertemu pasangan tersebut, Mark Loring (Jason Bateman) dan Vanessa Loring (Jennifer Garner), di rumah besar mereka dan setuju untuk melakukan adopsi tertutup.

Juno mengunjungi Mark beberapa kali dan mereka mendengarkan musik punk rock dan menonton film horor. Mark, yang telah menyisihkan masa mudanya sebagai anggota band rock-nya (sekarang terbatas pada foto-foto kenangan yang ditampilkan di satu ruangan dan ditunjukkan oleh Vanessa tentang barang-barang pribadi Mark), bekerja di rumah untuk menulis lagu komersial. Juno dan Leah kebetulan melihat Vanessa di pusat perbelanjaan yang benar-benar merasa nyaman dengan anak-anak, lalu Juno mengajak Vanessa untuk berbicara dengan bayi di rahim Juno, di mana si bayi menendang.

Seiring kemajuan kehamilan, Juno berusaha menyatakan emosi yang dirasakannya kepada ayah dari bayi itu, Paulie, yang sangat mencintai Juno. Juno mempertahankan sikap yang jauh berbeda terhadap Paulie, namun ketika Juno mengetahui bahwa Paulie telah meminta gadis lain ke pesta sekolah mendatang, Juno marah kepada Paulie. Paulie mengingatkan Juno bahwa ia yang meminta Paulie untuk jaga jarak dan memberitahu Juno bahwa Juno telah mematahkan hati Paulie.

Tidak lama sebelum kelahiran bayinya, Juno kembali mengunjungi Mark ketika mereka berseteru. Mark kemudian memberitahu Vanessa bahwa ia akan meninggalkan Vanessa untuk mencari jalan hidupnya sendiri. Juno merasa ngeri dengan ungkapan Mark ini, lalu Mark bertanya kepada Juno, "Bagaimana pendapatmu tentang saya?" Hal itu menunjukkan bahwa Mark mulai mengungkapkan perasaannya terhadap Juno. Vanessa tiba di rumah dan Mark memberitahunya bahwa ia tidak merasa siap menjadi ayah dan masih ada hal yang ingin dilakukannya lebih dulu. Juno melihat pernikahan keluarga Loring berantakan, lalu pergi dan menangis tersedu-sedu di tepi jalan. Kembali ke rumah keluarga Loring, Juno meninggalkan sebuah catatan dan menghilang ketika mereka membuka pintu rumah.

Setelah berdiskusi dengan ayahnya, Juno menerima bahwa ia mencintai Paulie. Juno kemudian memberitahu Paulie bahwa ia mencintainya dan Paulie juga memiliki perasaan terhadap Juno. Tidak lama kemudian, Juno mulai bekerja dan dilarikan ke rumah sakit, di mana ia melahirkan bayi laki-laki. Juno sengaja tidak memberitahu Paulie. Mengetahui bahwa Juno menghilang dari kedai, Paulie bergegas ke rumah sakit, menemukan Juno telah melahirkan putra mereka dan menghibur Juno saat ia menangis.

Vanessa datang ke rumah sakit dan ia gembira sebagai ibu angkat tunggal, menganggap putra Juno yang baru lahir. Di dinding kamar bayi yang baru, Vanessa telah membingkai catatan yang ditinggalkan Juno sebelumnya. Film ini berakhir di musim panas dengan Juno dan Paulie bermain gitar, bernyanyi bersama dan berhubungan romantis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Juno mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 208 ulasan, dengan rating rata-rata 8.1/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Juno mendapatkan $143,495,265 di Amerika Utara dan $87,916,319 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $231,411,584, melebihi anggaran produksi film $7.5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $413,869, menempati posisi ke-17 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $10,634,576, menempati posisi ke-5 di box office di belakang film National Treasure: Book of Secrets, Alvin and the Chipmunks, I Am Legend dan Charlie Wilson's War.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Juno (12A)". British Board of Film Classification. November 15, 2007. Diakses tanggal January 8, 2016. 
  2. ^ a b c d "Juno (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ Jones, Michael (September 1, 2007). "Telluride abuzz with "Juno"". Variety. Diakses tanggal April 18, 2008. 
  4. ^ Willman, Chris (September 3, 2007). "Telluride Day 4: 'Juno,' 'Margot at the Wedding'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal April 18, 2008. 
  5. ^ McClintock, Pamela (December 9, 2007). "'Juno' jolts specialty box office". Variety. Diakses tanggal April 18, 2008. 
  6. ^ "Juno (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "Juno reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]