Berkeley, California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kota Berkeley
Berkeley dilihat dari Claremont Canyon Regional Preserve.
Berkeley dilihat dari Claremont Canyon Regional Preserve.
Kota Berkeley di Alameda County.
Kota Berkeley di Alameda County.
Negara Amerika Serikat
Negara bagian California
CountyAlameda
Incorporated4 April 1878
Pemerintahan
 • JenisWali kota-dewan
 • MayorTom Bates
 • CouncilmembersDistrik 1: Linda Maio
Distrik 2: Darryl Moore
Distrik 3: Maxwell Anderson
Distrik 4: Jesse Arreguin
Distrik 5: Laurie Capitelli
Distrik 6: Susan Wengraf
Distrik 7: Kriss Worthington
Distrik 8: Gordon Wozniak
 • State SenateLoni Hancock (D) Distrik 9
 • State AssemblyNancy Skinner (D) DistriK 14
 • U. S. CongressBarbara Lee (D) District 9
Luas
 • Total17,696 sq mi (45,833 km2)
 • Luas daratan10,470 sq mi (27,118 km2)
 • Luas perairan7,226 sq mi (18,716 km2)  40.83%
Ketinggian
0–1.320 ft (0–400 m)
Populasi
 (2010)
 • Total112.580
 • Peringkat4 di Alameda County
52 di California
230 di Amerika Serikat
 • Kepadatan6,4/sq mi (2,5/km2)
Zona waktuUTC−8 (PST)
 • Musim panas (DST)UTC−7 (PDT)
ZIP code
94701–94710, 94712, 94720
Kode area telepon510
Kode FIPS06-06000
GNIS feature ID1658037
Situs webhttp://www.cityofberkeley.info
Berkeley dilihat dari Claremont Canyon Regional Preserve

Berkeley adalah sebuah kota di pantai timur Teluk San Francisco di California Utara, Amerika Serikat. Kota-kota tetangganya di selatannya adalah Oakland dan Emeryville. Di utara terletak kota Albany dan Kensington. Di perbatasan sebelah timur terdapat batas kabupaten yang mengikuti garis pegunungan Bukit Berkeley. Berkeley terletak di Kabupaten Alameda.

Berkeley adalah lokasi Universitas California, Berkeley, kampus unggulan/teratas dari Universitas California, dan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley, Lawrence Hall of Science, Laboratorium Sains Angkasa Luar, dan Institut Riset Sains Matematikal, yang semuanya terletak di kawasan kampus. Berdampingan dengan kampus Universitas ini terletak Graduate Theological Union.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lokasi Kota Berkeley sekarang dulunya adalah wilayah kelompok Chochen/Huichin dari suku bangsa Indian Ohlone ketika bangsa-bangsa Eropa pertama tiba. Sisa-sisa keberadaan mereka di wilayah ini, termasuk lubang-lubang di berbagai formasi batu karang yang dahulu digunakan untuk menggiling biji oak dari pohon-pohon asli daerah ini, dan gundukan kerang yang kini hampir diratakan dan tertutupi di sepanjang pantai Teluk San Francisco di muara Strawberry Creek. Artefak-artefak lainnya ditemukan pada tahun 1950-an di daerah pusat kota ketika sebuah bangunan komersial sedang diperbaiki, dekat aliran Strawberry Creek yang sama.

Nenek moyang bangsa Eropa pertama (kebanyakan sesungguhnya berdarah campuran dan dilahirkan di Amerika) tiba bersamaan dengan Ekspedisi De Anza pada 1776, yang kini ditandai oleh petunjuk pada U.S. Interstate 80 yang merentang sepanjang garis pantai Teluk San Francisco di Berkeley. Hasil Ekspedisi De Anza adalah didirikannya Spanish Presidio Spanyol di pintu masuk Teluk San Francisco ("Golden Gate") yang terletak di sebelah barat Berkeley. Di antara tentara-tentara yang bertugas di Presidio adalah Luís Peralta. Karena pelayananannya kepada Raja Spanyol, ia dianugrahi sebidang tanah yang luas di pantai timur Teluk San Francisco ("contra costa") untuk dijadikan ranch, termasuk bagian yang kini menjadi Kota Berkeley.

Luis Peralta menamai tanahnya "Rancho San Antonio". Kegiatan utama ranch ini adalah memelihara ternak untuk diambil daging dan kulitnya. Selain itu juga berburu dan bertani. Pada akhirnya, Peralta menyerahkan bagian-bagian dari ranchnya kepada keempat anak laki-lakinya. Sebagian besar dari bagian yang kini menjadi Berkeley adalah milik Domingo, anaknya. Sisanya adalah kepunyaan anaknya yang lain, Vicente. Tidak ada artefak yang tersisa dari ranch kepunyaan Domingo ataupun Vicente, meskipun nama mereka dilestarikan dalam bentuk nama sejumlah jalan di Berkeley (Vicente, Domingo, dan Peralta). Namun, surat kepemilikan sah atas tanah di Kota Berkeley tetap didasarkan pada wakaf tanah Peralta yang asli.

Rancho keluarga Peralta, San Antonio, berlanjut setelah Alta California beralih dari kekuasaan Spanyol kepada Meksiko sebagai akibat dari Perang Kemerdekaan Meksiko. Namun, kedatangan kekuasaan Amerika Serikat sebagai akibat Perang Meksiko, dan khususnya, Demam Emas, menyebabkan tanah milik keluarga Peralta dengan cepat digerogoti oleh para pendatang dan berkurang karena berbagai tuntutan hukum yang tidak jelas. Tanah Domingo dan Vicente dengan segera dikurangi dengan kehadiran sejumlah reservasi dekat rumah ranch mereka masing-masing. Sisa tanahnya disurvai dan dibagi-bagi kepada berbagai orang Amerika yang menuntutnya.

Secara politik, daerah yang menjadi Berkeley pada mulanya merupakan bagian dari Kabupaten Contra Costa yang sangat luas, tetapi tak lama kemudian Kabupaten Alameda dibentuk dengan membagi Kabupaten Contra Costa.

Wilayah di mana kelak berdiri Berkeley pada masa ini kebanyakan adalah campuran dari tanah terbuka, tanah pertanian dan ranch, dengan sebuah pelabuhan nelayan yang kecil namun sibuk di Teluk. Namanya belum menjadi "Berkeley", melainkan cuma bagian utara dari "Kota Oakland" yang merupakan sub-bagian dari Kabupaten Alameda. Tahun 1866, College of California yang berlokasi di kota Oakland mencari sebuah lokasi baru. Mereka mengambil lokasi di bagian utara kota Oakland sepanjang lembah Contra Costa Hills (sekarang ini disebut Berkeley Hills).

Menurut Centennial Record of the University of California, "Tahun 1866...di Founders' Rock, sekelompok pemuda College of California melihat 2 kapal bersandar di laut melewati Golden Gate. Salah satu dari mereka, Frederick Billings, teringat kata-kata dari Bishop Berkeley, westward the course of empire takes its way,, lalu menyarankan agar tempat dan kawasan universitas tersebut dinamai seperti filsuf dan penyair Inggris abad ke-18 itu.

Asosiasi dari College of California membuat sebuah rencana bangun dan jalan yang nantinya akan menjadi rencana bangun kota Berkeley sekarang ini. Mereka berusaha untuk mencari dana meskipun hasilnya tetap di bawah keinginan. Mereka juga berkolaborasi dengan negara bagian California untuk mendirikan Universitas California tahun 1868.

Selagi konstruksi dimulai di tanah baru itu, semakin banyak pula tempat tinggal yang dibangun di daerah sekitar kampus.

People's Park dengan perumahan bertingkat untuk mahasiswa di latar belakang

Populasi kota ini per dekade:

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Berkeley, California
Lokasi Berkeley, California

Berkeley terletak pada koordinat 37°52'18" Utara, 122°16'29" Barat (37.871775, -122.274603)[2].

Menurut Biro Sensus AS, kota ini memiliki luas total 17.7 mi² (45.9 km²). 10.5 mi² (27.1 km²) diantaranya adalah daratan dan 7.2 mi² (18.8 km²) diantaranya air (40,9%).

Berkeley dikelilingi oleh kota Albany, Oakland, dan Emeryville, serta Contra Costa County, Kensington, dan San Francisco Bay.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kawasan Berkeley dilayani oleh Amtrak, AC Transit, BART (Downtown Berkeley Station, North Berkeley, dan Ashby Station) juga bus shuttle yang dioperasikan beberapa operator lainnya, termasuk juga UC Berkeley dan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley. Freeway utama yang ada di kota ini hanya Interstate 80. Tiap hari ada ribuan mobil yang masuk ke kota ini, terutama siswa dan karyawan Universitas Berkeley.

Kota Berkeley mempunyai tingkat pemakaian sepeda dan berjalan kaki tertinggi di negara ini. Di kawasan sekitar kampus UC, para siswa sering terlihat menyeberang jalan, terutama di jalan-jalan satu arah dekat kampus. Berkeley merupakan salah satu kota teraman untuk para pesepeda dan pejalan kaki.

Wali kota[sunting | sunting sumber]

Kantor wali kota Kota Berkeley[pranala nonaktif permanen]

  • Tom Bates, Wali kota Berkeley (terpilih 2002), menikah dengan Anggota Dewan Perwakilan California dan bekas wali kota Berkeley Loni Hancock
  • Wali kota sebelumnya
    • Wallace Johnson (Republik) 1963-1971
    • Warren Widener (Demokrat) 1971-1979
    • Gus Newport (Berkeley Citizens Action) 1979-1986
    • Loni Hancock, (Berkeley Citizens Action) 1986-1994
    • Shirley Dean, (Berkeley Democrat Club) 1994-2002

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Berkeley menyatakan kota-kota berikut sebagai kota kembarnya:

Penduduk terkemuka Berkeley pada masa lampau dan sekarang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]