Up in the Air (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Up in the Air
Up in the Air Poster.jpg
Poster film Up in the Air
Sutradara Jason Reitman
Produser Daniel Dubiecki
Jeffrey Clifford
Ivan Reitman
Jason Reitman
Skenario Jason Reitman
Sheldon Turner
Berdasarkan Up in the Air 
oleh Walter Kirn
Pemeran George Clooney
Vera Farmiga
Anna Kendrick
Musik Rolfe Kent
Sinematografi Eric Steelberg
Penyunting Dana E. Glauberman
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
The Montecito Picture Company
Cold Spring Pictures
Rickshaw Productions
Right of Way Films
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
  • 5 September 2009 (2009-9-5) (Festival Film Telluride)
  • 4 Desember 2009 (2009-12-4) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 23 Desember 2009 (2009-12-23) (secara luas di Amerika Serikat )
Durasi
109 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[2][3]
Pendapatan kotor $166,842,739[4]

Up in the Air adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh Jason Reitman dan diproduseri oleh Daniel Dubiecki, Jeffrey Clifford, Ivan Reitman dan Jason Reitman. Naskah film ini ditulis oleh Jason Reitman dan Sheldon Turner berdasarkan novel Up in the Air karya Walter Kirn. Film ini dibintangi oleh George Clooney, Vera Farmiga dan Anna Kendrick.

Film Up in the Air ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 5 September 2009[5][6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Desember 2009 secara terbatas[7] dan 23 Desember 2009 secara luas.[8][9] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ryan Bingham (George Clooney) bekerja di sebuah perusahaan konsultan sumber daya manusia dan berperan dalam membantu penghentian karyawan. Ia membuat perjalanan hidupnya ke tempat kerja di seluruh Amerika Serikat, melakukan PHK perusahaan dan pemecatan atas nama pengusaha. Ia juga memberikan pidato motivasi, dengan menggunakan analogi "What's in Your Backpack?" untuk memuji kebajikan hidup yang bebas dari hubungan yang memberatkan dengan orang dan segala sesuatu. Menjadi penumpang setia, Ryan tidak memiliki tempat tinggal tetap, menikmati perjalanannya dan berkeinginan untuk menjadi orang ketujuh dan termuda yang mendapatkan sepuluh juta mil sebagai "penumpang setia" dengan American Airlines. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan seorang penumpang setia bernama Alex (Vera Farmiga) dan mereka memulai hubungan santai.

Ryan dipanggil kembali ke kantor perusahaannya di Omaha, Nebraska. Natalie Keener (Anna Kendrick), seorang karyawan muda yang baru dan ambisius, mempromosikan sebuah program yang dirancang untuk mengurangi biaya dengan melakukan PHK melalui video-conference. Ryan merasa khawatir bahwa program tersebut dapat terlihat sebagai program lepas dan apatis, dengan alasan bahwa Natalie tidak tahu apa-apa tentang realitas proses pemecatan atau bagaimana menangani orang-orang yang kesal. Ryan kemudian berperan sebagai karyawan yang dipecat untuk menunjukkan pengalamannya. Atasan Ryan menugaskannya untuk membawa Natalie dalam putaran akhir selanjutnya untuk menunjukkan kepadanya alur proses tersebut.

Ketika mereka melakukan perjalanan bersama, Natalie mempertanyakan filosofi Ryan tentang kehidupan, terutama tentang hubungan dan cinta, namun Ryan bersikeras bahwa ia lebih senang dengan gaya hidupnya. Dalam perjalanan, Natalie sedih ketika kekasihnya memutusnya begitu saja melalui pesan teks, lalu Ryan dan Alex berusaha menghiburnya. Natalie kemudian menceramahi Ryan tentang penolakannya untuk mempertimbangkan komitmen terhadap Alex terlepas dari cocoknya hubungan mereka yang nyata dan Ryan sangat marah. Natalie kemudian meminta maaf, namun segera setelah itu, mereka berdua diperintahkan kembali ke Omaha untuk melaksanakan program Natalie. Pada uji coba program Natalie, kekhawatiran Ryan sebelumnya telah terjadi. Seseorang yang diberhentikan dari pekerjaannya menangis di belakang kamera dan Natalie tidak bisa menghiburnya.

Alih-alih segera kembali ke Omaha, Ryan meyakinkan Alex untuk menemaninya ke pesta pernikahan adik perempuannya, Julie (Melanie Lynskey). Ryan memahami bahwa alasan pasangan tersebut memintanya mengambil foto dari gambar guntingan mereka di berbagai tempat adalah karena mereka tidak mampu berbulan madu. Ketika mempelai pria, Jim Miller (Danny McBride), gelisah, kakak perempuan Ryan, Kara (Amy Morton), meminta Ryan menggunakan keterampilan motivasinya untuk meyakinkan Jim dalam melangsungkan pernikahan. Meskipun hal ini bertentangan dengan filosofi pribadi Ryan, ia berhasil berpendapat bahwa saat-saat penting dalam hidup jarang tidak dibagikan. Pernikahan itu berlangsung meriah tanpa ada halangan lebih jauh.

Ryan mulai memiliki pemikiran kedua tentang kehidupan dan filosofinya. Saat ia mulai memberikan pidato "What's in Your Backpack?" di sebuah konvensi di Las Vegas, Ryan menyadari bahwa ia tidak lagi mempercayainya dan turun dari panggung. Dengan dorongan hati, ia terbang ke rumah Alex di Chicago. Ketika Alex membuka pintu, Ryan tercengang saat mengetahui bahwa ia sudah menikah dan memiliki anak, dan pergi sebelum suaminya bisa mencurigai apapun. Alex kemudian memberitahunya melalui telepon bahwa keluarganya adalah kehidupan nyatanya dan Ryan adalah pelarian.

Dalam penerbangan pulang Ryan, kru mengumumkan bahwa Ryan baru saja mencapai sepuluh juta mil dan sebuah perayaan kecil dirayakan. Kepala pilot maskapai penerbangan tersebut keluar dari kokpit untuk bertemu Ryan. Ia mencatat bahwa Ryan adalah orang termuda yang mencapai tonggak sejarah. Saat ditanya dari mana asalnya, Ryan yang kesepian hanya bisa menjawabnya, "di sini".

Ryan menghubungi perusahaan penerbangan untuk mentransfer lima ratus ribu mil masing-masing ke adik perempuan dan iparnya, cukup bagi mereka untuk terbang keliling dunia untuk bulan madu mereka. Atasannya memberitahu Ryan bahwa wanita yang ia dan Natalie pecat dalam perjalanan mereka telah bunuh diri dan Natalie yang kecewa telah mundur dari pekerjaannya melalui pesan teks. Perusahaan juga menunda program video-conference untuk PHK.

Natalie melamar pekerjaan di San Francisco, di mana ia ditawarkan pekerjaan sebelum mengikuti mantan kekasihnya ke Omaha. Pewawancara terkesan dengan pendidikan Natalie dan rekomendasi dari Ryan, dan mempekerjakannya. Film ini berakhir dengan Ryan yang berdiri di depan sebuah papan tujuan yang luas, melihat ke atas dan melepaskan barang bawaannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Up in the Air mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 276 ulasan, dengan rating rata-rata 8.1/10.[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 83 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[11] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[12]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Up in the Air mendapatkan $83,823,381 di Amerika Utara dan $83,019,358 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $166,842,739, melebihi anggaran produksi film $70 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,181,450, menempati posisi ke-13 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $11,270,248, menempati posisi ke-6 di box office di belakang film Avatar, Sherlock Holmes, Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel, It's Complicated dan The Blind Side.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Up in the Air (15)". British Board of Film Classification. January 5, 2009. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  2. ^ Abramowitz, Rachel (November 29, 2009). "Jason Reitman firmly at the controls in 'Up in the Air'". Los Angeles Times. Diakses tanggal November 29, 2009. 
  3. ^ Schuker, Lauren A.E. (November 27, 2009). "Director Jason Reitman on 'Up in the Air'". The Wall Street Journal. Diakses tanggal November 29, 2009. 
  4. ^ a b c "Up in the Air (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ Willman, Chris (September 6, 2009). "Clooney's "Up in the Air" Premieres at Telluride". The Huffington Post. Diakses tanggal December 31, 2009. 
  6. ^ Horn, John (September 5, 2009). "Telluride Film Festival: Jason Reitman returns flying high". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 31, 2009. 
  7. ^ Fernandez, Jay A. (August 21, 2009). ""Shutter Island" release postponed to February". Reuters. Diakses tanggal August 22, 2009. 
  8. ^ "Release Schedule: December 4, 2009". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 5, 2009. 
  9. ^ DiOrio, Carl (December 10, 2009). "'Princess' poised to reign at box office". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2009. Diakses tanggal December 10, 2009. 
  10. ^ "Up in the Air (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  11. ^ "Up in the Air reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  12. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]