Cakram optik Nintendo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cakram optik Nintendo
Nintendo GameCube Game Disc and Wii Optical Disc.jpg
GameCube Game Disc (left) and Wii Optical Disc (right)
Jenis mediaRead-only optical disc
PenyandianDigital
KapasitasGameCube: 1.5 GB
Wii: 4.7 GB / 8.54 GB
Wii U: 25 GB
Mekanisme bacaLaser
PengembangNintendo
Panasonic
Dimensi fisikGCN: 8 cm ([convert: unknown unit])
Wii/Wii U:12 cm ([convert: unknown unit])
PenggunaanGameCube
Wii
Wii U

Cakram optik Nintendo adalah format cakram optik yang digunakan untuk mendistribusikan permainan video yang dirilis oleh Nintendo. Ini termasuk Cakram GameCube, Cakram Optik Wii, dan Cakram Optik Wii U. Ukuran fisik dari cakram GameCube adalah seukuran miniDVD, dan cakram optik Wii dan Wii U seukuran DVD. Cakram GameCube dapat digunakan dengan Wii model pertama dan Cakram Optik Wii dapat digunakan di Wii U untuk kompatibilitas mundur. Sebuah burst cutting area terletak pada cincin bagian dalam dari permukaan cakram.

Format[sunting | sunting sumber]

Bagian dari BCA dari cakram optik Nintendo dengan dua dari enam potongan tambahan terlihat.

Cakram GameCube[sunting | sunting sumber]

Cakram GameCube (DOL-006) adalah media permainan untuk GameCube, yang dibuat oleh Matsushita (Panasonic), dan kemudian diperluas untuk digunakan pada Wii melalui kompatibilitas. Cakram GameCube adalah teknologi berbasis miniDVD 1,5 GB, 8 cm yang berputar pada constant angular velocity (CAV). Ini dipilih oleh Nintendo untuk mencegah pelanggaran hak cipta dari permainan, untuk mengurangi biaya dengan menghindari biaya lisensi ke DVD Forum dan untuk mengurangi waktu loading. Ini juga mencegah konsol itu digunakan sebagai pemutar DVD.

Salah satu kelemahan cakram GameCube adalah kapasitas penyimpanannya yang relatif kecil. Akibatnya, beberapa permainan dengan data yang besar harus ditempatkan di dua cakram, seperti Resident Evil 4 dan Enter The Matrix. Permainan multi-platform yang muat di cakram DVD PlayStation 2 dan Xbox kadangkala memiliki fitur-fitur tertentu yang dihapus agar muat pada cakram GameCube. Adegan full-motion video dan audio dikompresi agar muat pada satu cakram, sehingga mengurangi kualitasnya. Sebelum GameCube, konsol-konsol Nintendo menggunakan media berbasis kartrid.

Cakram Optik Wii[sunting | sunting sumber]

Cakram Optik Wii (RVL-006) adalah media fisik permainan untuk Wii, yang dibuat oleh Panasonic. Nintendo memperluas teknologi milik mereka untuk menggunakan cakram berbasis DVD ukuran 12 cm, 4.7/8.54 GB, memungkinkan untuk memiliki manfaat dari cakram GameCube, sementara memiliki kapasitas standar DVD-ROM lapisan ganda. Meskipun Wii dapat menggunakan cakram lapisan ganda (dual-layer), semua judul yang dirilis sebelum Super Smash Bros Brawl menggunakan cakram lapisan tunggal (single-layer).[1][2] Dengan dirilisnya Super Smash Bros Brawl, Nintendo mengakui bahwa beberapa konsol Wii mungkin memiliki kesulitan membaca cakram lapisan ganda karena lensa laser yang kotor.[3] Nintendo memperbaiki konsol dengan masalah dual-layer, dan kemudian merilis sebuah kit pembersih bagi pengguna yang membeli.[4]

Cakram Optik Wii U[sunting | sunting sumber]

Cakram Optik Wii U (WUP-006) adalah media permanan fisik untuk Wii U, dengan kapasitas 25 GB. Konsol Wii U ini kompatibel dengan Cakram Optik Wii, tetapi tidak kompatibel dengan cakram Nintendo GameCube.[5] Cakram optik yang digunakan untuk Wii U memiliki tampilan yang berbeda dari kebanyakan cakram optik lainnya dengan adanya tepi halus dan bulat.[6]

Format ini dikembangkan dan disediakan oleh Panasonic, yang merupakan salah satu yang pemegang hak paten utama dalam teknologi Blu-ray.[butuh rujukan] Hal ini tidak jelas apakah Cakram Optik Wii U mirip dalam desain fisik untuk spesifikasi fisik cakram Blu-ray.[butuh klarifikasi] Mantan presiden Nintendo Satoru Iwata menyatakan, "Wii U tidak memiliki kemampuan memutar DVD atau Blu-ray. Alasan untuk itu adalah bahwa kita merasa bahwa cukup banyak orang yang sudah memiliki perangkat yang mampu memutar DVD dan Blu-ray, seperti bahwa itu tidak menjamin biaya yang terlibat untuk membangun fungsi itu ke konsol Wii U karena paten yang terkait dengan teknologi tersebut", seperti dengan cakram optik GameCube dan Wii, dipilih oleh Nintendo untuk mencegah pelanggaran hak cipta dari permainan, untuk mengurangi biaya dengan menghindari biaya lisensi untuk Blu-ray Disc Association (BDA) dan untuk mengurangi waktu loading. Hal ini juga mencegah konsol digunakan sebagai pemutar Blu-ray.[7]:3

Burst cutting area[sunting | sunting sumber]

Masing-masing cakram optik Nintendo berisi tanda burst cutting area (BCA), sejenis kode batang yang ditulis ke cakram dengan sinar laser YAG. Data yang disimpan di tanda BCA meliputi tabel terenkripsi yang berkaitan dengan sistem anti-pembajakan berbasis perangkat keras, selain data tidak terenkripsi berukuran 64 byte yang dapat diakses pengguna.[8]

Tanda BCA dapat dilihat dengan mata telanjang. Bedakan dengan tanda IFPI yang ada di semua cakram optik. BCA dijelaskan dalam Lampiran K dari spesifikasi fisik, dan dapat dilihat antara radius 22,3±0,4 mm dan 23,5±0,5 mm. Ada juga enam potongan kecil tambahan berjarak merata di luar radius BCA, yang berkaitan dengan sistem anti-pembajakan yang digunakan. Potongan kecil ini dapat dilihat dengan jelas jika cakram dipegang di depan sumber cahaya yang kuat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Review – Super Smash Bros. Brawl". SlashGear. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  2. ^ "Tobacco smoke makes Super Smash Bros Brawl unplayable on Wii". TG Daily. 2008-02-06. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  3. ^ Scott Colbourne (2008-03-20). "Not just a smash, a Super Smash". Toronto: The Globe and Mail. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  4. ^ Nintendo of America. "Repair Form for U.S. Residents". Nintendo of America. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 10, 2008. Diakses tanggal 2008-03-09. 
  5. ^ Klepek, Patrick (2011-06-08). "Wii U Does Not Play GameCube Games". Giant Bomb. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  6. ^ Gilbert, Ben (2012-11-12). "Take a very, very close look at the round-edged Wii U proprietary discs". Engadget. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  7. ^ "2011 E3 Expo Analyst Q & A Session". Nintendo. June 8, 2011. Diakses tanggal July 1, 2014. 
  8. ^ "» Anatomy of an Optical Medium Authentication (Part 1)". debugmode. Diakses tanggal 2013-05-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]