Dara Manisku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Dara Manisku"
Lagu oleh Koes Bersaudara
Dirilis1 Maret 1962[1]
FormatVinyl
DirekamMaret - Oktober 1961
Genre
Durasi2:23[2]
LabelIrama
PenciptaTonny Koeswoyo

"Dara Manisku" adalah sebuah lagu rock n' roll yang diciptakan oleh Tonny Koeswoyo dan dinyanyikan oleh grup musik Koes Bersaudara yang dirilis sebagai lagu pertama pada tahun 1962. Pada tahun 1964, lagu ini dirilis pada album kompilasi Kus Bersaudara sebagai lagu pertama pada album tersebut.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1961, Koes Bersaudara harus berjuang untuk bisa mendapatkan kontrak rekaman. Mereka harus bergentayangan dari satu tempat ke tempat lainnya. Ujung rekaman Koes Bersaudara pun beberapa kali ditolak karena kurang mengantungkan secara komersial. Mereka pun akhirnya mendapat titik terang; mereka pun berhasil mendapatkan kontrak rekaman dengan label Irama Records yang sempat melejitkan grup musik pop dan rock and roll Orkes Gumarang dan Karsono Bersaudara.[1]

Album berjudul Kus Bersaudara, akhirnya dirilis di label Irama Records dan melejit di pasar musik Indonesia. Penjualan label Irama Records yang lebih besar.

Dengan irama rock and roll, yang dipengaruhi oleh lagu Little Richard dan Everly Brothers berjudul Lucille, Tonny Koeswoyo sengaja memiripkan lagu "Dara Manisku" dengan lagu Little Richard dan Everly Brothers itu tersebut karena personil Koes Bersaudara sangat suka dengan Everly Brothers dan Little Richard mengatakan lagu tersebut tidak mirip dengan Kangen berdasarkan penuturan dari Tonny tersendiri. berdasarkan penuturan kualitas dua vokalnya dari Yon dan Yok, lagu "Dara Manisku" menggambarkan perasaan percintaan terhadap seorang kekasih yang mengharapkan agar dirinya bercinta. Ia pun berjanji bahwa ia memang ingin cinta dan meminta agar menyimpan rasa romantisnya itu. Hal ini termuat dalam kutipan lagu: "Dara Manisku. Ku Cinta Padamu..."

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik resmi "Dara Manisku" disyuting di beberapa tempat seperti di dalam studio saat sesi rekaman serta di Museum Fatahillah. Video musik ini juga menampilkan di museum sejarah Jakarta yang saat itu sudah mangkrak. Yon dan Yok menyatakan bahwa ia sangat merindukan Jakarta, dan ia mengakui bahwa video musik "Dara Manisku" memang disyuting di Jakarta.

Ada cerita menarik di balik pembuatan video klip ini. Pada malam sebelum keberangkatan mereka ke Jakarta, para personel Koes Bersaudara menginap di Hotel Savoy Homann, Bandung produser mereka, Jack Lesmana, di daerah Kwitang, Jakarta Pusat. Saat mereka semua tertidur, tiba-tiba rumah keluarga Koeswoyo dirampok dan barang-barang, termasuk 3 gitar, bass betot dan drum milik Tonny, John, Nomo, Yon, Yok dan sebuah buku dan televisi, sudah digondol perampok. Para bersaudara kemudian dibangunkan oleh pembantu rumah.

Tonny kemudian diikuti John, Nomo, Yon dan Yok untuk mengancam dengan para perampok itu, lalu bergegas ke rumah keluarga dengan membawa radio mereka. Sesampainya mereka disana, ternyata pemilik rumah sudah disandera. Para perampok yang bersenjatakan celurit dan pistol itu berbalik mengejar Tonny, John, Nomo, Yon dan Yok. Begitu mereka keluar, 5 saudara mereka berteriak sambil menahan pintu depan dari luar, yang sedang dicelurit oleh perampok; perampok itu juga memecahkan kaca di dekat pintu. Setelah para perampok itu pergi, Tonny, John, Nomo, Yon dan Yok sama-sama heran mengapa mereka begitu berani menghajar perampok tersebut.

Pagi harinya di Museum Fatahillah menjelang keberangkatan personel Koes Bersaudara, Sujoso Karsono, pemilik label Irama Records saat itu, mendengar kabar perampokan tersebut sambil berkata bahwa itu mungkin pertanda album mereka bakal sukses.

Versi daur ulang[sunting | sunting sumber]

Personel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ginting 2009, hlm. 47.
  2. ^ Kus Bersaudara. Koes Bersaudara. Irama. 1963. 
Daftar pustaka