Bahasa En

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengalihan nama bahasa.svg
En
WilayahVietnam
Penutur bahasa
tak diketahui (200 jiwa; versi 1998)[1]
Alfabet Latin (Quốc ngữ)
Kode bahasa
ISO 639-3enc
Glottologennn1243[2]
Globe of letters.svg Portal Bahasa

Bahasa En (endonim: aiɲ53; juga dikenal sebagai Nùng Vên) adalah suatu bahasa Tai–Kadai yang dituturkan di Vietnam. Sebelum dikenal oleh kalangan ahli bahasa pada tahun 1998, penutur bahasa En (suatu bahasa Kadai) dianggap sebagai bagian dari suku Nùng, yang sebenarnya menuturkan suatu bahasa Tai yang paling dekat hubungannya ke Zhuang Baku. Pada akhir dasawarsa 1990-an, ahli bahasa dari Vietnam bernama Hoàng Văn Ma pertama kali mengakui bahwa itu bukan bagian dari bahasa Tai, akhirnya mengarah ke penelitian yang membedakan En sebagai bahasa yang terpisah. Para peneliti telah menetapkan En sebagai salah satu ragam dari bahasa Buyang.

Penutur bahasa En tinggal di Vietnam bagian utara dekat perbatasan dengan Kabupaten Jingxi, Guangxi, Tiongkok. Pada tahun 1998, penutur bahasa En ditemukan 12 km di sebelah timur kota Hà Quảng, tepatnya di desa Nội Thôn, Distrik Hà Quảng, Provinsi Cao Bằng.

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Bahasa En memiliki 6 nada, yaitu: / ˥˦, ˨˦˧, ˧˧˨, ˧, ˨˩˨, ˧˨ / (/54, 243, 332, 33, 212, 32/).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ En di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "En". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Li Jinfang [李锦芳]. 2006. Studies on endangered languages in the Southwest China [西南地区濒危语言调查研究]. Beijing: Minzu University. page 90.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Diller, Anthony, Jerold A. Edmondson, and Yongxian Luo ed. The Tai–Kadai Languages. Routledge Language Family Series. Psychology Press, 2008.