Cupressus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cupressus
Cypress Halefka.JPG
Cupressus sempervirens
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Cupressaceae
Genus: Cupressus
L.
Spesies

Lihat teks

Genus Cupressus adalah salah satu dari beberapa genera dalam familia Cupressaceae yang memiliki nama umum cypress; untuk yang lain, lihat cypress. Genus ini dianggap sebagai kelompok polifiletik. Berdasarkan analisis genetik dan morfologi, genus Cupressus ada dalam subfamili Cupressoideae.[1][2] Nama umum berasal dari bahasa Perancis Kuno cipres dan dari bahasa Latin cyparissus, yang merupakan Latinisasi dari bahasa Yunani κυπάρισσος (kypárissos).[3]

Seperti diperlakukan saat ini, cypress ini asli dari daerah-daerah yang tersebar di terutama daerah beriklim sedang hangat di belahan bumi utara, termasuk Amerika Utara bagian barat, Amerika Tengah, barat laut Afrika, Timur Tengah, Himalaya, Tiongkok selatan dan Vietnam utara. Seperti konifer lainnya, budidaya ekstensif telah menghasilkan berbagai bentuk, ukuran dan warna, yang tumbuh di taman dan kebun di seluruh dunia.[4] Mereka adalah pohon yang hijau sepanjang tahun atau semak besar, tumbuh hingga tinggi 5–40 m. Daunnya seperti sisik, panjangnya 2–6 mm, diatur dalam pasangan decussate berlawanan, dan bertahan selama tiga sampai lima tahun. Pada tumbuhan muda sampai usia dua tahun, daunnya seperti jarum dan panjangnya 5–15 mm. Runjungnya memiliki panjang 8–40 mm, bulat atau bulat telur dengan empat sampai 14 sisik yang diatur berpasangan decussate berlawanan; mereka matang dalam 18–24 bulan dari penyerbukan. Bijinya kecil, panjangnya 4–7 mm, dengan dua sayap yang sempit, satu di sepanjang setiap sisi benih.

Banyak dari spesies yang teradaptasi dengan kebakaran hutan, menahan biji mereka selama bertahun-tahun di runjung tertutup sampai pohon induk dibunuh oleh api; biji kemudian dilepaskan untuk mengkolonisasi tanah yang terbakar. Dalam spesies lain, kerucut membuka pada saat matang untuk melepaskan biji.

Banyak spesies ditanam sebagai pohon hias di taman dan, di Asia, di sekitar kuil; di beberapa daerah, distribusi asli sulit untuk dibedakan karena budidaya ekstensif. Beberapa spesies ditumbuhkan untuk kayunya, yang bisa sangat tahan lama. Hibrida yang tumbuh cepat cypress Leyland, banyak digunakan di kebun, menarik salah satu induknya dari genus ini (cypress Monterey C. macrocarpa); orang tua lainnya, cypress Nootka, juga kadang-kadang diklasifikasikan dalam genus ini, atau dalam genus terpisah Xanthocyparis, tetapi di masa lalu biasanya di Chamaecyparis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farjon, A. (2005). Monograph of Cupressaceae and Sciadopitys. Royal Botanic Gardens, Kew. ISBN 1-84246-068-4.
  2. ^ Gadek, P. A., Alpers, D. L., Heslewood, M. M., & Quinn, C. J. (2000). Relationships within Cupressaceae sensu lato: a combined morphological and molecular approach. American Journal of Botany 87: 1044–1057)
  3. ^ κυπάρισσος, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, on Perseus Digital Library
  4. ^ Eckenwalder, James E. (2009). Conifers of the world: the complete reference. United Kingdom: Timber Press. p. 720. ISBN 0881929743. 
  • Farjon, A. (2005). Monograph of Cupressaceae and Sciadopitys. Royal Botanic Gardens, Kew. ISBN 1-84246-068-4.
  • Gadek, P. A., Alpers, D. L., Heslewood, M. M., & Quinn, C. J. (2000). Relationships within Cupressaceae sensu lato: a combined morphological and molecular approach. American Journal of Botany 87: 1044–1057. Available online.
  • Platt, Karen "Gold Fever" describes golden or yellow-leaved cultivars of Cupressus http://www.karenplatt.co.uk