Chow Yun-fat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Chow Yun-Fat)
Chow Yun-fat
Nama Tionghoa周潤發 (Tradisional)
Nama Tionghoa周润发 (Sederhana)
PinyinZhōu Rùnfā (Mandarin)
JyutpingZau1 Jeon6faat3 (Kanton)
Tahun aktif1974 - sekarang
PasanganCandise Yu (1983-1983)
Jasmine Chan (1986-)

Chow Yun-fat (Hanzi sederhana: 周润发; Hanzi tradisional: 周潤發; Pinyin: Zhōu Rùnfā) (lahir 18 Mei 1955) adalah seorang aktor Hong Kong.

Ia adalah salah seorang bintang film Hong Kong yang terkenal di dunia, berada setingkat dengan Bruce Lee, Jackie Chan, Jet Li, Zhang Ziyi dan Michelle Yeoh. Namun, tidak seperti bintang-bintang film Hong Kong lainnya, Chow Yun-fat bukanlah seorang aktor bela-diri. Dengan tinggi badan 185 cm dan paras wajah yang karismatik, ia telah memenangkan penghargaan Aktor Terbaik Hong Kong sebanyak tiga kali dan Aktor Terbaik Taiwan sebanyak dua kali. Ia telah disejajarkan dengan aktor Inggris Cary Grant dan aktor Prancis Alain Delon.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Lahir sebagai orang Hakka di Pulau Lamma, Hong Kong, Chow Yun-fat dibesarkan di lingkungan komunitas pertanian, tinggal di sebuah rumah tanpa listrik. Ia bangun subuh tiap paginya untuk membantu ibunya berjualan Dimsum di pinggir-pinggir jalan. Sore harinya ia bekerja di sawah.

Keluarga Chow Yun-fat pindah ke Kowloon ketika ia berusia sepuluh tahun. Pada usia 17 tahun, ia keluar sekolah untuk membantu ekonomi keluarganya dengan bekerja sebagai bellboy, tukang pos, penjaja kamera dan sopir taksi.

Hidup Chow Yun-fat mulai berubah saat ia menjawab iklan di sebuah surat kabar dan surat lamarannya mengenai pelatihan aktor diterima oleh TVB, sebuah stasiun televisi lokal Hong Kong. Ia mendapatkan kesempatan untuk mulai berakting dan kemudian mendapatkan kontrak selama tiga tahun. Dengan tampangnya yang tampan dan gayanya yang santai, Chow Yun-fat tumbuh menjadi idola penonton sinetron dan menjadi wajah yang terkenal di dalam sinetron yang diekspor ke dunia internasional.

Karier[sunting | sunting sumber]

Tidak dibutuhkan waktu yang lama bagi Chow Yun-fat untuk menjadi aktor terkenal di Hong Kong menyusul perannya di sinetron The (Shanghai) Bund pada tahun 1980. Televisi seri ini yang bercerita mengenai naik berkuasa dan jatuhnya seorang gangster Shanghai pada era tahun 1930-an membuat Chow Yun-fat sebagai superstar. The Bund menjadi sinetron paling popular yang pernah dibuat di Hong Kong dan menjadi salah satu yang paling populer di seluruh Asia --- termasuk di Shanghai dimana jalan-jalan menjadi sepi ketika sinetron tersebut sedang ditayangkan.

Walaupun Chow Yun-fat telah sukses dengan karier di televisi (layar kaca), ia tetap bercita-cita untuk menjadi aktor film layar lebar. Namun, langkahnya untuk berkembang di dunia layar lebar dengan bermain di film-film yang beranggaran rendah gagal total.

Sukses pertamanya di dunia film akhirnya terjadi ketika ia berkerja sama dengan seorang sutradara yang masih belum terkenal saat itu bernama John Woo. Mereka membuat film gangster pada tahun 1986 dengan judul 'A Better Tomorrow'. Film ini menjadi film terlaris di beberapa negara Asia dan menjadikan Chow Yun-fat dan John Woo sebagai megastar. Chow Yun-fat memenangi penghargaan Aktor Terbaik Hong Kong pertamanya melalui film ini. Dikabarkan bahwa film ini adalah film dengan penghasilan tertinggi di Hong Kong saat itu, dan menjadi tolok ukur untuk film-film gangster Hong Kong berikutnya.

Dengan sukses ini, CHow Yun-fat kemudian keluar dari bisnis akting di televisi. Dengan persona barunya dari film 'A Better Tomorrow', ia kemudian bermain di beberapa film gangster lainnya, tetap dengan arahan John Woo, seperti A Better Tomorrow 2 (1987), The Killer (1989), A Better Tomorrow 3 (1990) dan Hard Boiled (1992).

Chow Yun-fat mungkin paling dikenal, terutama di dunia Barat, karena perannya sebagai karakter yang keras tetapi berjiwa ksatria --- baik itu sebagai polisi atau sebagai seorang kriminal. Namun sesungguhnya ia adalah seorang aktor yang serba bisa. Ia bermain di film komedi seperti Diary of a Big Man (1988) dan Now You See Love... Now You Don't (1992) atau film romantis seperti Love in a Fallen City (1984) dan An Autumn's Tale (1987).

Ia menampilkan persona yang berbeda-beda di film God of Gamblers (1989) yang disutradarai oleh Wong Jing. Di film ini ia tampil dari satu karakter ke karakter yang lain, yakni sebagai seorang perayu yang lembut hati, lalu menjadi pelawak yang lucu dan kemudian menjadi jagoan. Film ini mengejutkan banyak orang dengan menjadi film yang sangat popular (film terlaris di Hong Kong sepanjang masa saat itu) dan menyebabkan munculnya film-film bertemakan judi dan komedi serupa. Beberapa film dibuat sebagai sambungan film ini dengan dibintangi oleh Andy Lau dan Stephen Chow.

Surat kabar Amerika Serikat, The Los Angeles Times, menobatkan Chow Yun-fat sebagai 'aktor yang paling mengagumkan di dunia'. Pada saat itu, ia masih belum bermain di satu film pun buatan Amerika, tetapi ia telah menjadi idola.

Sebagai salah seorang bintang film terlaris di Hong Kong, Chow Yun-fat masuk ke Hollywood di pertengahan tahun 90-an sebagai upaya untuk mengulangi suksesnya di dunia film dalam skala yang lebih besar. Dua film pertamanya di Hollywood, Replacement Killers (1998) dan The Corruptor (1999) tidaklah laris. Film berikutnya, Anna and the King (1999), sedikit lebih laris, tetapi kemajuan ini sebagian besar terjadi karena nama Jodie Foster.

Chow Yun-fat kembali ke Asia untuk bermain di film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), dan ternyata film terebut menjadi pemenang di daftar film terlaris di dunia dan di festival film Oscar. Pada tahun 2004, ia muncul sebagai aktor cameo di film independen terkenal China berjudul Waiting Alone. Pada tahun 2006, ia bermain bersama dengan Gong Li untuk membintangi film baru berjudul The Curse of the Golden Flower yang disutradarai oleh Zhang Yimou.

Chow Yun-fat saat ini masih menunggu karier sukses yang pernah dialaminya di Hong Kong. Sekali waktu ia pernah mengaku pada seorang wartawan Hong Kong bahwa ia bercita-cita untuk mendapatkan piala Oscar. Ketika ditanya bagaimana reaksinya apabila hal itu tidak pernah terjadi, ia hanya menjawab, "(Kalau begitu) saya hanya bisa menertawakan hal itu ..."

Saat ini ia telah dikontrak untuk bermain sebagai seorang bajak laut hantu, bernama Kapten Sao Feng, di film Pirates of the Caribbean seri ke-3 bersama Johnny Depp. Film ini rencananya akan dirilis pertengahan tahun 2007.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Inggris Judul Tionghoa Peran Catatan
1976 Learned Bride Thrice Fools the Bridegroom 新蘇小妹三難新郎
The Hunter, the Butterfly and the Crocodile 撈家邪牌姑爺仔
Reincarnation 投胎人
Massage Girls 池女 Aka Club Girl Story
1977 Hot Blood 入冊 "Ah Cheng"
Bed for Day, Bed for Night 床上的故事
1978 Miss "O" O女 "Kuan Yen-ping"
Their Private Lives 愛慾狂潮 "Ko Ming-chung"
1980 See-Bar 師爸 "Git" aka "Chieh" Aka God Father
Pembunahan Pursuit 懵佬,大賊,傻偵探 "killer"
Police Sir! 係咁先 "Sersan Chu Hwa-tai"
Joy to the World 喜劇王 "Yam Chung-lung" Aka King of Comedy
1981 The Executor 執法者 "Ng Tao" aka Heroic Cops (kameo)
The Story of Woo Viet 胡越的故事 "Woo Viet"
1982 Postman Strikes Back 巡城馬 "Fu Jun" aka Postman Fights Back
The Head Hunter 獵頭 "Yuen Lik" aka Long Goodbye
1983 Last Affair 花城 "Kwong Ping"
The Bund 上海灘 "Hui Man-keung" aka Shanghai Beach
The Bund Part II 上海灘續集
Blood Money 血汗金錢 "Bullet" aka Bloody Money
Katanyu Prakasit film Thailand
1984 Love in a Fallen City 傾城之戀 "Fan-liu Yuen"
Hong Kong 1941 等待黎明 "Yip Kim-fei"
The Occupant 靈氣逼人 "Inspektur Valentino Chow" aka The Tenant
1985 Women 女人心 "Derek Sun"
Why Me? 何必有我? "Mr Chow"
1986 Nepal Affair 奇緣 "Joe" aka Witch from Nepal
Love Unto Waste 地下情 "Inspector Lan"
Missed Date 初一十五 "Peter"
Dream Lovers 夢中人 "Song Yu"
A Better Tomorrow 英雄本色 "Mark Gor"
Seventh Curse 原振俠與衛斯理 "Wesley"
Rose 玫瑰的故事 "Charles"
"Ga Ming"
aka Story of Rose
aka Lost Romance
The Lunatics 癲佬正傳 "Chung"
100 Ways to Murder Your Wife 殺妻二人組 "Fa" aka Killing Wives Softly
A Hearty Response 義蓋雲天 "Ho Ting-bon"
My Will, I Will 你情我願 aka You Want, I Want
1987 City on Fire 龍虎風雲 "Ko Chow"
Spiritual Love 鬼新娘 "Pu Yung-tsai" aka Phantom Bride
Flaming Brothers 江湖龍虎門 "Tin" aka The Flame Brothers
Scared Stiff 小生夢驚魂 "Inspector Chow"
An Autumn's Tale 秋天的童話 "Samuel Pang"/"Sampan"
Tragic Hero 英雄好漢 "Li Ah-chai"
Brotherhood 義本無言 "Fai" aka Code of Honor
aka Triad Savages
Prison on Fire 監獄風雲 "Chung Tin-ching"
Rich and Famous 江湖情 "Boss Li Ah-chai"
A Better Tomorrow II 英雄本色續集 "Ken Lee"
The Romancing Star 精裝追女仔 "Wong Yat-fat"
1988 City War 義膽紅唇 "Dick Lee"
Goodbye My Friend 再見英雄
The Eighth Happiness 八星報喜 "Fong Kim-long"
Fractured Follies 長短腳之戀 "Joe Leung"
Romancing Star II 精裝追女仔之2 "Wong Yat-fat" aka "Big Mouth Fat" (kameo)
Tiger on Beat 老虎出更 "Sergeant Francis Li" aka Tiger on the Beat
Greatest Lover 公子多情 "Qian Jin" aka "Nelson Chow"
Cherry Blossoms 郁達夫傳奇 "Yu Ta-fu (adult)" aka Legend of Yu Ta-fu
The Diary of a Big Man 大丈夫日記 "Chow Ting-fat"
1989 All About Ah-Long 阿郎的故事 "Ah-long"
co-penulis
The Killer 喋血雙雄 "Jeff"
A Better Tomorrow III 英雄本色III夕陽之歌 "Mark"
God of Gamblers 賭神 "Ko Chun"
Triads: The Inside Story 我在黑社會的日子 "Lee Man-ho"
Wild Search 伴我闖天涯 "Sersan Lau Chun-pong"
1990 The Fun, the Luck & the Tycoon 吉星拱照 "Lam Bo-sun"
"Stink"
chow memainkan dua peran.
1991 Once a Thief 縱橫四海 "Joe"
Prison on Fire II 監獄風雲II逃犯 "Chung Tin-ching"
1992 Now You See Love, Now You Don't 我愛扭紋柴 "Ng San-shui" aka Now You See It, Now You Don't
Hard Boiled 辣手神探 "Tequila Yuen"
Full Contact 俠盜高飛 "Jeff" aka "Gou Fei"
1994 God of Gamblers Returns 賭神2 "Ko Chun" aka The Return of the God of Gamblers
Treasure Hunt 花旗少林 "Jeffrey Chang Ching"
1995 Peace Hotel 和平飯店 "Wong A Ping" / "killer"
co-penulis
1998 The Replacement Killers "John Lee"
1999 The Corruptor "Nick Chen"
Anna and the King "King Mongkut"
2000 Crouching Tiger, Hidden Dragon 臥虎藏龍 "Li Mu-bai"
2003 Bulletproof Monk "Monk with no name"
2005 Waiting Alone 独自等待 "Ge Fa" (kameo)
2006 The Postmodern Life of My Aunt 姨媽的後現代生活 "Pan Zhichang"
Curse of the Golden Flower 滿城盡帶黃金甲 "Emperor Ping"
2007 Pirates of the Caribbean: At World's End "Kapten Sao Feng"
2008 The Children of Huang Shi 黃石的孩子 "Chen Hansheng" aka The Bitter Sea
2009 Dragonball Evolution 龍珠進化 "Muten Roshi"
The Founding of a Republic 建國大業 "Yuan Shikai" (kameo)
2010 Confucius 孔子 "Confucius"
Shanghai 谍海风云 "Anthony Lan-ting"
Let the Bullets Fly 讓子彈飛
2011 The Founding of a Party 建党伟业 "Yuan Shikai"
2012 The Assassins 铜雀台 "Cao Cao"
The Last Tycoon 大上海 "Cheng Daqi"
2013 The Monkey King 大鬧天宮 "Jade Emperor"
2014 From Vegas to Macau 賭城風雲 "Ken"
2015 From Vegas to Macau II 賭城風雲Ⅱ "Ken"
2016 From Vegas to Macau III 賭城風雲III "ken"

Serial TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Inggris Judul Tionghoa Peran Episode Catatan
1974 Chinese Folklore: God of River Lok 民間傳奇系列:洛神
1975 Chinese Folklore: Dream of the Red Chamber
Little Women
Broken Pieces
Beautiful Ladies
1976 Seven Women
Lady Yang
Hotel
128
aka Mad Tide, Raging Tides
The Killer I
20
aka Hitman 72 Hours
The Itinerant Boy
20
aka The Vagabond
1977 A House is not a Home 家變
80
aka Family Change
Thirteen - 4 - Suffocation
1978 The Giants 強人
110
aka Powerful People
Conflict 奮鬥
80
aka Ancient Battle
Mystery Beyond
chow appeared in 3 episodes
Vanity Fair
The Heated Wave of Youth
1979 The Good, The Bad and The Ugly 網中人 ching Wai
80
aka Man in the Net
Heavenly Rainbow
80
aka Over the Rainbow
The Landlord
13
Man From Hong Kong
13
When a Woman is 30
1980 The Bund 上海灘
25
Aka Shanghai Tan
aka Shanghai Beach
The Brothers
75
Aka Family Feelings
Seekers 前路
20
Aka The Road Ahead
1981 Good Old Times 鱷魚潭
20
Aka Alligator Pool
The Shell Game II 千王群英會
20
1982 The Fate 火鳳凰
20
Aka Flaming Phoenix
The Legend of Master So
20
The Maverick
20
1983 Radio Tycoon 播音人 "Wei Yechang"
30
Angels and Devils 北斗雙雄 "Yue Fan"
20
The Superpower 天降財神 "Tin Yat"
20
1984 State of Divinity
30
Smiling Proud Wanderer 笑傲江湖 "Linghu Chong"
20
1985 Battle Among the Clans 大香港 "Lok Chung Hing"
26
Aka Big Hong Kong
Police Cadet '85 新紮師兄第 II
40
Aka Police Cadet II
1986 The Yang's Saga 楊家將
6
??? Small and Alone in the World

[1][2][3]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chow Yun-fat di IMDb". Internet Movie Database. Diakses tanggal 27 Maret 2008. 
  2. ^ "Chow Yun-fat di HKMDb". Hong Kong Movie Database. Diakses tanggal 27 Maret 2008. 
  3. ^ "Chow Yun-fat pada Hong Kong Cinemagic". Hong Kong Cinemagic. Diakses tanggal 27 Maret 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]