Penggerak cakram optis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah penggerak cakram optis.

Dalam istilah komputer, penggerak cakram optis (bahasa Inggris: optical disc drive, atau ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis. Beberapa penggerak hanya dapat membaca data dari cakram-cakram tersebut, namun penggerak pada masa sekarang mampu membaca dan menulis data ke dalam cakram optis. Penggerak yang dapat melakukan kedua tugas tersebut disebut pembakar cakram optis. Cakram CD, DVD, dan Blu-ray adalah jenis umum media optis yang mampu dibaca dan ditulis oleh penggerak tersebut. Penggerak optis (bahasa Inggris: optical drive) adalah nama umum, penggerak (bahasa Inggris: drive) umumnya dideskripsikan sebagai "CD", "DVD", atau "Blu-Ray", yang sebelumnya diawali dengan "penggerak", atau sejenisnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cakram laser pertama sekali dipertontonkan pada tahun 1972. Cakram tersebut berupa cakram video 12 inch. Sinyal video disimpan sebagai format analog seperti sebuah kaset video. Cakram optis yang merekam secara digital berupa CD 5 inch dalam format baca-saja yang dibuat oleh Philips dan Sony pada tahun 1975. Lima tahun setelahnya, kedua perusahaan tersebut memperkenalkan sebuah solusi penyimpanan digital untuk komputer yang menggunakan CD berukuran sama, yang disebut dengan CD-ROM. Hingga tahun 1987, Sony mendemonstrasikan sebuah penggerak optis 5,25 inch yang dapat menulis dan menghapus cakram optis.[1]

Komponen dasar[sunting | sunting sumber]

Laser dan optik[sunting | sunting sumber]

Hal yang paling penting dari sebuah penggerak cakram optis adalah jalur optis, yang diletakkan dalam sebuah kepala penggerak (bahasa Inggris: pickup head)[2] Di sini terdapat sebuah laser semikonduktor yang berfungsi untuk memandu sinar laser dan mendeteksi refleksi sinar tersebut dari permukaan cakram.[3]

Pada awalnya, laser CD dengan panjang gelombang 780 nanometer digunakan untuk keperluan membaca data dari cakram CD. Namun, untuk DVD, digunakan laser yang memiliki panjang gelombang 650 nm (warna merah). Sedangkan untuk cakram Blu-Ray, digunakan laser yang panjang gelombangnya 405 nm (warna violet).

Mekanisme perputaran[sunting | sunting sumber]

Perbandingan beberapa bentuk penyimpanan cakram yang menunjukkan jalur: warna hijau menunjukkan mulai dan warna merah menunjukkan berhenti.
* Beberapa perekam CD-R(W) dan DVD-R(W)/DVD+R(W) beroperasi pada modus ZCLV, CAA atau CAV.

Mekanisme perputaran dalam sebuah penggerak cakram berbeda dari penggerak cakram keras, di mana cakram keras mempertahankan kecepatan sudut konstan (bahasa Inggris: constant angular velocity (CAV)). Dengan kecepatan ini, data yang melaluinya dapat dicapai pada bagian luar cakram dibandingkan bagian dalam cakram.

Umumnya, kecepatan pembacaan penggerak cakram optis adalah 150 Kilobit/detik. Kemudian, dikembangkan kembali dengan penambahan kecepatan sebesar 4×, yang berputar 800-2000 RPM yang mampu mentransfer data sebesar 600 Kilobit/detik (sama dengan 4 × 150 Kilobit/detik).

Untuk DVD, pembacaan pada kecepatan 1× sama dengan 1,385 Megabyte/detik, atau 1,32 Megabit/detik. Kecepatan tersebut kira-kira sama dengan 9 kali kecepatan pembacaan cakram CD.

Sedangkan untuk cakram Blu-ray, kecepatan baca dasar sama dengan 6,74 Megabyte/detik, atau sama dengan 6,43 Megabit/detik.

Mekanisme pembacaan[sunting | sunting sumber]

Penggerak cakram optis saat ini menggunakan mekanisme tray-loading, di mana cakram dimuat ke baki yang beroperasi secara manual atau digerakkan dengan motor, atau menggunakan mekanisme slot-loading, di mana cakram dimasukkan ke dalam tempatnya dan ditarik ke dalam dengan menggunakan roda bermotor.

Antarmuka komputer[sunting | sunting sumber]

Antarmuka keluaran audio digital, keluaran audio analog, dan ATA paralel.

Sebagian besar penggerak internal untuk komputer pribadi dan server didesain untuk dapat memuat sebuah lubang untuk menempatkan penggerak cakram berukuran 5,25 inch dan menghubungkan ke komputer induknya dengan menggunakan antarmuka ATA atau SATA.

Untuk penggerak eksternal, umumnya penggerak itu dihubungkan ke komputer dengan menggunakan antarmuka USB atau FireWire. Beberapa jenis untuk laptop juga didesain untuk dapat diaktifkan dengan menggunakan sumber daya dari baterai atau dari kedua sambungan tersebut.

Penggerak cakram dengan antarmuka SCSI juga pernah diciptakan, namun kurang populer karena tingginya harga yang disebabkan oleh biaya produksi yang mahal.

Kompatibilitas[sunting | sunting sumber]

Pembaca cakram Cakram optis
CD padat CD-R CD-RW DVD padat DVD-R DVD+R DVD-RW DVD+RW DVD+R DL CAT BD padat BD-R BD-RE BD-R DL BD-RE DL
Pembaca CD audio Baca Baca 1 Baca 2 t/t 12 t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
Penggerak CD-ROM Baca Baca 1 Baca 2 t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam CD-R Baca Tulis t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam CD-RW Baca Tulis Tulis t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t t/t
Penggerak DVD-ROM Baca Baca 3 Baca 3 Baca Baca 4 Baca 4 Baca 4 Baca 4 Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD-R Baca Tulis Tulis Baca Tulis Baca 6 Baca Baca 6 Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD-RW Baca Tulis Tulis Baca Tulis Baca 7 Tulis 8 Baca 6 Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD+RW Baca Tulis Tulis Baca Baca 6 Baca 9 Baca 6 Tulis Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD+R Baca Tulis Tulis Baca Baca 6 Tulis Baca 6 Tulis Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD±RW Baca Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Baca 5 t/t t/t t/t t/t t/t
Perekam DVD±RW/DVD+R DL Baca Tulis Tulis Baca Tulis 10 Tulis Tulis 10 Tulis Tulis t/t t/t t/t t/t t/t
BD-ROM Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca Baca
Perekam BD-R Baca 11 Tulis 11 Tulis 11 Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Baca Baca Baca
Perekam BD-RE Baca 11 Tulis 11 Tulis 11 Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Baca Baca
Perekam BD-R DL Baca 11 Tulis 11 Tulis 11 Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Write Baca Tulis Baca
Perekam BD-RE DL Baca 11 Tulis 11 Tulis 11 Baca Tulis Tulis Tulis Tulis Tulis Baca Tulis Tulis Tulis Tulis
  • ^1 Beberapa jenis CD-R media yang dengan pewarna tanpa reflektif dapat menyebabkan masalah.
  • ^2 Mungkin tidak bekerja di penggerak non-MultiRead-compliant.
  • ^3 www2.osta.org/osta/html/cddvd/intro.html Mungkin tidak bekerja[pranala nonaktif] di beberapa model awal penggerak DVD-ROM. CD-R tidak akan bekerja di setiap penggerak yang tidak memiliki laser 780 nm. Kompatibilitas CD-RW bervariasi.
  • ^4 DVD+RW tidak bekerja di pemutar video model awal yang membaca cakram DVD-RW. Hal ini bukan karena ada ketidakcocokan dengan format, tapi fitur yang sengaja dibuat ke firmware oleh salah satu produsen penggerak cakram.
  • ^5 Kompatibilitas Baca dengan DVD drive yang ada dapat bervariasi dengan merek media DVD+R DL yang digunakan. Juga drive yang mendahului media tidak memiliki kode buku untuk media DVD+R DL di firmware mereka (ini tidak menjadi masalah bagi DVD-R DL meskipun beberapa penggerak cakram hanya bisa membaca lapisan pertama).
  • ^6 Perekam DVD+RW dan DVD+R awal tidak bisa menulis ke media DVD-R(W) (dan sebaliknya).
  • ^7 Bekerja di semua penggerak cakram yang membaca DVD-R sebagai ID kompatibilitas byte yang sama.
  • ^8 Firmware perekam mungkin mem-blacklist atau menolak untuk merekam ke beberapa merek media DVD-RW.
  • ^9 Format DVD+RW dirilis sebelum DVD+R. Semua DVD+RW, hanya penggeraknya saja yang dapat dimutakhirkan untuk menulis cakram DVD+R dengan cara memutakhirkan firmware.
  • ^10 Pada April 2005, semua perekam DL DVD+R di pasar adalah mampu membaca cakram berlabel Super Multi.
  • ^11 Pada Oktober 2006, penggerak cakram BD dapat membaca dan menulis di media CD.
  • ^12 t/t = tidak tersedia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Computer Peripherals - Chapter 12. Optical Disks" (PDF). Nanyang Technological University, Singapore. 16 Oktober 2001. Diakses tanggal 16 Juli 2011. 
  2. ^ Taylor, Jim H.; Johnson, Mark R.; Crawford, Charles G. (2006). DVD Demystified. McGraw-Hill Professional. pp. 7–8. ISBN 0-07-142396-6. 
  3. ^ Stan, Sorin G. (1998). The CD-ROM Drive: A Brief System Description. Springer. p. 13. ISBN 0-7923-8167-X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]