Lektin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lektin (bahasa Inggris: Lectin) adalah protein mengikat sel tubuh pada glikoprotein dan glikolipid yang terekspresi pada permukaan sel, khususnya pada molekul glukosanya; dan memiliki kemampuan untuk membuat sel tersebut menggumpal.[1]

Lektin berperan sebagai penanda biologis pada tingkat selular maupun molekular. Sebagai contoh, beberapa virus menggunakan lektin untuk menempelkan membran selnya pada organisme inangnya saat proses infeksi.

Ekstrak lektin dari buah peria merupakan glikoprotein tetramer dengan berat molekul 120.000 dalton yang mengandung glukosamina yang terbentuk dari sekitar 2% glukosa dan 8% manos dan 2,5% heksosamina. Aktivitas aglutinasi dari ekstrak lektin secara khusus terhambat oleh ikatan yang dibentuknya dengan molekul galaktosa dan zat karbohidrat lainnya yang mengandung residu galaktropiranosil.[2] Ekstrak lektin peria juga tengah dipelajari kegunaannya untuk pengobatan tumor.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Lectin". Farlex Free Dictionary. Diakses 2010-06-15. 
  2. ^ (Inggris) "The Physicochemical Properties of the Galactose-Specific Lectin from Momordica charantia". Indian Institute of Experimental Medicine, Division of Biochemistry, Department of Pharmacy, Jadavpur University; Tripti MAZUMDER, Namita GAUR, Avadhesha SUROLIA. Diakses 2010-06-16. 
  3. ^ (Inggris) "Thermodynamic analysis of porphyrin binding to Momordica charantia (bitter gourd) lectin". School of Chemistry, University of Hyderabad; Nabil A. M. Sultan, Bhaskar G. Maiya, Musti J. Swamy. Diakses 2010-06-16.