Chrysomya bezziana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chrysomya bezziana

Larva dan lalat dewasa Chrysomya bezziana
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoDiptera
FamiliCalliphoridae
GenusChrysomya
SpesiesChrysomya bezziana
Villeneuve, 1914

Chrysomya bezziana, juga dikenal sebagai lalat ulat sekrup Dunia Lama (bahasa Inggris: New World screwworm fly), adalah spesies lalat yang bersifat parasit obligat pada mamalia sehingga ia membutuhkan inang untuk menyelesaikan tahapan perkembangannya. Nama spesies ini diambil dari ahli entomologi Italia, Mario Bezzi.

Lalat ini tersebar luas daerah tropis di Dunia Lama, seperti di wilayah tropis Afrika, India, beberapa negara di Timur Tengah, Asia Tenggara dan Papua Nugini.[1] Lalat dewasa berwarna hijau metalik atau biru dengan bagian wajah berwarna kuning, sementaranya bentuk larva cenderung halus dan tidak memiliki tonjolan tubuh yang jelas kecuali pada segmen terakhir.[2]

Lalat ini memakan bahan organik yang membusuk, sedangkan larvanya memakan jaringan hidup mamalia berdarah panas, tidak seperti larva lalat lainnya yang banyak memakan jaringan nekrotik yang telah mati. Penyakit akibat infestasi larva lalat disebut miasis. Karena larvanya mampu mengakibatkan kerusakan jaringan secara permanen, C. bezziana mendapatkan banyak perhatian dari publik. Pengendalian penyakit dilakukan dengan mencegah kolonisasi lalat dan mengobati infestasi larva yang sedang berlangsung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sutherst, R.W.; Spradbery, J.P.; Maywald, G.F. (1989). "The potential geographical distribution of the Old World screw-worm fly, Chrysomya bezziana". Medical and Veterinary Entomology. 3 (3): 273–280. doi:10.1111/j.1365-2915.1989.tb00228.x. ISSN 0269-283X. 
  2. ^ "Filth Flies: Significance, Surveillance and Control in Contingency Operations". AFPMB. Maret 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Maret 2009.