Buona Vista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nama
Inggris: Buona Vista
China: 波娜维斯达
(Pinyin: Bōnàwéisīdá)
Melayu: Buona Vista
Tamil: பியோநா விஸ்டா

Buona Vista adalah sebuah tempat dan subdivisi negara kota Singapura, dan sering dirujuk sebagai kota. Sebagai subdivisi utama, dilayani oleh Buona Vista MRT Station di jalur Timur-Barat, Jalur Lingkaran dan Jalur Utara-Barat berkode EW21 / CC22 / NW19 oleh sistem MRT. Buona Vista juga memiliki terminal bus.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Buona Vista dekat dengan estate Dover dan Ghim Moh, dan Desa Holland. Buona Vista juga berbagi nama dengan North Buona Vista Road dan South Buona Vista Road, yang merupakan jalan berliku berbukit terkenal yang melalui Kent Ridge dan terkenal di kalangan pencari sensasi dan pembalap.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Buona Vista mendapatkan namanya dari pemandangan daerah itu yang bagus— buona vista berarti "pemandangan yang bagus". North Buona Vista Road diberi nama secara resmi pada 1972.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Biopolis

Civil Service College, Kementerian Pendidikan dan one-north terletak dekat dengan Stasiun MRT Buona Vista. National University Hospital (NUH) dihubungkan oleh bus shuttle yang membawa penumpang dari dan ke Stasiun MRT.

Fasilitas yang ada termasuk Gelanggang Renang Buona Vista dan pusat masyarakat yang terletak di Holland Drive.

Hingga kini, daerah Buona Vista masih mengalami perkembangan pesat.

Sejarah politik[sunting | sunting sumber]

Buona Vista terbagi antara Holland-Bukit Timah Group Representation Constituency (GRC) dan West Coast GRC. Anggota parlemen bagian milik Holland-Bukit Timah GRC, yang termasuk Holland Drive dan Holland Village ialah Lim Swee Say, yang merupakan Menteri, Jabatan Perdana Menteri.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Victor R Savage, Brenda S A Yeoh (2003), Toponymics - A Study of Singapore Street Names, Eastern Universities Press, ISBN 981-210-205-1