Conches-sur-Gondoire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Conches-sur-Gondoire
Negara Perancis
Arondisemen Torcy
Kanton Thorigny-sur-Marne
Antarkomune Marne et Gondoire
Pemerintahan
 • Wali kota (2008-2014) René Crestey
 • Populasi1 1.716
Kode INSEE/pos 77124
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

Conches-sur-Gondoire merupakan sebuah komune di departemen Seine-et-Marne di region Île-de-France di utara-tengah Perancis. Letaknya sekitar 13 mil dari Paris, dengan monumen besar termasuk biara abad ke-12, dan sebuah kastil Kekaisaran Kedua.

Hingga 1993, Conches-sur-Gondoire tetap disebut Conches. Nama sungai ditambahkan untuk membedakannya dari Conches-en-Ouche di Normandy (Eure).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama abad pertengahan, Conches-sur-Gondoire terdiri dari sebuah biara di atas bukit, tetapi selama "Perang Agama" abad ke-16, rumah dan biara dihancurkan oleh tentara Protestan. Sekarang yang tersisa adalah gereja (abad ke-13), sebuah ruang bawah tanah Gothic dengan tiang, kolam persegi bertepi batu, makam dan rumah petani. Padang rumput lembah tidak diperbolehkan untuk proses pembangunan.

Pada masa Kekaisaran Kedua, abad ke-19, kastil Conches dibangun dekat gereja. Dikelilingi oleh taman seluas 32-acre (130.000 m2) dengan kolam bulat dan pohon tinggi (sequoia, cedar, plane). Di Conches-sur-Gondoire, salah satu rumah yang tersisa di sini dimiliki oleh pelukis Perancis Maurice Boitel, yang menghasilkan sejumlah karya di desa ini selama pertengahan kedua abad ke-20. Pada tahun 1960-an, rumahnya adalah tempat pertemuan bagi banyak pelukis, ilmuwan, dan musisi, termasuk; Gabriel Deschamps, Pierre Gaillardot, Pierre Dejean, Maurice Faustino-Lafetat, Louis Vuillermoz, Albert Besson, Daniel du Janerand, dan Françoise Ardré.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada sensus 1999, penduduknya berjumlah 1.716 jiwa.

Penduduknya disebut sebagai Conchois.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]