Ayaka Kikuchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ayaka Kikuchi
Nama lahir Ayaka Kikuchi
Nama lain Ayarin (あやりん)
Kikuji (きくぢ)
Lahir 30 Juni 1993 (umur 25)
Asal Katsushika, Tokyo.
Genre Pop
Pekerjaan Penyanyi, pemeran
Tahun aktif 2007, 2008-sekarang
Artis terkait AKB48, Watarirouka Hashiritai 7

Ayaka Kikuchi (菊地 あやか, Kikuchi Ayaka, lahir di Katsushika, Tokyo, 30 Juni 1993; umur 25 tahun) adalah mantan anggota grup idola Jepang AKB48 Tim A. Ia berada di bawah manajemen artis Production Ogi. Nama "Ayaka" pernah ditulis dengan kanji (彩香) sebelum diganti menjadi hiragana.

Karier[sunting | sunting sumber]

Anggota Tim B[sunting | sunting sumber]

Ia lulus Audisi Penambahan Anggota AKB48 Angkatan Ketiga, 3 Desember 2006, dan mulai naik panggung di Teater AKB48 sebagai anggota Tim B. Ia pertama kali berhasil menjadi anggota senbatsu untuk singel ke-9 Romansu, Irane. Di situs resmi, nama julukan untuknya "Ayarin" atau "Kikuji". Namun dari atas panggung ia sering berkata dirinya lebih senang dipanggil "Ayarin".

Pernah dipecat[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Juli 2008, foto purikura dirinya berdua dengan teman laki-laki sebaya bocor di Internet.[1] Pada bulan berikutnya ia diistirahatkan dari semua pentas, secara de facto tidak dipakai lagi dalam AKB48. Dalam pengumuman bertanggal 14 Agustus, pihak manajemen memecatnya dengan alasan "Mulai tanggal 14 Agustus [yang bersangkutan] dipecat karena diketahui telah melakukan perbuatan ceroboh akibat kurangnya kesadaran sebagai anggota AKB48."[2] Sebelumnya dia juga sudah dipecat oleh agen artis Production Ogi tempatnya bernaung. Setelah lebih dulu beredar gosip tentang dirinya, berita pemecatannya akhirnya dimuat harian Kyushu Sport (13 Agustus) dan Tokyo Sport (14 Agustus). Semua konten yang berhubungan dengan dirinya, seperti foto kertas dinding ponsel dan rekaman suara nada dering dihapus dari situs mobil resmi AKB48.

Kembali sebagai anggota siswa pelatihan[sunting | sunting sumber]

Kikuchi kembali melamar menjadi anggota AKB48, dan lulus Audisi siswa pelatihan Keempat AKB48 Angkatan 7, pada November 2008. Pada 20 Desember tahun yang sama, ia kembali ke atas panggung sebagai anggota siswa pelatihan. Pada 8 Januari 2009, kembalinya Kikuchi diumumkan secara resmi dalam blog resmi AKB48.[3] Setelah diterima kembali, nama "Ayaka" yang sebelumnya ditulis dengan aksara kanji, diganti menjadi hiragana.

Pada Juli 2009, Kikuchi ikut serta dalam konser AKB48 di Japan Expo, Villepinte, pinggiran kota Paris, Perancis sebagai satu-satunya anggota siswa pelatihan.[4]

Kembali sebagai anggota resmi[sunting | sunting sumber]

Dalam konser Yomiuri Shimbun Soukan 135 Shuunen Kinen Concert AKB104 Senbatsu Member Sokaku Matsuri 23 Agustus 2009, Kikuchi dipromosikan sebagai anggota Tim K efektif Oktober 2009. Ia secara resmi kembali menjadi anggota Tim K pada 12 Maret 2010. Sebagai peserta audisi Angkatan ke-7, ia adalah siswa pelatihan pertama yang dipromosikan bersama-sama Matsui Sakiko. Sebagai anggota senbatsu, ia ikut menyanyi sebagai anggota tim Under Girls pada lagu "Kimi no Koto ga Suki Dakara" dalam singel ke-14, River. Ia juga terplih sebagai anggota unit spesial Tim YJ yang dibentuk Weekly Young Jump. Ia dimasukkan sebagai anggota unit idola Watarirouka Hashiritai sejak 17 Maret 2010. Production Ogi secara resmi menerimanya kembali pada 1 Maret 2010.[5]

Aktivitas sebagai anggota Tim K[sunting | sunting sumber]

Ia hadir sebagai bintang tamu pada acara peluncuran Bus Wrap Advertising Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas, Kampanye Keselamatan Lalu Lintas Tokyo, 27 November 2010.[6] Masih pada tahun yang sama, ia diberi kesempatan membintangi film Batsu Game.

Dalam acara jabat tangan nasional AKB48 Matsuri Powered by "Nemousu Terebi" di Kyocera Dome, Osaka, 16 April 2011, Kikuchi diumumkan sebagai anggota senbatsu untuk menyanyikan lagu unggulan Everyday, Katyusha untuk singel ke-21 berjudul sama. Terakhir kalinya Kikuchi menjadi anggota senbatsu adalah tiga tahun sebelumnya untuk singel ke-9 Baby! Baby! Baby! yang diedarkan secara terbatas.

Grafika komputer Ice no Mi[sunting | sunting sumber]

Weekly Playboy edisi 13 Juni 2011 memuat foto "anggota baru" AKB48 yang diumumkan bernama Aimi Eguchi. Ia diiklankan sebagai siswa pelatihan siswa AKB48 angkatan 12,5. Mengenainya, Yasushi Akimoto sendiri memberi pengakuan "Dia betul-betul 'Luar Biasa'". Bagi penggemar, peristiwa ini betul-betul tidak terduga. Anggota baru dijadikan bintang dalam iklan permen es Ice no Mi dari Ezaki Glico setelah sebelumnya menyisihkan anggota lainnya. Dua hari kemudian, lepas tengah hari 15 Juni 2011, Kikuchi menulis dalam blognya, memperkenalkan dirinya kepada Aimi Eguchi, "Hajimemashite Eguchi Aimi-san! tsui ni uwasa no hito ga kansei shitanndane..." ("... Akhirnya selesai juga orang yang digosipkan itu ya..."). "Aku juga ikut pemotretan, jadinya kapankah bagian wajah aku dipakai (lol)." Pesan tersebut dijadikan sumber desas-desus Aimi Eguchi sebagai bukan manusia, melainkan gambar hasil grafika komputer penggabungan bagian-bagian wajah anggota lainnya.[7] Pada hari berikutnya, Kikuchi menulis dalam blognya meminta maaf.[8] Bertepatan dengan peluncuran iklan Ice no Mi, Glico pada 20 Juni 2011 mengumumkan data resmi Aimi Eguchi. Seperti telah diduga sebagian besar orang sebelumnya, Aimi Eguchi adalah gambar komputer yang dibuat dari penggabungan bagian wajah enam anggota AKB48.[9] Situs web Glico lalu menyediakan program Oshimen Maker (berakhir 30 September 2011). Pengunjung dapat menciptakan idola sendiri dari penggabungan bagian-bagian wajah dari 47 anggota AKB48, termasuk milik Ayaka Kikuchi.

Penampilan bersama AKB48[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Lagu unit pertunjukan teater[sunting | sunting sumber]

Team B 1st Stage "Seishun Girls"
  1. Ame no Doubutsuen (雨の動物園)
Team B 2nd Stage "Aitakatta"
  1. Nageki no Figure (嘆きのフィギュア)
  2. Glass no I Love You (ガラスのI LOVE YOU)
  3. Senaka kara Dakishimete (背中から抱きしめて)
  4. Rio no Kakumei (リオの革命)
Team B 3rd Stage "Pajama Drive" (ditarik di tengah musim pertunjukan)
  1. Kagami no Naka no Jeanne d'Arc (鏡の中のジャンヌ・ダルク)
Team K 4th Stage "Saishuu Bell ga Naru"
  1. Gomen ne Jewel (ごめんねジュエル) (penari latar)
Team A 5th Stage "Renai Kinshi Jourei"
  1. Squall no Naka ni (スコールの間に) (penari latar)
  2. Manatsu no Christmas Rose (真夏のクリスマスローズ) (penari latar)
  3. Tsundere! (ツンデレ!)
Team B 4th Stage "Idol no Yoake"
  1. Kata Omoi no Taikakusen (片思いの対角線) (penari latar)
  2. Zannen Shoujou (残念少女)
Team Kenkyuusei "Idol no Yoake"
  1. Zannen Shoujou (残念少女)
Team K 5th Stage "Sakaagari"
  1. Dakishimeraretara (抱きしめられたら)
Theatre G-Rosso "Yume o Shinaseru Wake ni Ikanai"
  1. Confession
※Cadangan untuk Tomomi Itano dan Rino Sashihara
Team K 6th Stage "Reset"
  1. 明日のためにキスを (Ashita no Tame ni Kiss o)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Serial drama[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://www23.atpages.jp/akb49/?%E8%8F%8A%E5%9C%B0%E3%81%82%E3%82%84%E3%81%8B 菊地あやか
  2. ^ 菊地彩香の件について(AKB48公式ブログ)
  3. ^ 研究生菊地について(AKB48公式ブログ)
  4. ^ Sebetulnya dia bukanlah satu-satunya anggota siswa pelatihan yang ikut ke Paris. Pada waktu itu, Haruka Ishida, Mika Komori, dan Sumire Sato yang masih anggota siswa pelatihan juga ikut ke Paris. Namun berdasarkan undang-undang Perancis, anggota berusia 16 tahun ke bawah dilarang ditampilkan dalam konser. Selain ketiga siswa pelatihan tadi, masih ada tiga anggota lain yang masih di bawah umur, Aika Ota, Tsukina Takai (SKE48), dan Kumi Yagami. Total 6 anggota tidak dapat naik panggung. Oleh karena itu, sebelum pertunjukan di Paris, Kikuchi dipilih untuk tampil.
  5. ^ http://ameblo.jp/akihabara48/entry-10470450824.html 菊地からファンの皆様へ
  6. ^ 交通事故防止イベントにAKB菊地あやかさん出席-交通安全訴える
  7. ^ AKB大物新人江口愛実 実は合成CGだった?, J-Cast News 14 Juni 2011
  8. ^ 「ネタばらし」菊地を秋元康励ます AKB江口愛実「CG」疑惑で, J-Cast News 16 Juni 2011
  9. ^ AKB48“江口愛実”の正体が判明! 顔はメンバー6人のCG合成、声の担当は研究生だった 20 Juni 2011, Oricon Style

Pranala luar[sunting | sunting sumber]