Changi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk bandar udara bernama Changi, lihat Bandara Internasional Changi Singapura.
Changi
Changi beach.jpg
Matahari terbenam di Pantai Changi
Changi Planning Area locator map.png
Inggris Changi
Tionghoa 樟宜
– Pinyin Zhāngyí
Melayu Changi
Tamil சாங்கி

Changi adalah sebuah distrik di sebelah timur Singapura. Berbatasan dengan Pasir Ris dan Tampines di sebelah barat dan Changi Bay di sebelah timur. Changi, yang termasuk salah satu dari dua tempat penyangga air di pulau Singapura, adalah distrik terbesar di negara ini berdasarkan luas wilayah.

Sekarang, Changi merupakan kawasan penerbangan. Di daerah ini terletak Bandara Internasional Changi dan juga Pangkalan Udara Changi.

Di Changi terdapat penjara terbesar di Singapura, yaitu Penjara Changi. Tempat ini menjadi terkenal sebagai bekas tempat Kamp Tawanan Perang Jepang selama Pendudukan Jepang di Singapura di Perang Dunia II yang menjadi tempat tahanan setelah jatuhnya Singapura pada Februari 1942. Penjara Changi menjadi salah satu fasilitas pemerintah tertua yang masih beroperasi Singapura.

Letaknya dekat laut, juga memiliki terminal feri, yaitu Changi Ferry Terminal. James Clavell berdasarkan novelnya King Rat menurut pengalamannya sebagai tawanan perang di Changi.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Changi
Bandar Udara Changi (sisi dalam)

Asal Bahasa Melayu untuk nama tempat Changi sebelumnya adalah Tanjong Rusa, yang ditemukan di peta Singapura tahun 1604 oleh E.G. de Eredia.

Asal nama Changi ditemukan dalam sejarah paling awal Singapura. Pada peta 1828 oleh Franklin dan Philip Jackson, ujung tenggara yang ekstrim di pulau ini disebut sebagai Tanjong Changi. Nama lokal Changi sepertinya memiliki makna tertentu oleh orang-orang Malaysia di Singapura, terutama pada abad keenam belas di Kerajaan Johor yang terletak di Sungai Johor. Setiap kapal yang melewati Selat Johor harus melewati Changi.

Sangat banyak versi yang menyatakan etimologi dari asal nama Changi. Salah satu sumber mengatakan bahwa itu berasal dari semak memanjat, atau ular Changi (Apama corymbosa), yang tumbuh di daerah ini. Klaim yang laim menyatakan bahwa nama itu berasal dari pohon yang tinggi, pohon chengai (Balanocarpus heimii), yang banyak dijumpai di daerah ini pada awal abad kesembilan belas. Changi juga bisa menjadi variasi dari kayu lokal bernama chengai. Kayu lokal yang berat ini umumnya digunakan untuk bangunan dan furnitur, dan dikenal karena kekuatannya dan terkenal karena warnanya yang kaya dan mendalam.

Selama survei di awal 1820-an hingga tahun 1830-an di pulau Singapura, Changi juga dinamakan dengan Franklin Point untuk menghormati Kapten Franklin yang terlibat sebagai salah satu penemu awal pulau Singapura. Sepertinya pemerintah kolonial telah memutuskan untuk menggunakan nama tempat mereka sendiri dibandingkan nama Melayu yang ada untuk Changi.

Sekitar tahun 1900-an, Changi adalah tempat favorit bagi harimau. Harimau betina disebut dapat berenang dari Johor ke Pulau Ubin untuk beristirahat, sebelum menyelesaikan perjalanan mereka ke Singapura. Harimau akan mendarat di Ferry Point dan melahirkan di daerah ini, begitu juga harimau di pulau ini yang umumnya masih muda.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Airline House, markas besar Singapore Airlines, di latar belakang

Singapore Airlines bermarkas di Airline House, di Bandara Internasional di Changi.[1] SilkAir juga bermarkas di Airline House. Singapore Airlines Cargo bermarkas di SATS Airfreight Cargo Terminal 5. Jetstar Asia Airways, Scoot, and Valuair bermarkas di Terminal 1 di bandara. Tiger Airways berkantor di Honeywell di Changi Business Park Central 1[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

The Japanese School Singapore Kampus Changi berada di daerah ini.[3]

Tempat terkenal[sunting | sunting sumber]

Pemandangan dari Changi Point, menunjukkan gambar dari Sungai Changi (Changi River), Changi Beach Park, Changi Golf Club, Changi Point Coastal Walk, Changi Point Ferry Terminal, dan Changi Village Hotel.
  • Changi Beach Park
  • Changi Boardwalk
  • Desa Changi
  • Universitas Teknologi dan Desain Singapura

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Airline Ground Positions." Singapore Airlines. Retrieved on 11 July 2009.
  2. ^ "Singapore Air Operators." (Archive) Civil Aviation Authority of Singapore. Retrieved on 31 October 2012.
  3. ^ "CHANGI CAMPUS." (Archive) The Japanese School Singapore. Retrieved on 8 January 2014.