Documentary of AKB48 No Flower Without Rain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Documentary of AKB48 No Flower Without Rain:
Shoujotachi wa Namida no Ato ni Nani o Miru?
SutradaraEiki Takahashi
ProduserYasushi Kubota, Junichi Niizaka, Shinsuke Akimoto, Kenji Kitagawa, Ritsu Yoshida
PemeranAKB48, SKE48, NMB48, HKT48, JKT48, SNH48, Atsuko Maeda
NaratorAyumi Ito
MusikHiroto Otsubo
Lagu tema: "After Rain" / AKB48
PenyuntingMasaki Murakami
Perusahaan
produksi
AKS, Toho, Akimoto Yasushi Jimusho, North River, NHK Enterprises
DistributorToho
Tanggal rilis
1 Februari 2013
Durasi
127 menit
Negara Jepang
BahasaJepang

DOCUMENTARY of AKB48 No Flower Without Rain (DOCUMENTARY of AKB48 No flower without rain 少女たちは涙の後に何を見る?, Documentary of AKB48 No Flower Without Rain: Shoujotachi wa Namida no Ato ni Nani o Miru?, Dokumenter AKB48 Tiada Bunga Tanpa Hujan, Anak-Anak Gadis Setelah Menangis Apa Yang Mereka Lihat?) adalah film dokumenter produksi Jepang tentang grup idola AKB48 yang dirilis 1 Februari 2013. Film ini adalah film dokumenter ketiga tentang AKB48, kelanjutan dari film kedua Documentary of AKB48 Show Must Go On.

Seperti halnya film pertama dan film kedua, film ini berisi kilas balik perjalanan karier AKB48 selama satu tahun, kali ini sepanjang tahun 2012, ditambah wawancara dengan anggota terpilih. Film ini disutradarai oleh Eiki Takahashi yang sering menangani video musik AKB48, mulai dari awal debut mereka, "Keibetsu Shiteita Aijou" (2007).[1] Narasi dibacakan oleh Ayumi Ito. Lagu "After Rain" diciptakan khusus untuk dijadikan lagu tema film ini.

Poster film ini bergambarkan Manajer Umum AKB48 Minami Takahashi sedang menangis. Pada sudut kiri poster ditulis slogan film ini: "Tidak tahulah, apakah usaha keras pasti membuahkan hasil, tetapi kalau tidak berusaha keras, tidak akan maju-maju." (努力が報われるかどうかは、わからない。でも、努力しなければ何も始まらない。, Doryoku ga mukuwareruka dōka wa, wakaranai. Demo, doryoku shinakereba nani mo hajimaranai). Slogan tersebut berasal dari slogan yang selalu diucapkan Minami Takahashi, "Usaha keras pasti membuahkan hasil" (努力は必ず報われる, Doryoku wa kanarazu mukuwareru).

Film diputar serentak di 119 layar bioskop di Jepang.[2] Selama tiga hari pertama pemutarannya, film ini ditonton oleh total 68.213 penonton dengan pemasukan sebesar ¥87.803.600. Pada peringkat mingguan film terlaris di Jepang, Weekend Box Office Kogyo Tsushinsha 2/3 Februari 2013, film ini langsung masuk di urutan ke-10.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini bertemakan persaingan Mayu Watanabe (Tim A), Jurina Matsui (Tim K/Tim S SKE48) dan Haruka Shimazaki (Tim B) dalam memperebutkan posisi sentral AKB48 pasca-Atsuko Maeda, serta Aturan Anti Cinta yang merupakan peraturan tidak tertulis grup AKB48. Isinya seputar kelulusan Atsuko Maeda yang dijuluki "bintang nomor satu yang tidak tergoyahkan di AKB" (AKB不動のエース, AKB Fudō no Ace) dan impian AKB48 melakukan konser di Tokyo Dome yang telah menjadi kenyataan.

Film ini juga berisi wawancara dengan Natsumi Hirajima yang mengundurkan diri dari AKB48 setelah melanggar Aturan Anti Cinta. Hirajima adalah mantan anggota Tim B dari generasi pertama yang seangkatan dengan Atsuko Maeda. Tidak hanya karena skandal cinta, grup AKB48 juga kehilangan banyak anggotanya karena sebab-sebab lain. Eriko Jo dari Tim M NMB48 yang sempat diharap-harapkan bakal menempati posisi sentral AKB48 generasi berikutnya, ternyata lebih memilih untuk lulus dengan alasan ingin mengutamakan sekolah.

Akhir film berisi kejutan dari Tomomi Itano yang dalam wawancara mengumumkan niatnya lulus dari AKB48 pada tahun 2013. Pengumuman lulusnya Itano tidak disertakan pada versi film yang diputar pada pertunjukan premier untuk media massa, dengan alasan film masih dalam proses penyuntingan.[4]

Staf produksi[sunting | sunting sumber]

  • Sutradara: Eiki Takahashi
  • Perencanaan: Yasushi Akimoto
  • Produksi: Yasushi Kubota (AKS), Junichi Niizaka (Toho), Shinsuke Akimoto (Akimoto Yasushi Jimusho), Kenji Kitagawa (North River), Ritsu Yoshida (NHK Enterprises)
  • Produser: Yoshihiro Furusawa, Kumiko Isono (Akimoto Yasushi Jimusho), Takumi Matsumura (AKS), Akihiro Makino (AKS), Mikito Sekiyama
  • Produser penyelia: Shin Ishihara (NHK)
  • Produser pelaksana: Manabu Shinoda (Akimoto Yasushi Jimusho), Junji Hashimoto
  • Musik: Hiroto Otsubo
  • Lagu tema: "After Rain" / AKB48
  • Juru kamera: Taro Murakami
  • Penata suara: Yoshifumi Kureishi
  • Penyunting: Masaki Murakami
  • Distributor: Toho

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "【インタビュー】 高橋栄樹監督「AKB48を尊敬していただく」 - ドキュメンタリー映画第2弾". My Navi. 2012-1-22. Diakses tanggal 2012-08-28.  line feed character di |title= pada posisi 9 (bantuan);
  2. ^ "「AKB48」板野友美が突然の卒業!ドキュメンタリー映画の中で異例発表". Eiga.com. 2013-2-1. Diakses tanggal 2013-02-13. 
  3. ^ "R指定テディベア映画まさかの返り咲き!『テッド』が再びトップ!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 2013-2-5. Diakses tanggal 2013-02-13. 
  4. ^ "板野友美が、映画本編でAKB48卒業を発表!舞台挨拶でファンへ心境を語る". Cinema Tribune. 2013-2-2. Diakses tanggal 2013-02-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]