Cefalù

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cefalù
Comune di Cefalù
Negara Italia
WilayahSisilia
ProvinsiPalermo (PA)
FrazioniSant'Ambrogio, Gibilmanna
Pemerintahan
 • Wali kotaRosario Lapunzina (PD)
Luas
 • Total65 km2 (25 sq mi)
Ketinggian
16 m (52 ft)
Populasi
 (2007)
 • Total13.777
 • Kepadatan210/km2 (550/sq mi)
DemonimCefaludesi, Cefalutani
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode pos
90015
Kode area telepon0921
Santo/a PelindungMadonna dell'Immacolata
- Hari8 Desember
Situs webSitus web resmi
Katedal Cefalù.

Cefalù (pengucapan bahasa Italia: [tʃefaˈlu]; bahasa Sisilia: Cifalù; Yunani: Κεφαλοίδιον Kephaloídion, Diod., Strabo, atau Κεφαλοιδίς Kephaloidís, Ptol.; Latin: Cephaloedium, atau Cephaloedis, Plinius) adalah sebuah kota dan comune yang terletak di pesisir utara Provinsi Palermo, di Pulau Sisilia, Italia. Kota ini tertletak di pesisir Laut Tyrrhenia sekitar 70 kilometer (43 mi) di sebelah timur ibu kota provinsi di Palermo dan sekitar 185 kilometer (115 mi) di sebelah barat Messina. Kota ini berpenduduk sekitar 14.000 jiwa serta merupakan salah satu kota wisata penting di Sisilia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cefalù didirikan oleh orang-orang Yunani Kuno dan diberi nama berdasarkan letaknya di atas bukit batu yang tinggi dengan lereng curam yang menjorok ke arah laut. Meskpun namanya berasal dari bahasa Yunani, kota ini tidak ditemukan di catatan-catatan Thukidides, yang menyebutkan bahwa Himera adalah satu-satunya koloni Yunani di wilayah tersebut.[1] Dapat diperkirakan bahwa Cephaloedium pada saat itu hanya merupakan sebuah benteng (φρούριον) yang dimiliki oleh orang Himera dan baru kemudian mulai dihuni oleh lebih banyak penduduk setelah kehancuran Himera. Nama kota ini pertama kali muncul dalam sejarah pada masa ekspedisi Kartago di bawah Himilco pada tahun 396 SM, ketika ia membuat sebuah perjanjian dengan penduduk Himera dan penduduk Cephaloedium.[2] Akan tetapi setelah Kartago dapat dikalahkan, Dionysius I mengangkat dirinya menjadi Raja Cephaloedium, Cephaloedium kemudian diserang dan direbut oleh Agathokles pada tahun 307 SM.[3] Pada Perang Punisia Pertama, kota ini ditaklukkan oleh armada Romawi di bawah pimpinan Atilius Calatinus dan Scipio Nasica pada tahun 254 SM melalui persekongkolan bukan melalui pertempuran.[4] Cicero menyebut Cephaloedium sebagai kota yang berkembang, memiliki kewenangan municipium, dann mencetak uang logamnya sendiri. Pada masa itu, kota ini menjadi salah satu civitates decumanae yang membayar upeti ke Romawi dan mendertia pada masa penyalahgunaan wewenang Verres.[5] Cephaloedium ditemukan lagi di catatan-catatan sejarah lainnya oleh geografer-geografer kuno seperti Strabo, Plinius, dan Ptolemaeus, sebagai salah satu kota di Sisilia.[6]

Setelah Kekaisaran Romawi Barat jatuh, kota ini diambil alih oleh Kekaisaran Romawi Timur dan pemukimannya sebagian dipindahkan dari wilayah dataran ke atas bukit. Pada tahun 858, kota ini dikuasai oleh orang Arab dan diubah namanya menjadi Gafludi. Selama dua abad kemudian, Gafludi berada di bawah kekuasaan Keamiran Sisilia.

Pada tahun 1063, kota ini direbut oleh pasukan Italo-Norman. Raja Ruggeru II dari Sisilia pada tahun 1131 memindahkan kembali pemukiman kota dari wilayah atas bukit ke wilayah kaki dan memulai pembangunan sebuah katedral. Pada saat itu kota ini masih dihuni oleh orang Yunani Bizantium yang masih berada di bawah Gereja Bizantium Timur, beserta beberapa orang Arab.[7] Antara abad ke-13 dan tahun 1451, kota ini berada di tangan beberapa keluarga bangsawa feodal sebelum akhirnya berada di bawah Keuskupan Cefalù.

Pada masa Risorgimento, Salvatore Spinuzza tewas ditembak di kota ini pada tahun 1857. Cefalù menjadi bagian dari Kerajaan Italia pada tahun 1861.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ vi. 62
  2. ^ Diod. xiv. 56
  3. ^ Id. xx. 56.
  4. ^ Id. xxiii., Exc. Hoesch. p. 505.
  5. ^ Cic. Verr. ii. 5. 2, iii. 43.
  6. ^ Strab. vi. p. 266; Plin. iii. 8. s. 14; Ptol. iii. 4. § 3; Itin. Ant. p. 92; Tab. Peut.
  7. ^ Loud, G. A. (2007). The Latin Church in Norman Italy. Cambridge University Press. hlm. 494. ISBN 978-0-521-25551-6. 
Sumber

Pranala luar[sunting | sunting sumber]