Bahasa Komoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
bahasa Komoro

شِكُمُرِ
Syikomori
Dituturkan diKomoro dan Mayotte
Wilayahkepulauan Komoro dan Mayotte; juga Madagascar dan Réunion
Penutur
(700,000 per 1993)
Abjad Arab, Abjad Latin
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Bahasa resmi di
 Komoro
Kode bahasa
ISO 639-3
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.

Apa tujuan penilaian artikel?

Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.
02.17, Minggu, 25 Februari, 2024 (UTC) • hapus singgahan

Bahasa Komoro (Syikomori atau Shimashiwa yang secara harfiah berarti "bahasa kepulauan”) adalah bahasa yang secara luas dituturkan di kepulauan Komoro, yakni kepulauan yang merdeka di samudera Hindia, juga dituturkan di Mozambique, Madagascar dan juga Mayotte. Bahasa ini sangat mirip dengan bahasa Swahili, dan bahkan dapat dikategorikan sebagai varian atau dialek dari bahasa Swahili, hanya saja bahasa Komoro sangat banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab. Tiap-tiap pulau memiliki dialek yang berbeda-beda; di Anjouan bahasa ini disebut Shindzuani, di Mohéli disebut Shimwali, sedangkan di Mayotte disebut dengan Shimaore, dan di Grande Comore disebut dengan Shingazija. Tidak ada aturan resmi dalam hal penulisan, tetapi abjad Arab dan Latin dipakai secara luas.

Shimasiwa adalah nama lain dari bahasa Komoro, yang bermakna "bahasa dari pulau-pulau (Komoro)". Bahasa ini adalah bahasa resmi untuk menyanyikan lagu kebangsaan Komoro Udzima wa ya Masiwa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • (Prancis) Ahmed-Chamanga, Mohamed. (1992) Lexique Comorien (shindzuani) - Français. Paris: L'Harmattan.
  • (Prancis) Ahmed-Chamanga, Mohamed. (1997) Dictionnaire français-comorien (dialecte Shindzuani). Paris: L'Harmattan.
  • (Inggris) Johansen, Aimee. A History of Comorian Linguistics. in John M. Mugane (ed.), Linguistic Typology and Representation of African Languages. Africa World Press. Trenton, New Jersey.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]