Tengah, Singapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tengah adalah kawasan perencanaan dan Lembaga Perumahan dan Pembangunan masa depan yang terletak di Wilayah Barat Singapura. Dibatasi oleh Choa Chu Kang di timur laut, Jurong East dan Jurong West di selatan, Bukit Batok di timur dan Kawasan Tadahan Air Barat di barat dan utara.

Dulunya merupakan kawasan terbatas militer, Tengah saat ini dicadangkan untuk pembangunan perumahan di masa depan, menjadikannya kota Dewan Pembangunan dan Perumahan terbaru di Singapura sejak pengembangan Punggol pada 1990-an.[1]

Setelah demiliterisasi kawasan latihan militer di Tengah, perkebunan pertama, Plantation Grove, diluncurkan di Tengah pada November 2018.[2] Tengah dibagi menjadi beberapa distrik, yaitu Plantation, Park, Garden, Market Place, Forest Hill, dan Brickland Distrik.

Bagian barat daya Tengah akan dikembangkan sebagai bagian dari Distrik Inovasi Jurong, pengembangan industri yang lebih baru dibandingkan dengan Kawasan Industri Jurong.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980-an, di bawah rencana pemukiman kembali pemerintah, penduduk Desa Hong Kah dan Kampong Ulu Jurong dipindahkan ke kota-kota terdekat yang baru dibangun oleh pemerintah, terutama ke daerah Jurong Green, Mata Air Jurong, dan Bukit Batok yang sekarang . Sekolah dipindahkan ke tempat lain dan salah satu contohnya adalah Sekolah Dasar Xingnan , yang dulu beroperasi di sebuah kuil di sepanjang "Hong Kah Road" di desa tersebut. Perkebunan HDB di Jurong Green dan Jurong Spring diberi nama "Hong Kah", yang mungkin berarti sebagian besar penduduk desa bermukim kembali di sana. Ketika desa dibersihkan, PIE dan KJEproyek dimulai di area tersebut, yang mengarah ke penciptaan "Jurong West Avenue 2" yang menyebabkan kebangkitan Jurong West dan Choa Chu Kang. Bagian barat menjadi tidak dapat diakses publik pertama kali pada tahun 1996 dan digunakan oleh militer untuk kegiatan pelatihan (di sebelah barat Jurong Road Track 22), diikuti oleh bagian timur Hong Kah (di sebelah timur Jurong Road Track 22) di 2005.

Dulu, ada beberapa jalan desa yang melayani kawasan tersebut. Jalan seperti Jalan Hong Kah/Lane/Drive/Circle, Jalan Sing Nan, Jalan Kian Hong, Jalan Keladan, Jalan Beka, Jalan Pelawan, Jalan Jelawi, Jalan Sena, Lorong Putek, Jalan Buey, Jalan Mandar dan Jalan Ara. Beberapa ruas jalan terakhir seperti Jalan Lam Sam dan Jalan Chichau masih ada hingga Januari 2019. Jurong Road ditutup pada 27 September 2020 dan digantikan oleh Tengah Way dan Tengah Drive.

Pada tahun 2018, pekerjaan konstruksi besar-besaran untuk perkebunan HDB dimulai di area perencanaan C1 & C2 Tengah, yang diperkirakan selesai pada tahun 2025. Sebagian besar pekerjaan konstruksi akan dipimpin oleh China Construction (South Pacific) Pte Ltd sedangkan beberapa konstruksi lokal lainnya perusahaan juga akan bertanggung jawab atas pekerjaan konstruksi. Rumah susun HDB di Tengah dibangun melalui komponen pracetak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Janice Heng (8 September 2016). "Tengah, the first HDB town since Punggol, to have forest fringe, car-free town centre". The Straits Times. 
  2. ^ "HDB launches 7,214 BTO flats, including first project in Tengah". Channel NewsAsia. 13 November 2018. Diakses tanggal 25 January 2020.