Sakurazaka46

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ayaka Takamoto)
Sakurazaka46
Informasi latar belakang
AsalJepang
GenreJ-Pop
Tahun aktif21 Agustus 2015 – 13 Oktober 2020 (sebagai Keyakizaka46)
14 Oktober 2020 – sekarang (sebagai Sakurazaka46)
LabelSony Records (Jepang)
Artis terkait
Situs webwww.keyakizaka46.com
www.sakurazaka46.com
Logo Keyakizaka46 (2015-2020)

Sakurazaka46 (櫻坂46, Sakurazaka Forty-six), sebelumnya bernama Keyakizaka46 (欅坂46, Keyakizaka Forty-six) adalah sebuah grup idola perempuan Jepang, yang diproduksi oleh Yasushi Akimoto. Grup tersebut dibentuk pada 22 Februari 2015. Pada 27 Juni 2015 Audisi Generasi Pertama pun di mulai dengan nama "Toriizaka46 (鳥居坂46). Pada 21 Agustus 2015 di ubah nama grup ini menjadi Keyakizaka46 dan di umumkan 22 Anggota Team Kanji Generasi 1.

Grup tersebut merupakan grup saudari pertama dari Nogizaka46 yang pernah dibuat.

Sejak 4 Oktober 2015, grup tersebut memiliki acara televisi hari Minggu milik mereka sendiri yang berjudul Keyakitte, Kakenai? (欅って、書けない?) di TV Tokyo.[1]

Pada 16 Desember 2015, grup tersebut memberikan penampilan pertamanya. Penampilan tersebut dilakukan di acara musik Fuji TV FNS Music Festival. Posisi tengah dalam koreografinya dipegang oleh anggota termuda Yurina Hirate (平手友梨奈), yang berusia 14 tahun pada waktu itu.[2]

Keyakizaka46 mengakhiri aktivitas mereka dengan konser spesial bertajuk THE LAST LIVE yang diadakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2020. Kemudian Keyakizaka46 lahir kembali dengan memulai perjalanan baru sebagai group idola bernama Sakurazaka46.

Sakurazaka46 secara resmi melakukan debut mereka di konser itu dengan menampilkan single debut berjudul Nobody’s fault.

Sejarah

2015: Pembentukan

Pada tanggal 22 Februari 2015, saat Live Ulang Tahun ke-3 Nogizaka46 di Seibu Dome, Nogizaka46 mengumumkan rencana untuk merekrut anggota generasi pertama untuk proyek baru mereka. Nama grup barunya adalah Toriizaka46 (鳥居坂46), diambil dari nama daerah Toriizaka di distrik Roppongi Minato, Tokyo, dan perekrutan dimulai pada 28 Juli. Tahap akhir audisi berlangsung pada 21 Agustus, hari yang sama Nogizaka46 dibentuk empat tahun sebelumnya, dan 22 dipilih dari 22.509 kandidat. Pada saat yang sama, nama grup tersebut tiba-tiba diubah menjadi Keyakizaka46; namun alasannya tidak jelas. Selanjutnya, dua anggota, Mizuho Suzuki dan Mayu Harada, meninggalkan grup sebelum penampilan pertama mereka, sehingga jumlah anggota menjadi 20.

Mirip dengan Nogizaka46, Keyakizaka46 mulai menayangkan acara televisi pada tanggal 4 Oktober bertajuk Keyakitte, Kakenai? (欅って、書けない?, Jadi, bisakah kamu menulis 'keyaki'?) di TV Tokyo. Pada tanggal 29 November, acara tersebut mengumumkan anggota baru, Neru Nagahama. Nagahama telah lulus audisi tetapi tidak ikut karena keberatan orang tuanya. Dia memulai debutnya sebagai anggota pertama dari subgrup yang baru dibentuk bernama Hiragana Keyakizaka46 (けやき坂46) dan audisi untuk anggota lainnya dimulai segera setelahnya.

Pada tanggal 16 Desember, grup ini memberikan penampilan live pertamanya di acara musik Fuji TV, FNS Music Festival. Posisi tengah dalam koreografi dipegang oleh anggota termuda Yurina Hirate, yang saat itu berusia 14 tahun.

2016–2017: Kesuksesan awal

Pada tanggal 6 April 2016, grup ini memulai debut single pertama mereka, Silent Majority. Semua anggota kecuali Nagahama dipilih untuk tampil di judul lagu. Itu terjual 261.580 eksemplar di minggu pertama dan menduduki peringkat pertama di chart mingguan Oricon. Single ini juga memecahkan rekor penjualan minggu debut artis wanita yang sebelumnya dipegang oleh HKT48 dengan single mereka Suki! Suki! Melewati!.

Antara bulan April dan Mei, delapan belas orang yang mengikuti audisi Hiragana Keyakizaka46 disiarkan langsung di Showroom sebagai bagian dari proses audisi. Sebelas diantaranya lolos dan menjadi anggota resmi, bergabung dengan Nagahama. Subunit yang diperluas ini memulai debutnya dengan "Hiragana Keyaki" sebagai bagian dari single kedua Keyakizaka46, Sekai ni wa Ai Shika Nai.

Drama unggulan pertama Keyakizaka46 Tokuyama Daigorō o Dare ga Koroshitaka? ditayangkan perdana di jaringan TX pada 16 Juli 2016. Sekai ni wa Ai Shika Nai digunakan sebagai lagu tema. Grup ini juga tampil di KeyaBingo!, variety show yang mirip dengan AKBingo! dan NogiBingo!

Tahun 2016 menandai pertama kalinya grup ini muncul di NHK Kōhaku Uta Gassen, sebuah acara yang diikuti grup tersebut setiap tahun sejak saat itu. Selain itu, Mizuho Habu menjadi anggota pertama yang melakukan debut runway, muncul di GirlsAward 2016 Spring/Summer. Tiga anggota lainnya, Hirate, Yui Kobayashi, dan Risa Watanabe, kemudian melakukan debut mereka di GirlsAward 2016 Autumn/Winter.

Pada bulan Januari 2017, Yūka Sugai dan Akane Moriya masing-masing ditunjuk sebagai kapten dan wakil kapten grup. Pada bulan Juli, Hiragana Keyakizaka46 menambah generasi kedua, dengan sembilan anggota baru. Subgrup ini ditampilkan di Re:Mind, serial TV thriller yang ditayangkan di Netflix. Pada bulan Agustus, Keyakizaka46 membuat penampilan pertama mereka di Festival Rock in Japan, dan terus muncul setiap tahun sejak itu.

2018–2020: Kepergian anggota dan rebranding

Pada tahun 2018, Yui Imaizumi menjadi anggota pertama yang meninggalkan grup, berniat mengejar bentuk hiburan lain. Setelah itu, lebih banyak anggota yang keluar dari grup, termasuk Nanami Yonetani dan Manaka Shida pada tahun 2018 dan Nagahama pada tahun 2019. Sementara itu, pada tanggal 29 November 2018, Nogizaka46 dan Keyakizaka46 mengadakan audisi bersama, yang lolos sebanyak tiga puluh sembilan orang. Dari anggota tersebut, sebelas anggota Nogizaka46, sembilan anggota Kanji Keyakizaka46, satu anggota Hiragana Keyakizaka46, dan lima belas sisanya menjadi kenshūsei (研修生, lit. peserta pelatihan) yang tidak ditugaskan ke grup mana pun. Tak lama kemudian, Hiragana Keyakizaka46 membentuk grup independen yang dikenal sebagai Hinatazaka46, dan merilis single debut mereka, "Kyun", pada 27 Maret 2019.

Selama ini, Keyakizaka46 masih mengadakan beberapa konser, termasuk konser terbesar mereka pada 18-19 September 2019 di Tokyo Dome, menarik sekitar 50.000 penggemar per hari. Pada tanggal 24 September, permainan ritme berjudul Uni's On Air dirilis yang menampilkan Keyakizaka46 dan Hinatazaka46.

Keyakizaka46 untuk pertama kalinya menerapkan sistem senbatsu (pemilihan anggota) untuk single ke-9 mereka selama Keyakitte, Kakenai? pada tanggal 8 September 2019. Secara historis, senbatsu mencakup setiap anggota, namun setelah penambahan generasi kedua, tidak semua anggota diizinkan untuk berpartisipasi dalam single ke-9. Awalnya direncanakan akan dirilis pada akhir tahun, perilisannya pertama kali ditunda karena masalah produksi, dan kemudian ditunda lebih lanjut dengan kepergian mendadak Hirate pada Januari 2020, yang direncanakan sebagai pusat single ke-9.

Pada 16 Februari 2020, empat belas anggota kenshūsei yang tersisa ditugaskan ke grup Seri Sakamichi masing-masing melalui Showroom, dengan enam anggota ini menjadi bagian dari generasi kedua Keyakizaka46.

Pada tanggal 16 Juli 2020, Keyakizaka46 melakukan live streaming konser bertajuk Keyakizaka46 Live Online, namun bersama ANDA! Konser tersebut merupakan yang pertama digelar sejak konser Tokyo Dome pada September 2019 dan yang pertama tanpa Hirate. Selama konser, grup ini meluncurkan single terakhir mereka "Dare ga Sono Kane o Narasu no ka?", yang dijadwalkan akan dirilis secara digital hanya pada tanggal 21 Agustus. Selain itu, kapten Sugai mengumumkan bahwa Keyakizaka46 mengakhiri perjalanan lima tahunnya dan para anggotanya. memulai kembali dengan nama baru, dengan konser terakhir direncanakan pada bulan Oktober. Pada tanggal 21 September, Sakurazaka46 diumumkan sebagai nama baru mereka, dengan perubahan terjadi setelah konser terakhir mereka pada tanggal 12 dan 13 Oktober. Nama Sakurazaka46 diambil dari nama jalan Sakurazaka di Roppongi Hills di Minato, Tokyo, yang terletak di sebelah jalan Keyakizaka. Sakura (pohon ceri) ditulis dalam bentuk kyūjitai 櫻, bukan 桜 yang lebih umum.

2020–sekarang: Memulai kembali sebagai Sakurazaka46 dan Generasi ke-3

Setelah konser perpisahan mereka pada 14 Oktober 2020, grup ini resmi berganti nama menjadi Sakurazaka46. Variety show mingguan mereka Keyakitte, Kakenai? diubah namanya menjadi Soko Magattara, Sakurazaka?. Single pertama mereka dengan nama baru, Nothing's Fault, dirilis pada 9 Desember. Hanya 14 anggota yang tampil di judul lagu. Selain itu, single ini menampilkan penciptaan "Sakura Eight", delapan anggota di dua baris pertama. Anggota yang ditampilkan di Sakura Eight muncul di setiap B-side. "Nobody's Fault" dibawakan di NHK Kōhaku Uta Gassen ke-71.

Pada tanggal 4 Januari 2021, Rina Matsuda menggantikan Moriya sebagai wakil kapten grup; Sugai tetap sebagai kapten. Pada tanggal 14 Maret, Matsudaira Riko menjadi anggota generasi kedua pertama yang meninggalkan grup. Pada tanggal 14 April, single ke-2 "Ban" dirilis. Pada bulan Juni, grup ini mengadakan konser tiga hari yang disebut Backs Live, di mana anggota non-Sakura Eight tampil tanpa Sakura Eight, mengambil posisi mereka. Pada bulan Juli, Sakurazaka46 mengadakan konser bersama pertama mereka dengan Hinatazaka46 (sejak penggantian nama Hinatazaka46), W-Keyaki Fes 2021 di Fuji Q Highland. Pada bulan Oktober, Moriya dan Rika Watanabe mengumumkan kepergian mereka dari grup, dan keluar pada 10 Desember setelah konser terakhir mereka. Pada tanggal 9 November, Sugai meninggalkan grup setelah konser Tokyo Dome pertama mereka sebagai Sakurazaka46 dan Matsuda menggantikannya sebagai kapten.

Pada tanggal 5 Juni 2022, Sakurazaka46 mengumumkan generasi ketiga, dan audisi diadakan dari Juli hingga Desember 2022. 11 anggota lulus audisi dan 9 di antaranya terungkap selama Januari 2023. Namun, karena komitmen akademis, dua anggota sisanya terungkap. pada tanggal 1 dan 2 Maret 2023. Rilisan musik pertama mereka adalah "Natsu no Chikamichi", yang termasuk dalam "Sakurazuki" edisi Tipe D.

Anggota

Nama Tanggal lahir (usia) Prefektur
asal
Catatan
Nijika Ishimori (石森虹花) 7 Mei 1997 (umur 26) Miyagi
Rina Uemura (上村莉菜) 4 Januari 1997 (umur 27) Chiba
Rika Ozeki (尾関梨香) 7 Oktober 1997 (umur 26) Kanagawa
Minami Koike (小池美波) 14 November 1998 (umur 25) Hyōgo
Yui Kobayashi (小林由依) 23 Oktober 1999 (umur 24) Saitama
Fuyuka Saitō (齋藤冬優花) 15 Februari 1998 (umur 26) Tokyo
Shiori Satō (佐藤詩織) 16 November 1996 (umur 27) Tokyo
Yūka Sugai (菅井友香) 29 November 1995 (umur 28) Tokyo
Mizuho Habu (土生瑞穂) 7 Juli 1997 (umur 26) Tokyo
Aoi Harada (原田葵) 7 Mei 2000 (umur 23) Tokyo
Akane Moriya (守屋茜) 12 November 1997 (umur 26) Miyagi
Rika Watanabe (渡辺梨加) 16 Mei 1995 (umur 28) Ibaraki Tertua
Risa Watanabe (渡邉理佐) 27 Juli 1998 (umur 25) Ibaraki

Hinatazaka46 (日向坂46) (undergroup)

Nama Tanggal lahir (usia) Prefektur
asal
Catatan
Iguchi Mao (井口眞緒) 10 November 1995 (umur 28) Niigata Bergabung pada Mei 2015
Ushio Sarina (潮紗理菜) 26 Desember 1997 (umur 26) Kanagawa Bergabung pada Mei 2015
Memi Kakizaki (柿崎芽実) 2 Desember 2001 (umur 22) Nagano Bergabung pada Mei 2015
Kageyama Yuka (影山優佳) 8 Mei 2001 (umur 22) Tokyo Bergabung pada Mei 2015
Kato Shiho (加藤史帆) 2 Februari 1998 (umur 26) Tokyo Bergabung pada Mei 2015
Saito Kyoko (齊藤京子) 5 September 1997 (umur 26) Tokyo Bergabung pada Mei 2015
Sasaki Kumi (佐々木久美) 22 Januari 1996 (umur 28) Chiba Bergabung pada Mei 2015
Sasaki Mirei (佐々木美玲) 17 Desember 1999 (umur 24) Hyogo Bergabung pada Mei 2015
Takase Mana (高瀬愛奈) 20 September 1998 (umur 25) Osaka Bergabung pada Mei 2015
Ayaka Takamoto (高本彩花) 2 November 1998 (umur 25) Kanagawa Bergabung pada Mei 2015
Neru Nagahama (長濱ねる) 4 September 1998 (umur 25) Nagasaki Bergabung pada 30 Nov. 2015
Higashi Mei (東村芽依) 23 Agustus 1998 (umur 25) Nara Bergabung pada Mei 2015
Kanemura Miku (金村美玖) 10 September 2002 (umur 16) Saitama Bergabung pada Agustus 2017
Kawata Hina (河田陽菜) 23 Juli 2001 (umur 17) Yamaguchi Bergabung pada Agustus 2017
Kosaka Nao (小坂菜緒) 7 September 2002 (umur 16) Osaka Bergabung pada Agustus 2017
Tomita Suzuka (富田鈴花) 18 Januari 2001 (umur 17) Prefektur Kanagawa Bergabung pada Agustus 2017
Nibu Akari (丹生明里) 15 Februari 2001 (umur 17) Saitama Bergabung pada Agustus 2017
Hamagishi Hiyori (濱岸ひより) 28 Februari 2002 (umur 16) Fukuoka, Fukuoka Bergabung pada Agustus 2017
Matsuda Konoka (松田好花) 27 April 1999 (umur 19) Kyoto Bergabung pada Agustus 2017
Miyata Manamo 28 April 1998 (umur 20) Tokyo Bergabung pada Agustus 2017
Watanabe Miho (渡邉美穂) 24 Februari 2000 (umur 18) Saitama Bergabung pada Agustus 2017

Mantan anggota

Nama Tanggal lahir (usia) Prefektur
asal
Catatan
Mizuho Suzuki (鈴木泉帆) 12 Januari 2001 (umur 23) Tokyo Keluar pada Sep. 2015,
sebelum grup tersebut secara resmi melakukan debut
Mayu Harada (原田まゆ) 2 Mei 1998 (umur 25) Tokyo Keluar pada 11 Nov. 2015
Yui Imaizumi 30 September 1998 Kanagawa Keluar pada November 2018
Shida Manaka 23 November 1998 Niigata Keluar pada 16 November 2018
Yonetani Nanami 24 Februari 2000 Osaka Keluar pada Desember 2018
Oda Nana 4 Juni 1998 Shizuoka Keluar pada 23 Januari 2020
Hirate Yurina 25 Juni 2001 Aichi Keluar pada 23 Januari 2020
Suzumoto Miyu 5 Desember 1997 Aichi Keluar pada 23 Januari 2020
Nagasawa Nanako 23 April 1997 Yamagata Keluar pada 31 Maret 2020

Diskografi

Singel

Judul Tahun Posisi tanggal lagu Penjualan Penghargaan Album
JPN

[3]

JPN

Hot [4]

Keyakizaka46
"Silent Majority" (サイレントマジョリティー) 2016 1 1
  • JPN: 376,871 (phy.)[5]
  • RIAJ:
    • 2× Platinum (phy.)[6]
    • 2× Platinum (dig.)[7]
    • Gold (st.)[8]
Masshiro na Mono wa Yogoshitaku naru
"Sekai ni wa Ai Shika Nai" (世界には愛しかない) 1 1
  • JPN: 392,719 (phy.)[5]
  • RIAJ:
"Futari Saison" (二人セゾン) 1 1
  • JPN: 376,871 (phy.)[5]
  • RIAJ:
"Fukyōwaon" (不協和音) 2017 1 1
  • JPN: 768,141 (phy.)[14]
  • JPN: 22,753 (dig.)[15]
  • RIAJ:
"Kaze ni Fukarete mo" (風に吹かれても) 1 1
  • JPN: 723,517 (phy.)[14]
  • JPN: 14,401 (dig.)[19]
  • RIAJ:
Eien Yori Nagai Isshun: Ano Koro, Tashika ni Sonzaishita Watashitachi
"Glass wo Ware!" (ガラスを割れ!) 2018 1 1
  • JPN: 1,021,450 (phy.)[23]
  • JPN: 133,375 (dig.)[24]
"Ambivalent" (アンビバレント) 1 1
  • JPN: 970,268 (phy.)[23]
  • JPN: 33,685 (dig.)[28]
"Kuroi Hitsuji" (黒い羊) 2019 1 1
  • JPN: 920,842 (phy.)[32]
  • JPN: 34,609 (dig.)[33]
  • RIAJ:
"Dare ga Sono Kane o Narasu no ka?" (誰がその鐘を鳴らすのか?) 2020 [A] 14
  • JPN: 41,246 (dig.)[37]
Sakurazaka46
"Nobody's Fault" 2020 1 1
  • JPN: 491,665 (phy.)[38]
  • JPN: 6,109 (dig.)[39]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[40]
As You Know?
"Ban" 2021 1 1
  • JPN: 429,916 (phy.)[41]
  • JPN: 5,583 (dig.)[42]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[43]
"Nagaredama" (流れ弾) 1 1
  • JPN: 428,854 (phy.)[44]
  • JPN: 4,569 (dig.)[45]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[46]
"Samidare yo" (五月雨よ) 2022 1 1
  • JPN: 438,023 (phy.)[47]
  • JPN: 2,586 (dig.)[48]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[49]
"Sakurazuki" (桜月) 2023 1 2
  • JPN: 386,312 (phy.)[50]
  • JPN: 4,104 (dig.)[51]
  • RIAJ: Platinum (phy.)[52]
rowspan="3" Templat:Non-album singles
"Start Over!" 1 2
  • JPN: 439,419 (phy.)[53]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[54]
"Shōnin Yokkyū" (承認欲求) 1 1
  • JPN: 449,754 (phy.)[55]
  • RIAJ: 2× Platinum (phy.)[56]

Album

  1. Masshirona Mono wa Yogoshitaku Naru (19 July 2017) *Team Kanji Album
  2. Hashiridasu Shunkan (20 Juni 2018) *Team Hiragana Keyaki Album

Filmografi

Acara televisi

Acara radio

Referensi

  1. ^ a b "欅坂46冠番組「欅って、書けない?」放送決定". nikkansports.com (dalam bahasa Jepang). Nikkan Sports. 2015-09-25. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  2. ^ "欅坂46、FNS歌謡祭で初パフォーマンス披露". nikkansports.com (dalam bahasa Jepang). Nikkan Sports. 2015-12-16. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  3. ^ Oricon Singles Chart:
  4. ^ "Hot 100". Billboard Japan (dalam bahasa Jepang).  (for singles)
  5. ^ a b c "【2016年 年間音楽&映像ランキング】嵐が前人未到の記録達成!AKB48がシングル年間V7!!". ORICON NEWS. Diakses tanggal October 1, 2020. 
  6. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Silent Majority" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年6月 on the drop-down menu
  7. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Silent Majority" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2019年1月 on the drop-down menu
  8. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Silent Majority" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2020年4月 on the drop-down menu
  9. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Sekai ni wa Ai Shika Nai" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2016年8月 on the drop-down menu
  10. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Sekai ni wa Ai Shika Nai" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2019年4月 on the drop-down menu
  11. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Futari Saison" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2016年11月 on the drop-down menu
  12. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Futari Saison" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年3月 on the drop-down menu
  13. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Futari Saison" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2020年11月 on the drop-down menu
  14. ^ a b "ORICON MUSIC TOP【第50回 オリコン年間ランキング 2017】嵐が総合売上5年連続首位、AKB48がシングル年間V8達成!". ORICON NEWS. June 23, 2017. Diakses tanggal October 1, 2020. 
  15. ^ Cumulative digital sales for "Fukyōwaon" in 2018:
  16. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Fukyōwaon" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年4月 on the drop-down menu
  17. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Fukyōwaon" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年9月 on the drop-down menu
  18. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Fukyōwaon" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal May 27, 2022.  Select 2022年4月 on the drop-down menu
  19. ^ Cumulative digital sales for "Fukyōwaon" in 2018:
  20. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Kaze ni Fukarete mo" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年10月 on the drop-down menu
  21. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Kaze ni Fukarete mo" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2017年12月 on the drop-down menu
  22. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Kaze ni Fukarete mo" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2021年9月 on the drop-down menu
  23. ^ a b "【第51回オリコン年間ランキング 2018】安室奈美恵さんが総合首位、AKB48がシングル9年連続1位・2位独占". ORICON NEWS. November 30, 2018. Diakses tanggal October 1, 2020. 
  24. ^ "【オリコン年間デジタルランキング 2018】米津玄師がシングル首位、『グレイテスト・ショーマン』がアルバム首位". ORICON NEWS. Diakses tanggal July 13, 2021. 
  25. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Glass wo Ware!" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2018年3月 on the drop-down menu
  26. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Glass wo Ware!" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2018年4月 on the drop-down menu
  27. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Glass wo Ware!" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2020年11月 on the drop-down menu
  28. ^ Cumulative digital sales for "Ambivalent":
  29. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Ambivalent" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2018年3月 on the drop-down menu
  30. ^ "Japanese single digital certification – Keyakizaka46 – Ambivalent" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2018年4月 on the drop-down menu
  31. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Ambivalent" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2020年11月 on the drop-down menu
  32. ^ 【オリコン年間ランキング 2019】嵐が18年ぶり200億円超えで総合首位、米津玄師、あいみょん、髭男がデジタルシーンを席巻. ORICON NEWS. December 20, 2018. Diakses tanggal October 1, 2020. 
  33. ^ Cumulative digital sales for "Kuroi Hitsuji":
  34. ^ "Japanese single certification – Keyakizaka46 – Kuroi Hitsuji" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2019年4月 on the drop-down menu
  35. ^ "Japanese single streaming certification – Keyakizaka46 – Kuroi Hitsuji" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2021年6月 on the drop-down menu
  36. ^ "週間 デジタルシングル (単曲) ランキング 2020年08月31日付" (dalam bahasa Jepang). Oricon. August 31, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2020. Diakses tanggal February 26, 2021. 
  37. ^ Cumulative digital sales for "Dare ga Sono Kane o Narasu no ka?":
  38. ^ Cumulative physical sales for "Nobody's Fault":
  39. ^ "週間 デジタルシングル (単曲) ランキング 2020年12月21日付" (dalam bahasa Jepang). Oricon. December 21, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2020. Diakses tanggal February 26, 2021. 
  40. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Nobody's Fault" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2020年12月 on the drop-down menu
  41. ^ * "【オリコン年間ランキング2021】Snow Man、唯一のミリオン達成で「シングル」年間1位 / シングルランキング 1位~25位" (dalam bahasa Jepang). Oricon. December 22, 2021. Diakses tanggal December 22, 2021. 
  42. ^ "週間 デジタルシングル (単曲) ランキング 2021年04月26日付" (dalam bahasa Jepang). Oricon. April 26, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2021. Diakses tanggal April 21, 2021. 
  43. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Ban" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2021年4月 on the drop-down menu
  44. ^ Cumulative physical sales for "Nagaredama":
  45. ^ "週間 デジタルシングル (単曲) ランキング 2021年10月25日付" (dalam bahasa Jepang). Oricon. October 25, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 20, 2021. Diakses tanggal October 20, 2021. 
  46. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Nagaredama" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal December 30, 2021.  Select 2021年11月 on the drop-down menu
  47. ^ "【オリコン年間ランキング2022】King & Prince、今年度唯一のミリオン達成で自身初の「シングル」首位 Snow Man初の「アルバム」1位 / シングルランキング 1位~25位" (dalam bahasa Jepang). Oricon. December 22, 2022. Diakses tanggal December 22, 2022. 
  48. ^ "週間 デジタルシングル (単曲) ランキング 2022年04月11日付" (dalam bahasa Jepang). Oricon. April 11, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2022. Diakses tanggal April 6, 2022. 
  49. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Samidare yo" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal May 13, 2022.  Select 2022年4月 on the drop-down menu
  50. ^ "【オリコン上半期ランキング2023】King & Prince、「作品別」で7冠達成 男性アーティスト35年ぶりの「シングル」&「アルバム」同時1位 3ページ目 | シングルランキング 1位~25位". Oricon (dalam bahasa Jepang). June 29, 2023. Diakses tanggal June 29, 2023. 
  51. ^ Cumulative digital sales for "Sakurazuki":
  52. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Sakurazuki" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal March 15, 2023.  Select 2023年2月 on the drop-down menu
  53. ^ オリコン週間 シングルランキング 2023年06月26日~2023年07月02日 [Oricon Weekly Album Ranking June 26, 2023 – July 2, 2023] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 5, 2023. Diakses tanggal July 5, 2023. 
  54. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Start Over!" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal November 10, 2023.  Select 2023年6月 on the drop-down menu
  55. ^ オリコン週間 シングルランキング 2023年10月16日~2023年10月22日 [Oricon Weekly Album Ranking October 16, 2023 – October 22, 2023] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 25, 2023. Diakses tanggal October 25, 2023. 
  56. ^ "Japanese single certification – Sakurazaka46 – Shōnin Yokkyū" (dalam bahasa Jepang). Recording Industry Association of Japan. Diakses tanggal November 10, 2023.  Select 2023年10月 on the drop-down menu
  57. ^ a b "特番『欅坂46のオールナイトニッポン』 3か月限定『欅坂46のオールナイトニッポンR』放送決定!" (dalam bahasa Jepang). Nippon Broadcasting System, Inc. 2015-12-30. Diakses tanggal 2016-01-15. 

Pranala luar


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "upper-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="upper-alpha"/> yang berkaitan