Bantalan sentuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bantalan sentuh pada MacBook
sebuah gambar bantalan sentuh dengan tombol penguncian pada laptop Compaq Presario. Tanda scrollbar vertikal dan horisontal terlihat jelas pada bagian kanan dan bawah bantalan sentuh.
Trackpad dari sebuah BlackBerry Curve 8500/8520 dalam lingkaran merah.

Bantalan sentuh (bahasa Inggris: touchpad; trackpad) adalah peranti penunjuk berupa permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relatif pada layar komputer. Peranti ini umum ditemukan pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portabel. Ukuran bantalan sentuh bervariasi, akan tetapi jarang berukuran lebih dari 40 cm².

Operasi dan fungsi[sunting | sunting sumber]

Bantalan sentuh beroperasi dengan menggunakan satu dari beberapa cara, beberapa di antaranya adalah kapasitif sensor dan konduktansi penginderaan. Teknologi yang paling umum digunakan pada 2010 menggunakan sebuah tatakan datar yang kapasitif terhadap sentuhan jari, atau kapasitansi antara sensor. Kapasitansi berbasis bantalan sentuh tidak akan berpengaruh dengan ujung pensil atau benda lain yang serupa. Menggunakan sarung tangan juga tidak akan membuat (bahasa Inggris: trackpad) bekerja.

Jika komputer dinyalakan oleh sebuah catu daya eksternal atau (bahasa Inggris: Power Supply Unit)(PSU), konstruksi rinci PSU akan memengaruhi efek sentuhan tatakan atau bantalan sentuh itu sendiri; bantalan sentuh) dapat bekerja dengan baik dengan sebuah PSU tapi belum tentu bekerja dengan yang PSU lain. Hal ini diketahui menyebabkan masalah pada bantalan sentuh ketika PSU dari bawaan pabrik, yang telah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja dengan bantalan sentuh, diganti dengan PSU tipe yang berbeda. Efek ini dapat dirasakan dengan menyentuh bagian logam dari komputer dengan tangan yang lain dan lihat jika operasi kembali normal. Dalam beberapa kasus menyentuh pasokan (terisolasi) daya dengan beberapa bagian tubuh, atau menggunakan komputer di pangkuan bukan di atas meja, sambil bekerja dapat mengembalikan pengoperasian bantalan sentuh yang benar.

Sementara bantalan sentuh, seperti pada (bahasa Inggris: touchscreens), dengan desain mereka dapat merasakan posisi absolut, resolusi dibatasi oleh ukuran bantalan sentuh atau bantalan sentuh itu sendiri. Secara umum bantalan sentuh digunakan sebagai perangkat penunjuk atau kursor, gerakan menyeret jari atau (bahasa Inggris: drag) diterjemahkan ke dalam bentuk lebih halus, gerakan kursor di layar, analog dengan penggunaan sebuah (bahasa Inggris: mouse) atau tetikus yang diangkat dan dimasukkan kembali permukaan. Hardware tombol berfungsi sama dengan standar tombol mouse kiri dan kanan di bawah, atau bahkan di atas, untuk mengurangi kedalaman bantalan dalam perangkat kompak seperti netbook, di samping bantalan.

Pada beberapa bantalan sentuh, perangkat lunak menekan bantalan dapat diterjemahkan sebagai perintah klik, dan tekan diikuti dengan gerakan menunjuk kontinyu (sebuah "klik-dan-setengah") dapat digunakan untuk menyeret.[1] Driver bantalan sentuh dapat juga memungkinkan penggunaan beberapa jari untuk memfasilitasi tombol mouse lain (biasanya dua-jari menekan untuk tombol tengah).

Beberapa bantalan sentuh atau bantalan sentuh memiliki hotspot, lokasi di bantalan sentuh yang digunakan untuk fungsionalitas luar (bahasa Inggris: mouse). Sebagai contoh, pada bantalan sentuh tertentu, menggerakkan jari sepanjang tepi dari panel sentuh akan bertindak sebagai gulir roda atau (bahasa Inggris: scroll), mengendalikan (bahasa Inggris: scrollbar), dan menggulir layar jendela secara vertikal maupun horizontal. Apple menggunakan dua-jari menyeret atau (bahasa Inggris: drag) untuk Scrolling di atas (bahasa Inggris: trackpad) bergulir mereka. Beberapa driver bantalan sentuh mendukung fasilitas zona tekan, daerah di mana kursor akan melaksanakan fungsinya, misalnya, memberhentikan media player atau menjalankan aplikasi (bahasa Inggris: software). Semua fungsi-fungsi ini dilaksanakan dalam driver perangkat bantalan sentuh, dan dapat dinonaktifkan.


Bantalan sentuh dalam perangkat[sunting | sunting sumber]

Bantalan sentuh pertama digunakan pada Komputer Apollo, komputer desktop yang dilengkapi dengan bantalan sentuh di sisi kanan keyboard "apollo-started".[2] Bantalan sentuh mayoritas digunakan dalam laptop atau komputer portabel dan memerlukan sebuah permukaan datar di dekat mesin. Bantalan sentuh ini dekat dengan papan tombol, dan hanya dengan gerakan jari yang sangat singkat dan sederhana dapat digunakan untuk memindahkan kursor di layar tampilan. Hal lain yang menguntungkan dari bantalan sentuh adalah memungkinkan ibu jari pengguna untuk memindahkan kursor tetikus saat mengetik sekalipun. Fungsi bantalan sentuh tersedia untuk komputer desktop di papan tombol dengan built-in touchpad yang sudah diproduksi bersamaan.

Bantalan sentuh satu-dimensi kontrol antarmuka mayoritas digunakan untuk navigasi menu pada pemutar musik iPod Classic saat ini, di mana mereka disebut sebagai "roda klik" karena mereka hanya bergerak sepanjang satu sumbu yang melilit seperti roda. Creative Labs juga menggunakan bantalan sentuh untuk Creative Zen, MP3 player mereka, dimulai dengan Zen Touch. Generasi kedua Microsoft Zune kini dalam produk Zune 80/120 dan Zune 4/8 juga menggunakan sensor sentuhan untuk Pad Zune.

Apple PowerBook seri 500 adalah perangkat laptop pertama yang mengacu atau menyebabkan Apple menggunakan "trackpad". Ketika diperkenalkan Mei 1994, diganti dengan (bahasa Inggris: trackball) dari model PowerBook sebelumnya. Laptop Apple yang lebih baru fitur (bahasa Inggris: trackpad) -nya bisa merasakan sentuhan hingga lima jari secara bersamaan, memberikan lebih banyak pilihan untuk input, seperti kemampuan untuk membuka menu dengan menekan dua jari. Dalam revisi akhir 2008 Apple pada MacBook dan MacBook Pro memiliki desain bantalan sentuh yang berbeda dengan tombol yang dimasukkan ke dalam permukaan pelacakan.[3]

Psion PLC Seri Psion MC 200/400/600/WORD,[4] yang diperkenalkan pada tahun 1989, datang dengan perangkat input baru menggantikan tetikus-mirip bantalan sentuh,[5] meskipun lebih dekat menyerupai (bahasa Inggris: tablet) grafis, berfungsi sebagai kursor diposisikan dengan mengklik pada titik tertentu di kertas, bukan bergerak dalam arah (bahasa Inggris: stroke).

Teori operasi[sunting | sunting sumber]

Ada dua cara pokok bantalan sentuh bekerja. Dalam pendekatan matriks, serangkaian Listrik konduktor tersebut diatur dalam sebuah (bahasa Inggris: array) dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh Insulator listrik dan berseberangan satu sama lain pada siku-siku untuk membentuk (bahasa Inggris: grid). Sinyal frekuensi tinggi diterapkan secara berurutan antara pasangan dalam (bahasa Inggris: grid array) dua dimensi. Arus yang lewat di antara (bahasa Inggris: node) sebanding dengan kapasitansi. Ketika sebuah bantalan disentuh misalnya menggunakan jari, ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa medan listrik Shunt didorong untuk titik permukaan ini, mengakibatkan perubahan kapasitansi jelas di lokasi itu. Metode ini menerima paten Amerika Serikat | 5305017 rikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.

Kapasitif metode shunt, dijelaskan dalam aplikasi catatan Analog Devices, [6] indera perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik permukaan disentuh menggunakan jari, ditempatkan antara pemancar dan penerima, beberapa garis didorong menjauh, mengurangi kapasitansi jelas.

Bantalan sentuh multi-touch[sunting | sunting sumber]

Scrolling trackpad adalah nama untuk salah satu patent-pending trackpad Apple Inc., digunakan dalam MacBook dan MacBook Pro komputer mereka. (bahasa Inggris: Trackpad) sebelumnya digunakan dalam PowerBook dan iBook, sebelum Apple transisi beralih ke prosesor Intel. Hal ini memungkinkan pengguna (bahasa Inggris: Scrolling) dalam arah sembarang dengan menyentuh bantalan dengan dua jari, bukan satu, dan kemudian menggerakkan jari-jari di bantalan ke arah yang ingin di tuju. Sebuah fitur diperkenalkan pada Mac OS X 10.5 (Leopard) memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kombinasi gerakan lain seperti menggesekkan empat jari ke atas atau bawah untuk mengaktifkan exposé. Ada juga sekian banyak aplikasi yang tersedia yang dirancang untuk memperpanjang opsi (bahasa Inggris: multi-touch). Sebagai perbandingan, banyak bantalan sentuh sebuah laptop menyisihkan suatu daerah di sepanjang tepi kanan dan tepi bawah bantalan, dan bergerak satu jari di daerah-daerah itu dan melakukan vertikal atau horizontal (bahasa Inggris: scroll) operasi masing-masing. Saat ini MacBook, MacBook Pro dan MacBook Air memiliki Multi-Touch pad. (bahasa Inggris: Multi-touch trackpad) terbaru Apple juga mendukung gerakan mencubit dan berputar, mirip dengan yang digunakan pada perangkat iPhone.

Scrolling dalam bantalan sentuh[sunting | sunting sumber]

Scrolling touchpad dalam sebuah laptop Compaq Presario terlihat jelas dalam satu area bantalan sentuh laptop tersebut. Sebuah garis yang menyambung secara vertikal-horisontal dalam area bantalan sentuh tersebut merupakan tanda sebuah fungsi scroll atau gulir layar jendela. Fungsi ini menggunakan sebuah software driver dari sebuah bantalan sentuh sehingga bantalan sentuh ini bisa menjalankan fungsi tersebut. Dalam menggunakan fungsi ini, jari diletakkan pada bantalan sentuh yang memiliki tanda garis, lalu ditarik dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan mengikuti alur garis. Cara menarik bantalan sentuh atau drag harus mengikuti garis yang ada di atas bantalan tersebut itu. Maka dari itu sebuah bantalan sentuh memiliki fungsi yang semakin ringkas dan semakin canggih. Hal ini tentunya untuk memudahkan penggunaan fungsi sebuah bantalan sentuh pada sebuah laptop atau komputer portabel. Sebuah bantalan sentuh yang pada awalnya hanya memiliki fungsi penempatan kursor atau sebagai tetikus, dewasa ini semakin banyak fungsinya sehingga dengan sentuhan beberapa jari dapat memudahkan kita dalam mengakses ke sebuah program yang telah di install di laptop atau komputer portabel kita.


Bantalan sentuh atau Bantalan jejak pada ponsel[sunting | sunting sumber]

Dewasa ini banyak jenis telepon genggam menggunakan teknologi trackpad yang berfungsi sebagai tombol navigasi arah. Salah satu contohnya adalah telepon genggam BlackBerry Curve 8500/8520 yang menggunakan teknologi ini. Sebenarnya, sebuah trackpad pada telepon genggam memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan bantalan sentuh pada leptop atau komputer portabel. Akan tetapi, trackpad pada ponsel dikemas dalam bentuk yang lebih kecil dan berfungsi lebih sederhana daripada bantalan sentuh pada laptop.

Hampir sejalan seperti perkembangan pada komputer portabel, sebelum penggunaan trackpad pada telepon genggam, telepon genggam model BlackBerry juga ada masa menggunakan trakcball atau bola jejak yang sederhana dan pengoperasiannya masih manual.

Keseluruhan[sunting | sunting sumber]

Sebuah bantalan sentuh memiliki fungsi yang banyak dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Semakin berkembangnya teknologi komputer maka teknologi ini semakin meningkat dan semakin banyak fungsi-fungsinya. Misalnya dahulu pada awal bantalan sentuh ditemukan hanya memiliki fungsi sebagai sebuah pengganti tetikus komputer dengan fungsi penempatan kursor. Tapi sekarang fungsinya semakin beragam, misalnya dapat melakukan scrolling dengan empat jari sekaligus, dapat menerjemahkan sidik jari, bahkan dapat digunakan untuk melihat kondisi mood seseorang.


Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Touchscreen

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]