La Ferté-sous-Jouarre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lanskap La Ferté-sous-Jouarre.
La Ferté-sous-Jouarre
NegaraPrancis
ArondisemenMeaux
KantonLa Ferté-sous-Jouarre
AntarkomuneCommunauté de communes du Pays Fertois
Pemerintahan
 • Wali kota (2008-2014) Marie Richard
 • Populasi1
8.584
Kode INSEE/pos
77183
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

La Ferté-sous-Jouarre merupakan sebuah komune di departemen Seine-et-Marne di region Île-de-France di utara-tengah Prancis.

Terletak di titik perlintasan di Sungai Marne antara Meaux dan Château-Thierry.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

La Ferté-sous-Jouarre tahun 1819[sunting | sunting sumber]

Tahun 1819, pemimpin angkatan laut kelahiran Edinburgh, Norwich Duff 1792 - 1862 recorded a note on La Ferté at a time when, it would appear, restorasi Bourbon telah menghambat pembangunan jalan Napoleon. Kemudian, seperti tahun-tahun sebelumnya, ingatan tentang kehancuran masa perang masih ada di daerah ini:

...meninggalkan Meaux sebelum pukul tujuh dan setelah melintasi negara ini selama lima musim, tiba di La Ferté-sous-Jouarre, sebuah kota kecil di tepi [Sungai] Marne dan Morin, dimana kami sarapan pagi. Kota ini menyuplai kebutuhan sebagian besar Prancis, yang dianggap sebagai yang terbaik di Eropa. Tepi sungai dan masing-masing sisi jalan dipenuhi dengan barang-barang ketika kami melintasinya... Jalan dari La Ferté ke Chateau Thiéry (tujuh musim) sangat berbukit tetapi pemandangannya indah. [Kami] melewati tiga jembatan melintasi Marne yang dibangun kembali setelah diledakkan ketika serbuan Sekutu tahun 1813.

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Tanggal 14 Agustus 1921, kota La Ferté-sous-Jouarre diberi penghargaan Croix de guerre dengan alasan:

Occupée dès le début de la guerre, La Ferté a vu sa population gravement molestée par les Allemands. La Ferté a été l'objet, en 1914 et en 1918, de violents bombardements qui ont détruit nombre de ses maisons. Malgré ses deuils, La Ferté a donné un bel exemple de sang-froid et d'endurance.

(La Ferté diduduki sejak awal perang dan penduduknya dipimpin oleh Jerman. La Ferté menjadi korban pada tahun 1914 dan 1918 karena pengeboman yang menghancurkan beberapa rumah. Karena kegigihannya, La Ferté telah memberikan contoh baik mengenai keberanian dan ketahanan.)[1]

Di baratdaya kota, di tepi selatan Sungai Marne, terletak Tugu peringatan La Ferté-sous-Jouarre, yang memperingati 3000 tentara Britania tanpa makam yang tak diketahui, yang gugur dalam pertempuran di daerah itu.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Balai kota La Ferté sous Jouarre.

Pada sensus 1999, penduduknya berjumlah 8.584 jiwa.

Penduduknya disebut sebagai Fertois.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]