Kasing komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Contoh kasing komputer

Kasing komputer atau selubung komputer (bahasa Inggris: computer chase, dikenal juga dengan computer chassis, cabinet, box, tower, enclosure, housing, system unit atau sederhananya, kasing) adalah adalah tempat (kotak/wadah) yang berisi sebagian besar komponen dari sebuah komputer (biasanya tidak termasuk layar, papan ketik, dan tetikus). Sebuah kasing komputer, kadang-kadang, penyebutan istilah komputer salah sehingga disebut sebagai CPU atau kandar keras, yang mengacu pada komponen ditempatkan dalam kasus ini. CPU adalah istilah yang lebih umum pada kehidupan sehari-hari. saat perangkat lain dari papan induk biasanya ditempatkan di kasingnya sendiri secara terpisah.

Kasing biasanya dibuat dari baja (sering SECC - Baja, Electrogalvanized, Cold rolled, Coil) atau Aluminium. Plastik juga kadang-kadang digunakan, dan bahan-bahan lain seperti kayu dan bahkan blok Lego telah muncul di rancang bangun kasing.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Kasing dapat berasal dalam berbagai ukuran (dikenal sebagai faktor bentuk). Ukuran dan bentuk kasing komputer biasanya ditentukan oleh faktor bentuk motherboard, karena merupakan komponen terbesar dari Sebagian besar komputer. Akibatnya, faktor bentuk komputer pribadi biasanya hanya menentukan dimensi internal dan tata letak dari kasus tersebut. Bentuk faktor rack-mount dan blade server meliputi dimensi eksternal yang tepat juga, karena kasus ini harus sendiri pas di tempat khusus.

Sebagai contoh, kasing dirancang untuk motherboard ATX dan power supply yang dapat mengambil bentuk eksternal, seperti sebuah menara (kasing tower) vertikal (dirancang untuk duduk di lantai, tinggi lebar>) atau desktop datar (tinggi <lebar) atau kotak pizza (ketinggian ≤ 2 inci, dirancang untuk duduk di meja di bawah monitor komputer). Ukuran penuh kasing menara biasanya lebih besar dalam volume dari kasing desktop, dengan lebih banyak ruang untuk drive bay dan slot ekspansi.