Teater AKB48

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Teater AKB48
Don Quijote Akihabara Shop.JPG
Teater AKB48 di Lantai 8 Gedung Don Quijote Akihabara
Lokasi
Lokasi Chiyoda, Tokyo, Jepang
Konstruksi
Dibuka 8 Desember 2005 (Team A 1st Stage "Party ga Hajimaru yo")
Data teknik
Kapasitas 250
Situs web Teater AKB48

Teater AKB48 (AKB48劇場 AKB48 Theater?) adalah teater tempat berpentasnya AKB48 yang terletak di lantai 8, gedung toko diskon Don Quijote, Akihabara, Chiyoda, Tokyo, Jepang. Hingga Maret 2012, teater ini juga dipakai berpentas oleh SDN48.sudah lebih dari 1.5 juta orang yang mengunjungi theater akb48 sejak dibuka tahun 2005

Lokasi[sunting | sunting sumber]

"Idola lahir dari tempat yang paling berenergi pada zamannya," demikian pemikiran Yasushi Akimoto. Oleh karena itu, Akihabara yang identik dengan otaku dan anak muda tipe moe dipilih sebagai lokasi Teater AKB48 dari beberapa pilihan lokasi yang ada. Penggemar memang banyak bila ada acara bersalaman atau berfoto bersama idola di Akihabara. Lokasi ini juga diperkirakan ideal untuk mengumpulkan penggemar setia dari idola yang masih baru. Semuanya dijadikan alasan Akihabara dipilih sebagai pusat kegiatan AKB48.

Tempat yang memiliki langit-langit tinggi untuk pemasangan lampu panggung ternyata sulit ditemukan. Pilihan terakhir adalah sebuah tempat yang luasnya 670 m² di lantai 8 gedung toko Don Quijote. Luas tempat itu cukup dan ternyata ideal untuk disewa sebagai teater karena memiliki langit-langit yang tinggi. Bagi Don Quijote, lantai 8 terbukti sulit dipakai untuk berdagang dan sulit mencari tenant yang mau mengisinya. Mereka akhirnya memberikan harga sewa yang murah kepada Akimoto dengan harapan bisa memperoleh uang sewa yang teratur. Kesepakatan sewa tercapai setelah Akimoto bertemu direktur Don Quijote waktu itu, Yasuda Takao.

Interior[sunting | sunting sumber]

Kapasitas teater 250 orang, dengan 170 tempat duduk dan 80 penonton berdiri. Satu kursi panjang untuk diduduki 6 orang. Barisan belakang disediakan untuk penonton yang berdiri.

Kursi barisan terdepan begitu dekat dengan panggung. Jarak kursi barisan terdepan dengan panggung hanya sekitar 2 meter.

Gedung teater ini unik karena di sisi kanan dan kiri panggung terdapat dua tiang beton konstruksi antigempa yang tidak bisa dipindah atau dibongkar.[1] Kedua tiang tersebut menghalangi pandangan penonton ke arah panggung. Pandangan penonton terbagi menjadi tiga bagian, seperempat ke panggung sebelah kiri, dua perempat ke bagian tengah panggung, dan seperempat bagian lagi ke panggung sebelah kanan. Akibatnya, seluruh penonton tidak memiliki pandangan yang bebas ke arah panggung, kecuali penonton yang duduk di kursi barisan terdepan. Di sisi dalam kedua belah tiang dipasangi cermin dengan maksud memudahkan penonton yang pandangannya terhalang tiang untuk melihat idola yang berada di sisi paling kanan atau sisi paling kiri panggung.

Keberadaan kedua tiang ini begitu populer di kalangan penggemar AKB48. Klub penggemar AKB48 diberi nama Hashira no Kai (Perkumpulan Tiang) sebelum kemudian diperbarui sebagai Nihonbashira no Kai (Perkumpulan Dua Tiang) sejak Desember 2011.[2] Kedua tiang ini begitu berarti bagi penggemar AKB48 hingga pada hampir bagian tengah kedua belah tiang ditempeli garis melintang berwarna merah jambu. Satu garis melambangkan satu tahun. Penggemar menamakannya service stripe (setrip masa dinas). Pada 8 Desember 2011, jumlah garis bertambah menjadi enam buah untuk memperingati enam tahun AKB48.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 「ロングインタビュー秋元康」, Quick Japan, Ohta Publishing, No. 87, 2009. p. 74。ISBN 978-4-7783-1200-8
  2. ^ AKB48オフィシャルファンクラブ「2本柱の会」 Situs resmi AKB48
  3. ^ 劇場(o⌒∇⌒o) - 宮澤佐江オフィシャルブログ「おやすみなさえ」(2011年12月8日)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]