Cepedak, Bruno, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Desa Cepedak
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Bruno
Pemerintahan
 • Kepala desa Kepala Desa Tatas S
Kodepos 54261
Luas 17,2 km / 8,84 km2
Jumlah penduduk 1.767
Kepadatan -

Cepedak adalah desa di kecamatan Bruno, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Cepedak berada di sebelah utara Kabupaten Purworejo yang jaraknya sekitar 45 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju lokasi tersebut bisa menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi. Jalan yang berkelok-kelok membuat wisatawan menikmati perjalan menuju Desa Cepedak.

Wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Desa Cepedak terdiri dari dusun-dusun:

  1. Karang Jaha
  2. Sikempong,
  3. Gondosuli
  4. Singgolopo
  5. Munggang Sari
  6. Sirebut
  7. Sukan
  8. Dapurno
  9. Banjaran
  10. Rowopanjang
  11. Cepedak Krajan
  12. Mberan
  13. Ndogleg
  14. Cuit
  15. Ndukuh
  16. Klerang
  17. Njetis.

Media[sunting | sunting sumber]

Media berita saat ini: Cepedaknews

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah yang ada di Desa Cepedak:

  1. TK Pertiwi Cepedak
  2. SD Negeri 1 Cepedak
  3. MI Imam Puro Cepedak
  4. SD Negeri 2 Cepedak
  5. SMP PGRI BRUNO DI CEPEDAK

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

  • Gunung Bengkuk

Remaja di Desa Cepedak mempunyai komunitas trail yang bisa untuk menjelajah hutan. Komunitas tersebut kemudian mengembangkan usaha dengan berwisata alam mendaki Gunung Bengkuk dengan mengendarai trail.  Jika naik trail bisa ditempuh sekitar 30 menit. Tapi kalau jalan kaki bisa mencapai dua jam. Tinggi Gunung Bengkuk 1.067 Mdpl. Tarif yang dikenakan pun cukup terjangkau, yaitu hanya berkisar antara Rp 150 ribu sampai Rp300 ribu. Tarif tersebut disesuaikan dengan jarak dan tingkat kesulitan jalur yang akan ditempuh.  Untuk menikmati wisata trail ini tinggal mendaftar di Kantor Pusat Informasi Wisata Gunung Bengkuk Desa Cepedak. Wisatawan akan dilayani mulai pagi hari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Wisata trail ini dibagi menjadi tiga paket. Yang pertama adalah rute pendek seperti pada wisata jeep tanpa pemandu. Jadi pengunjung akan mengendarai trail sendiri dengan mengikuti jeep. Tarifnya paling murah yaitu Rp 150 ribu. Jika pengunjung membutuhkan pemandu atau ingin dibonceng bisa memilih paket kedua. Tarifnya adalah Rp 200 ribu. Rutenya sama dengan paket sebelumnya yaitu rute pendek.  Rute yang ketiga adalah rute jauh. Rute ini sama dengan rute pendek namun ditambah jaraknya hingga mencapai puncak Gunung Bengkuk. Tarifnya Rp 300 ribu. Pengunjung juga dijamin tidak perlu antre untuk menggunakan trail wisata karena jumlah armada yang disiapkan cukup memadai, yakni 25 sepeda motor. Kepala Desa Cepedak, Tatas Sudirohandojo mengatakan, paket wisata Gunung Cepedak nantinya akan dikelola desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selain wisata alam, Desa Cepedak juga menawarkan wisata kuliner. Di pasaran Desa Cepedak ada makanan khas yakni nasi belut dan menu ikan tawar lainnya. Wisatawan bisa menikmati nasi belut setelah berwisata di alam.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]