Dammartin-en-Goële

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dammartin-en-Goële
Negara Perancis
Arondisemen Meaux
Kanton Dammartin-en-Goële
Antarkomune Pays de la Goële et du Multien
Pemerintahan
 • Wali kota (2008-2014) Monique Papin
 • Populasi1 7.805
Kode INSEE/pos 77153
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

Dammartin-en-Goële merupakan sebuah komune di departemen Seine-et-Marne di region Île-de-France di utara-tengah Perancis.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di sebuah bukit yang membentuk bagian dari plato la Goële, dan dinamai Dammartin-en-Goële untuk membedakannya dari Dammartin-sous-Tigeaux, sebuah komune kecil di département yang sama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dammartin berperan penting sebagai pusat sebuah county di mana pemimpinnya memainkan peran penting dalam sejarah Perancis. Count Dammartin yang pertama kali tercatat adalah Hugh, yang menjadikannya penguasa kota pada abad ke-10; tetapi dinastinya kemudian digantikan oleh keluarga lainnya pada abad ke-11. Reynald I (Renaud), count Dammartin (wafat 1227), yang merupakan salah seorang anggota koalisi yang dikalahkan oleh Raja Philip Augustus pada pertempuran Bouvines (1214), meninggalkan dua anak, yang termuda, Maud (Matilda atau Mahaut), menikahi Philip Hurepel, anak dari Philip Augustus, dan yang kedua, Alix, menikahi Jean de Trie, di mana berkat dinasti mereka county ini kembali dipersatukan setelah kematian anak Philip Hurepel, Alberic. Kekuasaannya berpindah, melalui pewaris, kepada dinasti Fayel dan Nanteuil, dan pada abad ke-15 berpindah ke Antoine de Chabannes (wafat 1488), salah seorang kesukaan Raja Charles VII, dengan pernikahannya berama Marguerite, keturunan Reynald V dari Nanteuil-Aci dan Marie dari Dammartin. Antoine de Chabannes, count Dammartin atas istrinya, bertempur dengan cara Joan of Arc, menjadi pemimpin Ecorcheurs, ikut dalam perang rakyat melawan Louis XI, dan kemudian berperang melawan bangsa Burgundia. Gereja di Dammartin didirikan olehnya tahun 148-, dan makam dan sarkofagusnya berada di sana.

Anaknya, Jean de Chabannes, meninggalkan tiga anak, yang mana anak kedua meningalkan seorang putri yang memberikan county ini pada Philippe de Boulainvilliers, oleh pewarisnya, county ini dijual tahun 1554 pada duke Montmorency. Tahun 1632 county ini diberkati oleh Louis XIII dan dipercayakan pada pangeran Conde.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada sensus 1999, penduduknya berjumlah 7.805 jiwa.

Penduduknya disebut sebagai Dammartinois.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]