Biji labu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Biji-biji labu yang diambil dari buahnya
Biji-biji labu setelah dikuliti, dibakar, dan diasinkan

Biji labu adalah biji-bijian pangan dari sebuah labu atau tanaman Cucurbita lainnya. Biji-bijian tersebut biasanya berbentuk datar dan oval, dan berwarna hijau terang dan memiliki kulit luar berwarna putih. Beberapa tanaman tidak berkulit, dan hanya tumbuh untuk bijinya saja.[1] Biji-bijian tersebut kaya akan nutrisi, dengan kandungan protein, serat pangan dan sejumlah nutrisi mikro yang tinggi.

Masakan[sunting | sunting sumber]

Biji labu adalah bahan makanan umum dalam masakan Meksiko dan juga dibakar dan disajikan sebagai makanan ringan .[2] Biji-bijian tersebut merupakan makanan ringan musim gugur di Amerika Serikat, serta diproduksi dan didistribusikan makanan ringan dalam kemasan secara komersial, seperti biji bunga matahari, tersedia sepanjang tahun. Biji labu dikenal dengan sebutan Pepita di Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya dan biasanya diasinkan dan terkadang diberi rasa pedas dan dijual di toko-toko makanan Meksiko.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Song, Y.; Li, J.; Hu, X.; Ni, Y.; Li, Q. (2011). "Structural characterization of a polysaccharide isolated from Lady Godiva pumpkins (Cucurbita pepo lady godiva)". Macromolecular Research. 19 (11): 1172–1178. doi:10.1007/s13233-011-1102-7. 
  2. ^ "Pepitas (Pumpkin Seeds)". GourmetSleuth.com. Diakses tanggal 11 Februari 2013.