Batman & Robin (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batman & Robin
SutradaraJoel Schumacher
ProduserPeter MacGregor-Scott
Ditulis olehAkiva Goldsman
Berdasarkan
Karakter yang muncul di majalah yang diterbitkan
oleh DC Comics
Karakter-karakter Batman
oleh Bob Kane
PemeranArnold Schwarzenegger
George Clooney
Chris O'Donnell
Uma Thurman
Alicia Silverstone
Michael Gough
Pat Hingle
Elle Macpherson
John Glover
Penata musikElliot Goldenthal
SinematograferStephen Goldblatt
PenyuntingDennis Virkler
Mark Stevens
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
  • 20 Juni 1997 (1997-06-20)
Durasi125 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$ 125–140 juta
Pendapatan
kotor
$ 238,2 juta

Batman & Robin adalah sebuah film pahlawan super Amerika Serikat tahun 1997 yang diadaptasi dari karakter DC Comics, Batman. Film ini merupakan serial keempat dan terakhir dari serial film Batman awal Warner Bros. Film ini disutradarai oleh Joel Schumacher dan ditulis oleh Akiva Goldsman. Dibintangi oleh George Clooney, Chris O'Donnell, Arnold Schwarzenegger, Uma Thurman, dan Alicia Silverstone.

Batman & Robin bercerita tentang Dynamic Duo yang berusaha untuk mencegah Mister Freeze dan Poison Ivy untuk membekukan seluruh umat manusia hingga mati dan mengisi bumi dengan tanaman mutan, sementara pada saat yang sama mereka juga berjuang untuk menjaga kemitraan mereka bersama-sama. Film ini juga satu-satunya penampilan film dari Batgirl, yang membantu Batman dan Robin melawan penjahat.

Batman & Robin dirilis pada tanggal 20 Juni 1997 di Amerika Utara. Anggaran film ini antara $ 125-140 juta, dan meraup lebih dari $ 238 juta di seluruh dunia. Film ini mendapat ulasan negatif sejak dirilis; dikritik karena alur ceritanya, karakterisasi dan penulisan. Batman & Robin sering dianggap sebagai salah satu film terburuk yang pernah dibuat.[1][2] Warner Bros. diam-diam membatalkan sekuel dari film ini, berjudul Batman Unchained,[3] dan kemudian me-reboot serial film dengan merilis Batman Begins pada tahun 2005 sebagai film pertama dari trilogy The Dark Knight. Salah satu lagu yang direkam untuk film ini, "The End Is the Beginning Is the End" oleh The Smashing Pumpkins, memenangkan Grammy Award for Best Hard Rock Performance pada Penghargaan Grammy ke-40.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nelson, Michael J (2000-06-20). "Mike Nelson's Movie Megacheese". ISBN 978-0-380-81467-1. 
  2. ^ "The 50 Worst Movies Ever". Empire. Diakses tanggal 2013-04-17. 
  3. ^ Aaron Couch (June 14, 2015). "'Batman' Movie Series: List of Unmade Projects - Hollywood Reporter". The Hollywood Reporter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]