Boletus edulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Boletus edulis
Two mushrooms with brown caps and light brown stems growing on the ground, surrounded by fallen leaves and other forest debris. One mushroom has been plucked and lies beside the other; its under-surface is visible, and is a light yellow colour.
Di hutan di dekat Rambouillet, Perancis
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Fungi
Divisi: Basidiomycota
Kelas: Agaricomycetes
Ordo: Boletales
Famili: Boletaceae
Genus: Boletus
Spesies: B. edulis
Nama binomial
Boletus edulis
Bull. (1782)
Sinonim[1]
  • Ceriomyces crassus Battarra (1775)
  • Boletus solidus Sowerby (1809)
  • Leccinum edule (Bull.) Gray (1821)
  • Dictyopus edulis (Bull.) Forq. (1890)
Boletus edulis
View the Mycomorphbox template that generates the following list
Karakteristik mikologi
Himenium berbentuk pori
Tudung cembung
Himenium menggala
Tangkai gundul
Jejak spora berwarna coklat
Jenis ekologi mikoriza
Edibilitas: pilihan

Boletus edulis (bahasa Inggris: penny bun, cep, porcino atau porcini) adalah fungi Basidiomycota, dan spesies tipe dari genus Boletus. Tersebar luas di belahan bumi utara di Eropa, Asia, dan Amerika Utara, itu tidak ada secara alami di Belahan Bumi Selatan, meskipun telah diintroduksi ke Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Beberapa jamur Eropa yang terkait erat yang sebelumnya dianggap varietas atau forma dari B. edulis telah terbukti sebagai spesies yang berbeda menggunakan analisis filogenetika molekuler, dan beberapa yang sebelumnya digolongkan sebagai spesies terpisah ternyata satu spesies dengan spesies ini. Spesies Amerika Utara bagian barat yang dikenal sebagai bolete raja California (Boletus edulis var. grandedulis) adalah varian yang besar dan berwarna lebih gelap yang secara resmi diidentifikasi pertama kali pada tahun 2007.

Jamur ini tumbuh di hutan peluruh dan konifer dan perkebunan, membentuk asosiasi ektomikoriza simbiotik dengan pohon-pohon hidup dengan membungkus akar bawah tanah pohon dengan sarung jaringan jamur. Jamur ini menghasilkan tubuh buah penghasil spora di atas tanah di musim panas dan musim gugur. Tubuh buah memiliki tudung cokelat besar yang kadang-kadang bisa mencapai diameter 35 cm (14 in) dan berat 3 kg (6,6 lb). Seperti bolete lainnya, ia memiliki tabung yang memanjang ke bawah dari bagian bawah tudung, bukan insang; spora keluar ketika matang melalui bukaan tabung, atau pori-pori. Permukaan pori tubuh buah B. edulis adalah keputihan ketika muda, tapi seiring usia menjadi kuning kehijauan. Batangnya stout dan berwarna putih atau kekuningan, sampai tinggi 25 cm (10 in) dan tebal 10 cm (4 in), dan sebagian ditutupi dengan pola jaringan yang terangkat, atau retikulasi.

Berharga sebagai komposisi dalam berbagai makanan, B. edulis adalah jamur dapat dimakan yang dihormati di banyak masakan, dan umumnya disiapkan dan dimakan di sup, pasta, atau risotto. Jamur ini rendah lemak dan karbohidrat yang mudah dicerna, dan tinggi protein, vitamin, mineral dan serat pangan. Meskipun dijual secara komersial, B. edulis sangat sulit untuk dibudidayakan. Tersedia segar pada musim gugur di Eropa Tengah, Selatan dan Utara, itu paling sering dikeringkan, dikemas dan didistribusikan ke seluruh dunia. B. edulis mempertahankan rasanya setelah pengeringan, dan itu kemudian dilarutkan dan digunakan dalam memasak. B. edulis adalah salah satu dari sedikit jamur yang dijual dalam bentuk acar. Jamur ini juga menghasilkan berbagai senyawa organik dengan spektrum beragam dari aktivitas biologis, termasuk derivatif steroid ergosterol, sebuah protein yang mengikat gula, senyawa antiviral, antioksidan, dan fitokelatin, yang memberikan organisme ini perlawanan terhadap logam berat beracun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Boletus edulis Bull. 1782". MycoBank. International Mycological Association. Diakses tanggal 2010-10-21. 

Teks yang dikutip[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]